• Editor

Yamaha India Luncurkan FZ-X Mirip XSR-155 Tapi Dilengkapi Fitur Y-Connect

FZ-X dipasarkan dengan harga mulai 116.800 rupee atau sekitar Rp 23 jutaan. Tentu jika dipasarkan di luar India tidak akan semurah itu.

OTOPLUS-ONLINE I Yamaha India baru saja merilis FZ-X, motor bergaya neo-retro yang secara tampilan menyerupai XSR 155 di Indonesia.

Hanya saja motor ini menggunakan mesin silinder tunggal 149cc konvensional seri FZ FI, dengan detail ala motor scrambler yang kental, termasuk ban semi-offroad, sehingga oke untuk segala jenis medan.


Kembali soal mesin berteknologi blue core Yamaha yang meskipun masih menggunakan katup SOHC, namun telah memenuhi peraturan emisi India.

Tenaga maksimum yang dihasilkan dari perbandingan bore x stroke 57.3mm x 57.9mm adalah 12.4ps pada 7250rpm. Dengan torsi maksimum yang dihasilkan pada putaran rendah 1,4kg-m pada 5500rpm, motor ini jadi mudah digunakan untuk sehari-hari karena tenaga mudah didapat pada putaran bawah-menengah.


Rem cakram depan dan belakang dilengkapi ABS single-channel dari Bosch yang hanya bekerja di bagian depan saja.


Baca juga: Test Ride Yamaha All New XSR 155: Serasa Naik Motor Sport!


Dengan jok bertingkat yang tebal, serta ban semi off-road, serta garpu depan berdiamater cukup besar dengan pelindung karet, FZ-X menjanjikan kenyamanan berkendara.

Fitur lain adalah lampu depan LED bifungsional dilengkapi dengan DRL, yang kompak dengan lampu belakang LED memberikan tampilan bergaya retro, namun teknologi terkini. Begitu pula LCD panel meter yang memiliki visibilitas cukup baik.

Dilengkapi dengan cover bawah atau under cowl yang dirancang seperti pelindung mesin, motor ini aman digunakan di jalan yang kasar.

Oh ya, Anda juga dapat terhubung ke aplikasi ponsel cerdas bernama Y Connect, yang dapat menampilkan konsumsi bahan bakar, informasi perawatan, informasi lokasi parkir terakhir, takometer, dan lain-lain, mirip dengan NMAX 155 Connected.


Baca juga: Yamaha All New XSR 155: Sarat Teknologi dan Fitur Moderen


FZ-X dipasarkan dengan harga mulai 116.800 rupee atau sekitar Rp 23 jutaan. Tentu jika dipasarkan di luar India tidak akan semurah itu.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha India