• Editor

5 Kebiasaan Salah, Tapi Sering Dilakukan Pengendara Motor


Apakah kebiasaan berkendara Anda sudah benar?


Menurut Haro Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, ada beberapa kebiasan yang salah namun sering dilakukan pengendara motor.

Berdalih biar cepat, kadang kebiasaan melawan arus masih dilakukan meskipun sangat berbahaya.


"Selain dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan juga melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku," kata Hari. Apa saja kebiasaan yang salah tersebut?

1. Merokok saat berkendara: Merokok pada waktu berkendara di jalan dapat merugikan pengguna jalan yang lain dan menggangu konsentrasi.

2. Menggunakan ponsel: Mengoperasikan ponsel saat naik motor sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain karena akan berkurangnya konsentrasi dan kewaspadaan. " Apabila memang ada panggilan mendesak lebih baik menepi untuk menjawab panggilan dari ponsel " kata Hari.

3. Berboncengan lebih dari 1 orang: Sesuai dengan fungsinya, motor hanya boleh digunakan berboncengan untuk 1 orang. Karena akan kelebihan beban dan bisa merusak motor.

4. Melawan arus: Berkendara dengan melawan arus bisa memicu terjadinya kecelakaan.

5. Mematikan lampu sein: Lampu sein adalah alat pemberi tahu pengendara lain ketika berbelok atau berpindah jalur dan kebiasaan ini dapat memicu kecelakaan.


Teks & Foto: Indramawan