• Editor

Yang Penting Diketahui Soal Jok ISOFIX

Emblem ISOFIX menandakan jika jok tersebut dapat mengakomodir penggunaan baby/child seat dengan aman dan nyaman

Mobil-mobil buatan Eropa sudah mengadopsi jok ISOFIX sejak tahun 1997, disusul Amerika 2002.


ISOFIX adalah organisasi internasional untuk standardisasi ISO 13216 tentang sistem pengaman pada kursi keselamatan anak. Standarisasi ISO 13216 mendefinisikan poin lampiran standar yang memungkinkan kursi keselamatan anak dapat dipasang dengan dengan cepat dan aman.

Tidak semua jok memiliki pengait ISOFIX untuk baby/child seat.


ISOFIX meningkatkan standar keamanan jok anak yang sebelumnya hanya diikat dengan sabuk pengaman. Pada standar ISOFIX kursi anak memiliki satu titik tambatan jangkar di bagian atas dan dua tambatan di dasar setiap sisi kursi. Dengan begitu, jok anak akan terikat kuat pada jok mobil meski terjadi tabrakan fatal. Sistem ISOFIX dikembangkan produsen kursi pengaman anak Britax-Römer bersama pabrikan asal Jerman, VW. Produk pertama yang kompatibel dirilis pada tahun 1997.


Fitur ISOFIX juga telah menjadi standar keamanan di jajaran produk Peugeot mulai tahun 2000-an. “Keselamatan dan keamanan anak-anak merupakan salah satu prioritas keamanan Peugeot. Kursi dengan fitur ISOFIX mampu memenuhi standar keamanan dan keselamatan berkendara berkaitan dengan anak-anak,” tukas Aidil F.B. Swastomo, Aftersales Dept. Head Astra Peugeot.

Ada dua tambatan jangkar child/baby seat di dasar setiap sisi kursi.


Artinya tidak sembarang jok atau kursi memenuhi standar safety dalam berkendara khususnya untuk penggunaan child/baby car seat. Emblem ISOFIX menandakan standar safety untuk dapat memasang perangkat tersebut.


Meskipun memiliki kelebihan dibanding jok mobil biasa, para orang tua yang memanfaatkan kelebihan child/baby car seat perlu memperhatikan panduan yang disarankan agar si kecil tidak rewel dan lebih aman ketika ditempatkan di jok khusus tersebut.

Satu tambatan atas biasanya ada di punggung sandaran kursi.


Penggunaan baby car seat untuk usia 0-1 tahun sebaiknya pilih posisi yang bentuknya tidur. Lalu untuk balita 1-4 tahun, cari model yang bisa disetel sandarannya. Selain bentuk, cara memosisikan baby car seat juga ada panduannya.

Saat ini, jok ISOFIX sudah semakin jamak digunakan, termasuk di mobil-mobil dengan harga terjangkau.


Untuk bayi 0-2 tahun sebaiknya baby seat diletakkan di jok baris kedua dan menghadap belakang posisi jok belakang atau tengah. Berdasarkan penelitian terbaru dari American Academy of Pediatrics, seperti dikutip www.parenting.co.id, dengan meletakkan  baby car seat menghadap ke belakang dapat mengurangi risiko angka kematian balita saat kecelakaan hingga 75% karena kepala, leher dan tulang belakang anak akan terlindungi lebih maksimal dari benturan hebat.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online