• Editor

Yamaha F1Z 1996 Ini Menolak Punah

Motor-motor 2-tak produksi Yamaha yang pernah ngetrend di eranya, terutama di kalangan anak muda sengaja dipamerkan di Yamaha Flagship Shop Bali pada momen Agustusan ini sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia.

Motor-motor 2 tak legendaris Yamaha yang dipamerkan di Yamaha Flagship Shop Bali ini adalah koleksi dari komunitas 2-Tak Menolak Punah Bali.


Ada yang menarik di ruang display Yamaha Flagship Shop Bali bertepatan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 kemarin. Di situ tampak 1 unit Yamaha F1Z warna putih lansiran 1996 berdampingan dengan dua model legendaris lainnya, yakni RX-King dan Champ. Wah ada apa ini?

Secara tampilan, Yamaha F1Z masih mirip dengan Force 1. Namun, sudah dilengkapi dengan disc brake di bagian depan dan knalpot racing seperti di varian F1ZR


“Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2-Tak Menolak Punah Bali,” buka Andri Fistulariyanto selaku promosi DDS Bali.


Ditambahkan oleh Andri, motor-motor 2-tak produksi Yamaha yang pernah ngetrend di eranya, terutama di kalangan anak muda ini sengaja dipamerkan pada momen Agustusan ini sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia.

Warna putih di eranya tidak begitu disukai, tapi justru itu yang membuat F1Z ini semakin langka.


“Setelah menjalani proses restorasi, di mana beberapa komponen diganti baru, tampilan motor legendaris ini berubah layaknya model baru yang keluar dari dealer,” kata Andri.


Ya, di era 1990-an, Yamaha sangat dikenal dengan produk-produk bermesin 2 tak. Salah satunya F1Z. Produk ini merupakan transisi model moped atau bebek dari Alfa menuju ke F1ZR.

Mesin 110cc telah dilengkapi kipas untuk mendinginkan bagian silinder.


Secara tampilan masih mirip dengan Force 1. Namun, sudah dilengkapi dengan disc brake di bagian depan dan knalpot racing seperti di varian F1ZR. Kapasitas mesin 110cc yang terpasang juga lebih besar dari generasi Alfa dan telah dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan bagian silindernya.

Indikator oli samping pada display meter jadi ciri motor 2-tak.


Pada masanya, varian warna putih F1Z sebenarnya tidak terlalu banyak peminatnya sehingga populasinya sedikit. Namun, justru hal inilah yang membuat F1Z warna putih ini menjadi langka.

Beberapa komponen adalah hasil restorasi sehingga tampak baru.


“Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2 tak perlahan dig antikan dengan motor 4 tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton. Kemudian muncul Vega, dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z. Varian terbarunya menggunakan teknologi injeksi dan forged piston yaitu Jupiter Z1” tambah Andri.


Seperti kita ketahui bahwa pada tanggal 3 Agustus 2020, Yamaha resmi memperkenalkan Jupiter Z1 dengan warna dan striping baru. Di tahun ini dilakukan penyegaran yang menghadirkan pilihan warna Metallic Blue, Metallic Red dan Metallic Black.

Yamaha Jupiter Z1 adalah penerus F1Z di segmen motor bebek.


Tampilannya pun semakin sporty dan modern berkat striping anyar yang terpasang pada Jupiter Z1 versi 2020 ini. Tak hanya itu, pinstripe putih pada velg membuatnya terlihat semakin sporty. Jupiter Z1 menggunakan teknologi injeksi yang didukung dengan Forged Piston atau piston tempa yang membuat kinerja mesin diklaim lebih kuat, awet, dan tahan lama.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha DDS Bali

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.