top of page
  • Gambar penulisEditor

Veda Ega Pratama Puncaki Klasemen Sementara IATC Jelang Putaran Ketiga di Mandalika

IATC putaran ketiga akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit, Indonesia pada 13-15 Oktober 2023.

OTOPLUS-ONLINE I Veda Ega Pratama, pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) saat ini berada di posisi puncak klasemen sementara Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2023.


Pada putaran IATC yang digelar di sirkuit Twin Ring Motegi, pada 30 September 2023- 01 Oktober 2023 kemarin bersamaan dengan putaran MotoGP Jepang, Vega berhasil menjadi double winner setelah memenangkan race 1 dan race 2 sekaligus.


Atas hasil ini, secara keseluruhan Vega mengumpulkan total 95 poin yang membuatnya mantap menjadi pemimpin klasemen sementara IATC di putaran kedua ini.

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih podium tertinggi di kedua race ATC akhir pekan ini," kata Vega.

Ia menambahkan, sejak awal race ia berusaha tenang dan menunggu momentum untuk maju ke depan hingga akhirnya bisa menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finish.


"Terima kasih kepada Astra Honda Motor, keluarga, dan semua orang yang mendukung saya. Double winner ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” mantap Veda.

Harus dicatat, prestasi bersejarah yang diukir Vega ini menjadikannya sebagai pembalap non-Jepang pertama yang meraih juara di sirkuit Motegi sejak tahun 2017 pada kejuaraan IATC ini!


Tak mudah bagi Vega untuk memenangkan race ini. Pada race pertama yang digelar hari Sabtu (30/09), Veda memulai jalannya balapan dari posisi ke 6.

Namun selepas start, ia langsung merangsek maju ke kelompok pembalap terdepan. Termasuk bersaing ketat bersama pembalap tuan rumah. Veda mencoba untuk tetap bertahan pada beberapa lap dan berhasil melakukan overtake dan menjaga jarak.


Alhasil ia bisa lepas dari pertarungan yang rapat, hingga berhasil finish dan meraih posisi podium tertinggi.


Sedangkan pada race kedua yang dihelat Minggu (01/10), Vega, pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berusia 14 tahun tersebut kembali mengibarkan bendera Merah Putih melalui raihan podium pertama.


Lulusan Astra Honda Racing School ini mampu menunjukkan dominasinya sepanjang balapan.

Bahkan mendekati garis finish, Veda yang memacu NSF250R berhasil membuat jarak yang cukup jauh dengan rivalnya, pembalap tuan rumah Jepang pada balap yang masing-masing digelar selama 13 lap tersebut.


IATC merupakan ajang balap bergengsi yang diprakarsai Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP untuk mencari pembalap muda berbakat dari Asia.


Pada setiap gelaran IATC melombakan 2 kali balapan, dan setiap akumulasi poin yang dikumpulkan pembalap akan menentukan posisi klasemen hingga akhir seri.


Seri IATC 2023 selanjutnya akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit, Indonesia pada 13-15 Oktober 2023.

Apakah Veda mampu mempertahankan posisi pertama klasemen sementara pembalap? Kita akan saksikan bersama.


Teks: Indramawan

Foto: IATC

Comments


bottom of page