• Editor

AHM Klaim New CBR250RR Miliki Standar Performa Tertinggi di Kelas Super Sport 250cc 2-Silinder

AHM luncurkan New CBR250RR dengan harga mulai Rp62.850.000 OTR Jakarta.

OTOPLUS-ONLINE I PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR pada Senin, 19 September 2022 hari ini.


Dalam press release-nya, AHM mengklaim New CBR250RR yang diproduksi di pabrik Karawang dan telah diekspor ke mancanegara ini memiliki standar performa tertinggi di kelas super sport 250cc dua silinder.


"Motor ini hanya butuh waktu 8.65 detik untuk mencapai jarak 200m dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175kpj. Catatan waktu ini menempatkan varian terbaru CBR sebagai standar performa tertinggi di kelas super sport 250cc dua silinder." Demikian bunyi press release yang dikeluarkan AHM pada Senin, 19 September 2022.

Baca juga: Bongkar Mesin Honda New CBR250RR SP (1): Quick Shifter dan Teknologi MotoGP


Klaim ini didasarkan pada hasil pengujian yang menunjukkan New CBR250RR (varian SP dan SP Quick Shifter) hanya butuh waktu 8.65 detik untuk mencapai jarak 200 meter, dan mampu mencapai kecepatan puncak atau top speed hingga 175 km/jam.

New CBR250RR dibekali mesin baru 250cc, 2-silinder, DOHC, 8-katup yang lebih bertenaga


Sebagai informasi, New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter yang dibekali mesin baru kapasitas 250cc, 2-silinder, DOHC, 8-katup yang compact ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 kW (42 PS) pada 13.000 rpm, serta torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5 kgf.m) pada 11.000 rpm.


Baca juga: Bongkar Mesin Honda New CBR250RR SP(2): Kopling Konvensional Vs Assy/Slipper Clutch


Mesin baru ini melalui pengembangan kompresi mesin yang meningkat, yakni 12,5:1 pada ruang pembakaran yang memiliki perbandingan bore x stroke 62,0 x 41,4 mm.


Selain itu juga berkat perubahan pada ukuran gear ratio yang meningkatkan performa saat berkendara ditunjang dengan fitur yang menyertainya.

Fitur Quick Shifter optimalkan perpindahan gigi dengan mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling


Pada varian New CBR250RR SP Quick Shifter terdapat fitur Quick Shifter yang telah disematkan pada model sebelumnya.


Baca juga: Bongkar Mesin Honda New CBR250RR SP (3 - Habis): Piston Jenong dan Coak Liner


Fitur yang diadopsi dari teknologi balap MotoGP ini berguna untuk mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling.

Akselerasi lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat perpindahan gigi


Dengan fitur Quick Shifter ini, pengendara juga dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi.


Baca juga: Seberapa Optimal Quickshifter dan Assy-Slipper Clutch Pada New CBR250RR SP?


Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan pada New CBR250RR, yaitu sebagai berikut:

  • Mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi

  • Mode untuk menaikkan gigi saja

  • Mode untuk menurunkan gigi saja

  • Mode Quick Shifter off


Semua mode Quick Shifter yang dihadirkan dapat mengikuti keinginan berkendara sesuai dengan DNA Total Control yang diusung New CBR250RR.

Fitur Assist/Slipper Clutch cegah ban belakang selip saat penurunan gigi secara ekstrim


Selain Quick Shifter, fitur Assist/Slipper Clutch juga hadir pada varian New CBR250RR SP dan SP Quick Shifter yang berfungsi untuk mengurangi resiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim, sehingga dapat mencegah ban belakang selip serta menambah kenyamanan berkendara.


Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara dapat merasakan pengoperasian kopling yang lebih ringan.


Fitur Anti-lock Brake System (ABS) melengkapi fitur keamanan CBR250RR SP demi memberikan kenyamanan maksimal.

Throttle By Wire hadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi


Tak kalah pentingnya adalah fitur Throttle By Wire yang telah disematkan pada seluruh varian CBR250RR sejak pertama kali diluncurkan, dan berfungsi menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.


Untuk memaksimalkan fungsinya, Throttle By Wire dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan, mulai berkendara secara agresif di sirkuit hingga jalanan padat perkotaan.


Performa mesin ini didukung pula dengan bobot ringan 168 kg (pada varian SP dan SP Quick Shifter).

AHM meluncurkan New CBR250RR pada Senin, 19 September 2022 hari ini


“Para pecinta sepeda motor yang menyenangkan dapat merasakan langsung sensasi dan kebanggan memiliki motor berkualitas tinggi produksi anak bangsa ini di jaringan Wing Dealer Honda,” ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman dalam keterangannya.

Tersedia 6 pilihan warna sesuai varian


Berikut ini varian, warna dan harga New CBR250RR:

  • Varian SP hadir dengan warna Mystique Blue, dan dipasarkan Rp75.150.000 OTR Jakarta .

  • Varian SP-Quick Shifter tersedia dalam pilihan warna Bravery Red Black, Honda Racing Red, dan Tri Color dipasarkan Rp79.200.000 OTR Jakarta.

  • Varian Standar mempunyai dua pilihan warna yakni Black Freedom dan Mat Gunpowder Black Metallic dipasarkan mulai dari Rp62.850.000 OTR Jakarta.


Spesifikasi New CBR250RR:


Teks: Indramawan

Foto: AHM