top of page
  • Editor

Alasan Harga Yamaha FreeGo 125 Connected Melonjak Jauh Lebih Mahal

FreeGo 125 Connected dibanderol Rp 25.158.000 (OTR Surabaya).

OTOPLUS-ONLINE I PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku distributor resmi motor Yamaha area Jawa Timur meluncurkan Yamaha FreeGo 125 Connected pada Rabu, 21 Desember 2022 di Mandalika Café, Gayung Kebonsari, Surabaya.

Dari kiri: Lerry Asnan, Chief Area Jatim, Kalimantan dan NTT PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing; Rifany Widjaja, Deputy Director Sales & Marketing Yamaha STSJ; Agung Mundi, GM Yamaha STSJ


FreeGo 125 Connected yang dibanderol Rp 25.158.000 (OTR Surabaya) tersedia dalam 2 pilihan warna, Matte Green dan Prestige Silver.

Tampak depan kombinasi desain bodi depan dan headlight barunya menghadirkan kesan aerodinamis dan sporty. Desain panel setang baru, posisi setang juga dibuat sedikit lebih tinggi untuk memperbaiki ergonomi berkendaranya


Sementara FreeGo 125 non-Connected yang hadir dengan 4 pilihan warna yaitu Metallic Red, Metallic Yellow, Matte Black dan Matte Blue ditawarkan dengan harga Rp. 23.391.000 (OTR Surabaya).

Panjang penampang permukaan jok kini jadi 740 mm dari sebelumnya 695 mm. Tak hanya itu, material busa dan covernya juga terasa lebih empuk saat diduduki. Bodi samping kini jadi ramping dengan aksen tarikan garis tajam yang menghadirkan kesan aktif dan dinamis. Desain lampu belakang jadi lebih cakep dibandingkan sebelumnya yang terlihat kaku


Harganya melonjak jauh bila dibandingkan FreeGo sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2018. Sebagai informasi FreeGo generasi pertama ditawarkan mulai Rp 18,5 juta untuk varian Standard, Rp 19,7 juta untuk FreeGo S dan Rp 22,5 juta untuk FreeGo S ABS.

Varian Connected dengan pelek bronze sementara non-Connected warna peleknya hitam


Di generasi terbaru ini sayangnya varian ABS tak lagi ditawarkan. Namun jangan khawatir, kenaikan harga itu tentunya dikompensasi dengan peningkatan pada perubahan desain, fitur dan aspek kenyamanan berkendara yang dikemas dalam tiga keunggulan FreeGo 125 Connected yaitu:


Connecting Happiness

Sebagai sumber pencahayaan headlight FreeGo baru dibekali dengan LED berdaya 6,9 Watt (hi-beam) dan 6 Watt x 2 (low beam) sementara position light alias DRL-nya mengandalkan LED 4,2 Watt


Berbeda dari generasi sebelumnya, kini Yamaha FreeGo Connected telah terkoneksi dengan Yamaha Motorcycle Connect yang membantu pengendara terhubung dengan smartphonenya.


Baca juga: Test Ride 5 Hari Yamaha Fazzio untuk Pemakaian Dalam dan Luar Kota, Bagaimana Hasilnya?


Fitur ini membantuk konsumen untuk mengetahui kondisi motor secara real time, seperti notifikasi telepon dan pesan, konsumsi bahan bakar, rekomendasi perawatan motor, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, hingga lokasi dealer terdekat.

Desain spidometer digital baru


Pengendara juga dapat terhubung dengan aplikasi Y-Connect melalui fitur digital speedometer yang memiliki desain modern dan canggih untuk mengetahui notifikasi pesan dan telepon, volume baterai smartphone, serta jam digital. Tentunya Yamaha juga menyematkan fitur elektrik power socket yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya smartphone.


Bring Happiness

Bagasi dengan volume 25 liter


Yamaha FreeGo Connected dibekali dengan bagasi bervolume 25 Liter sehingga menjadikan motor ini memiliki kapasitas terbesar di golongan skutik 125 cc.


Baca juga: Yamaha Gear 125 Memang Skutik Low End Paling YES!


Masih ada ruang penyimpanan yang luas bagian depan (Spacious Front Pocket) yang mendukung kepraktisan pengendara ketika membawa banyak barang bawaan.

Ada penambahan front pocket berukuran besar yang dapat dijejali botol minum 600 ml.


Berkendara semakin praktis karena motor ini dilengkapi dengan fitur Smart Key System (Keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari lokasi parkir kendaraannya.

Tetap mempertahankan tangki berkapasitas 4,2 liter yang diletakkan di depan


Berbeda dengan kebanyakan skutik FreeGo mengadopsi Smart Front Fuel atau pengisian bahan bakar langsung di bagian depan. Sehingga konsumen tak perlu membuka jok untuk mengisi bahan bakar.


Move with Happiness

Smart Stop System di varian Connected


Hadir dengan mesin Blue Core 125 cc yang dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membantu akselerasi motor semakin bertenaga dan suara mesin lebih halus ketika mesin dinyalakan.


Baca juga: Yamaha XMAX Connected Generasi Terbaru Diluncurkan dengan Layar TFT dan Fungsi Navigasi


"Kami menghadirkan Yamaha FreeGo Connected untuk memenuhi segala kebutuhan sekaligus memberikan kebahagiaan bagi seluruh pengendaranya. FreeGo Connected bisa menjadi partner berkendara yang handal untuk digunakan sendiri maupun ketika bersama dengan keluarga," tukas Rifany Widjaja, Deputy Director Sales & Marketing Yamaha STSJ.


Aplikasi MyYamaha

Saat ini belum ada program diskon untuk Yamaha FreeGo 125 Connected. Lerry Asnan, Chief Area Jatim, Kalimantan dan NTT PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengatakan, “Konsumen tetap bisa mendapatkan program yang menguntungkan lewat aplikasi MyYamaha.


Baca juga: Berapa Harga Terbaru Yamaha XMAX Connected untuk Wilayah Jawa Timur?


Untuk pembelian motor baru, melalui aplikasi MyYamaha bisa mendapatkan poin yang lumayan besar. Begitu juga ketika melakukan servis rutin di jaringan bengkel resmi Yamaha. Poin itu dapat digunakan untuk pembelian spare part, perpanjangan KSB (Kartu Servis Berkala), layanan SKY atau Servis Kunjung Yamaha.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page