top of page
  • Gambar penulisEditor

Viral di TikTok Vespa LX 125 i-Get Baru Dibeli Mogok! Begini Komentar Piaggio Indonesia


OTOPLUS-ONLINE coba cari tahu, kira-kira apa penyebab mesin Vespa mati-matian saat dipakai.

Vespa LX 125 i-Get milik Bella Anggita Putri saat dilakukan pemeriksaan oleh dealer SMM.


OTOPLUS-ONLINE I Piaggio Indonesia mengeluarkan pernyataan resmi sehubungan dengan video TikTok @Bella_anggita yang viral lantaran melontarkan kekecewaan karena Vespa LX 125 i-Get yang baru dibelinya mengalami kendala saat dipakai. 


Begini kronologisnya:


“23 April 2024 Vespa sampai di rumah, pada 19 Mei 2024 baru tiga minggu pakai ini Vespa sudah mati-matian di jalan setiap lampu merah," tulis Bella di akun sosial media miliknya.


Bella menuturkan pada 20 Mei 2024, Vespa LX 125 miliknya dibawa ke dealer resmi Vespa Satya Mandiri Motors tempat Bella membeli, namun beberapa hari kemudian motor tersebut kembali bermasalah.


"Saya inginnya ganti unit. Ini sudah tiga kali (ke bengkel resmi) dan belum diketahui penyebab dan penyakitnya,” tulis Bella.


Menanggapi hal tersebut Piaggio Indonesia yang diwakili Ayu Hapsari, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia mengeluarkan pernyataan sebagai berikut:


“Kami mengetahui dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh salah satu pelanggan di kota Malang, Jawa Timur."


"Untuk menyelesaikan masalah tersebut, perwakilan PT Piaggio Indonesia dan diler Satya Mandiri Motors telah menemui dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan yang bersangkutan pada tanggal 5 Juni 2024 mengenai status unit dan kronologis kejadian tersebut."


"Bagi PT Piaggio Indonesia, keamanan, kenyamanan dan kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama."


"Oleh sebab itu, selama dilakukannya pemeriksaan mendalam untuk menemukan sumber utama kendala yang dialami, kami memberikan satu unit Vespa, untuk digunakan oleh pelanggan yang telah diserahterimakan pada tanggal 3 Juni 2024.


"PT Piaggio Indonesia selalu memegang komitmen untuk memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan produk dan layanan yang berkualitas untuk menjamin pengalaman berkendara terbaik bersama Piaggio Group brands."


OTOPLUS-ONLINE coba cari tahu kira-kira apa penyebab mesin Vespa mati-matian saat dipakai.


Erwin punggawa bengkel spesialis Vespa matic yang beralamat di jalan Padmosusastro 82, Surabaya menyampaikan pengalamannya yang pernah menangani keluhan serupa.


Hindari mencuci mesin menggunakan air bertekanan tinggi.


“Penyebabnya kalau bukan throttle body ya ECU-nya yang bermasalah. Dari pengalaman saya masalah itu muncul setelah  pemilik mencuci motor khususnya area mesin dengan steam padahal itu pantang dilakukan. Mencuci Vespa jangan disamakan dengan mencuci motor jepang pada umumnya,” ungkap Erwin.


Ketika throttle body disemprot dengan air bertekanan, ada kemungkinan air akan menyusup masuk ke komponen TPS (Throttle Position Sensor) yang posisinya menyatu dengan throttle body.


“Kalau sudah begitu, solusinya ganti satu set throttle body,” pungkas Erwin.


Jadi sebaiknya hindari mencuci mesin Vespa dengan steam atau air bertekanan agar tidak mengalami kejadian mesin mati-matian ketika digunakan. 


Teks & Foto : Nugroho Sakri Yunarto






留言


bottom of page