top of page
  • Gambar penulisEditor

Vespa Primavera 75th Racing Style Edition Ini Satu-Satunya di Indonesia

Kreasi Vespabox Garage, Malang - Jawa Timur dengan fitur drophead, scooter-racing exhaust system Malossi style, Ohlins sub-tank suspension, Marus Factory W125 wheel-set, dan masih banyak lagi.

OTOPLUS-ONLINE I Oni, salah satu crew dari komunitas Vespabox Indonesia menginfokan, mereka ingin menampilkan karya modifikasi mereka di OTOPLUS-ONLINE.


Dia bilang, ada Vespa Primavera 75th Anniversary Limited Edition yang sudah dimodif hedon untuk pertama kalinya di Indonesia!

Tak hanya itu saja, dia juga mengirimkan video teaser Vespa Primavera 75th tersebut, yang peluncurannya di Indonesia dilakukan pada 28 Juni 2021 lalu itu.



Melihat video teaser Vespa Primavera 75th tersebut langsung tercium aroma racing style!

Terutama dari posisi setang sedikit turun ala motor-motor drag, dan knalpot menekuk ke bawah yang langsung mengingatkan OTOPLUS-ONLINE pada knalpot balap untuk scooter keluaran Malossi.

Memang jarang ketemu Vespa Primavera 75th yang dimodif model racing style seperti ini. Pantas Oni bilang pertama kalinya di Indonesia.



Agar mendapatkan keterangan yang dibutuhkan, Oni pun memperkenalkan OTOPLUS-ONLINE pada Surya Hidayat. Dia adalah builder dari Vespabox Garage, yang merupakan divisi modifikasi dan custom Vespabox Indonesia yang ada di Malang, Jawa Timur ini.

Nah. Surya inilah yang meng-custom Vespa Primavera 75th milik Kunto Wijayandanu asal Surabaya ini. "Memang konsep ubahan lebih ke racing style," buka Surya.

Ditambahkannya, untuk memunculkan kesan racing, maka dilakukan langkah customizing pada batok kepalanya.



"Kita lakukan drophead secara full custom, karena belum ada parts orinya di Indonesia," tutur Surya sambil menambahkan body dipertahankan tetap asli, tapi mengubah look ke racing style.

Pengerjaan batok full custom drophead dengan bentuk speedo HPE terbaru ini menjadi salah satu pengerjaan tersulit dalam project ini.



Perubahan utama justru difokuskan pada kaki kaki. Semua full menggunakan produk Ohlins. Lihat saja sub tank rear suspension untuk Kawasaki Z1000 yang diaplikasikan ke bagian depan dan belakang Vespa Primavera 75th ini.

Tak ketinggalan sistem pengereman juga di-upgrade dengan memasang disk brake Brembo monoblock di bagian depan dengan axle Marus Factory. Sementara bagian belakang menggunakan Brembo 2-Piston.

"Untuk pelek, kami menggunakan Marus Factory rare W125 gold series yang dibalut ban Mitas MC34 soft compond," tunjuk Surya.

Ubahan berikutnya adalah pemasangan one-off exhaust system yang meniru produk Malossi, serta aksesori kaki.

Tak lengkap rasanya, kalau tampilan racing style ini tidak diimbangi dengan peningkatan performa. Untuk itu, Vespa Primavera 75th yang kini diberi julukan Trondol75 ini mendapat upgrade di bagian CVT, supaya tarikan lebih responsif. Good job!


Builder: Surya Hidayat

Owner: Kunto Wijayandanu

Bengkel: Vespabox Garage (IG: @vespaboxindonesia)


Teks: Indramawan

Foto: Vespabox Indonesia

Comments


bottom of page