• Editor

Wow, Setelah Seli, Ada Mainan Baru Lagi Nih... Push Bike!


“Sebutannya adalah push bike atau kadang juga disebut balance bike atau kick bike. Kenapa disebut demikian karena untuk menjalankannya, si anak mendorongnya dengan menggunakan kaki, sambil berlatih keseimbangan.” (Eric Caprin - Caprin Racing / Kustom - Sickless)

Selain folding bike atau sepeda lipat (seli), ada lagi jenis sepeda yang lagi populer di masa pandemi COVID-19 ini. Bentuknya sepeda roda dua tanpa pedal, yang didesain khusus untuk anak usia dini 1,5 – 3 tahun yang ingin belajar sepeda.

Javelin Veronica (5 tahun), putri Eric Caprin sedang berlatih push bike. Karena tanpa pedal, sehingga untuk menjalankannya harus didorong kaki, dan bisa sebagai sarana berlatih keseimbangan bagi anak yang belajar naik sepeda.


“Sebutannya adalah push bike atau kadang juga disebut balance bike atau kick bike. Kenapa disebut demikian karena untuk menjalankannya, si anak mendorongnya dengan menggunakan kaki, sambil berlatih keseimbangan,” buka Eric Caprin, dari Caprin Racing, rumah modifikasi untuk sepeda motor yang sekarang ini juga merambah ke sepeda lewat bendera Kustom-Sickless.

Bentuknya sepeda roda dua tanpa pedal, yang didesain khusus untuk anak usia dini 1,5 – 3 tahun (atau lebih) yang ingin belajar sepeda.


Lebih lanjut pria dengan 2 putra dan putri ini menjelaskan, selama masa pendemi ini push bike banyak dijadikan pilihan sebagai mainan baru buah hati saat tinggal di rumah.

Bisa juga dilakukan di halaman depan, garasi atau dalam rumah.


“Anak bisa berlatih push bike di halaman depan rumah, garasi, atau di dalam rumah. Selain itu harganya relatif terjangkau,” tutur Eric. “Lebih seru lagi kalau dimainkan bareng-bareng di lahan kosong gitu.”

Eric Caprin bersama Timberland (13 tahun) dan push bike mainannya.


Dan karena melihat peluang push bike bakal semakin digemari di Indonesia, akan halnya di beberapa negara seperti Korea, Jepang, dan Inggris, Eric pun berniat bakal mempopulerkan push bike ini.

“Sekalian momong anak, Bro…” senyum Eric sambil bersiap mengantar putranya, Timberland ke lokasi bermain push bike di lokasi Pump Track yang ada di pabrik Polygon, Sidoarjo.


Baca juga: Ini Alasan Seli Jadi Bagian Gaya Hidup Komunitas Otomotif


Teks: Indramawan

Foto: Eric Caprin