• Editor

Yamaha All New XSR 155: Sarat Teknologi dan Fitur Moderen

Tidak seperti kebanyakan motor bergaya klasik yang terkesan apa adanya, Yamaha All New XSR 155 justrus sarat teknologi dan fitur yang banyak dipakai motor sport moderen.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah pada ulasan sebelumnya kita membahas konsep desain The All New Yamaha XSR 155, maka kali ini kita akan ulas secara lengkap teknologi dan fitur modern, di balik tampilannya yang bergaya klasik. Ini sesuai trend saat ini yang menyukai motor berdesain klasik, tapi berteknologi moderen.

  • Headlight dan DRL full LED

The All New Yamaha XSR 155 memiliki headlight full LED dengan dua klaster terpisah, atas dan bawah. Sisi bawah untuk lampu low-beam sementara sisi atas akan menyala jika saklar hi-beam diaktifkan.


Baca juga: Yamaha All New XSR 155: Cocok Bagi yang Suka Tampilan Klasik, Tapi Berteknologi Moderen


Di sisi atas lampu utama ditanam LED Daytime Running Light sehingga menghadirkan kesan modern dalam kemasan klasik yang kental.

  • Sebaran cahaya pada posisi low beam (kiri), dan sebaran cahaya pada posisi hi beam (kanan)

Kemampuan pencahayaannya kami golongkan istimewa, sebaran sinar padat dan fokus. Posisi hi-beam-nya juga meyakinkan karena sanggup menjangkau secara maksimal hingga sekitar 50 meter ke depan.

  • Mmm... lampu belakang ini mengingatkan pada arc reactor pada kostum Iron Man

Melirik taillight, bentuk bulat, kelihatan mungil dan sederhana namun sudah full LED, sehingga tetap terlihat jelas oleh pengendara di belakang terutama malam hari, sehingga sangat aman.

  • Meski mungil, informasi yang disodorkan panel display termasuk lengkap

Untuk instrument meter, Yamaha menggunakan LCD negative display dengan tampilan full digital. Informasi yang disodorkan diantaranya spidometer, posisi gigi, odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar rata-rata, volume bahan bakar, indikator VVA.


Baca juga: Test Ride Yamaha All New XSR 155: Serasa Naik Motor Sport!


Oh ya tingkat kecerahan layar bisa disesesuaikan agar tidak menyilaukan di malam hari dan tetap dapat dibaca meski panas terik di siang hari.

Rangka Deltabox banyak digunakan motor kapasitas besar, dan jamak digunakan pada arena balap karena handling lebih stabil pada kecepatan tinggi baik saat kondisi jalan lurus atau menikung


Rangka dan suspensi XSR155 identik dengan Yamaha MT-15 dan Yamaha R15 lantaran ketiganya memang berbasis sama. Rangka model Deltabox khas Yamaha yang rigid menyuguhkan karakter pengendalian lincah dan stabil. Itu bisa dirasakan saat menikung dengan kecepatan tinggi, gejala geol minim bahkan saat berboncengan.

Suspensi depan upside down banyak dipakai sportbike moderen karena keunggulannya meredam lebih banyak getaran dibandingkan tipe teleskopik dengan posisi tabung atas yang lebih besar


Tentunya hal itu juga didukung dengan karakter suspensinya yang cenderung kaku. Suspensi depan menggunakan fork model inverted (upside down).

Suspensi belakang swing arm alumunium serupa Yamaha MT-15


Sementara suspensi belakang swing arm alumunium serupa Yamaha MT-15 dengan link monoshock. Kelebihan suspensi monoshock ini stabil saat menikung, handling lebih baik, dan jarak main ayun lebih panjang. Sedang kekurangannya umur pakai biasanya lebih pendek dan kurang efektif bawa beban berat.

Ban gunakan tipe dual purpose sehingga nyaman digunakan berkendara dalam berbagai medan jalan


Melirik pelek, model dan ukurannya juga terlihat sama dengan bawaan MT-15. Perbedaan ada pada ban yang digunakan. Kalau MT-15 pakai ban murni on road, XSR pakai ban model dual purpose semi big block dari IRC Trail Winner. Ukurannya 110/70-17 di depan dan 140/70-17 di belakang.


Baca juga: Test Ride Yamaha All New XSR 155 (2): Wow, Mesin Mulai Beringas di 7.400 Rpm!


Yamaha All New XSR155 dipasarkan dengan harga Rp 40.210.000 (OTR Surabaya), dengan dua pilihan warna yaitu matte black dan prestige silver.


Spesifikasi

Mesin

Tipe: Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA

Jumlah/posisi silinder: Silinder tunggal

Diameter x langkah: 58,0 x 58,7 mm

Perbandingan kompresi: 11,6 : 1

Daya maksimum: 14.2 kW/ 10000 rpm

Torsi maksimum: 14.7 Nm/ 8500 rpm

Sistem starter: elektrik

Sistem pelumasan: basah

Kapasitas oli mesin: Total = 1,50 L , Berkala = 0,85 L , Ganti Filter oli = 0,95 L

Sistem bahan bakar: Fuel Injection

Volume silinder: 155 cc

Tipe kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch

Tipe Transmisi: Manual

Pola pengoperasian transmisi: 1-N-2-3-4-5-6


Dimensi

P x L x T: 2007 X 804 X 1080

Jarak sumbu roda: 1330 mm

Jarak terendah ke tanah: 170 mm

Tinggi tempat duduk: 810 mm

Berat isi: 134 kg

Kapasitas tangki besin: 10.4 Liter


Rangka

Tipe: Deltabox

Suspensi depan: Telescopic Form ( Inverted )

Suspensi belakang: Link Monoshock

Ban depan: 110/70-17M/C (54S)

Ban belakang: 140/70-17M/C (66S)

Rem depan: Disc Brake

Rem belakang: Disc Brake


Kelistrikan

Sistem pengapian: TCI/Transistor

Battery: YTZ4V

Tipe busi: MR8E9


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto