top of page
  • Gambar penulisEditor

Alasan Mobil Listrik Chery Omoda E5 Layak Jadi Pilihan

Dipasarkan dengan harga Rp498.000.000 (OTR Surabaya), Omoda E5 bersaing dengan MG4 EV dan MG ZS EV, juga BYD Atto3.

Dengan tampang depan berkonsep “X Future Technology Front Face”, Omoda E5 berbeda dengan versi bensinnya.


OTOPLUS-ONLINE I Chery Omoda E5 dipasarkan dengan harga Rp498.000.000 (OTR Surabaya). Harga yang ditawarkan spesial untuk pembelian sebelum Idul Fitri 1445 H.


Di rentang harga ini, Omoda E5 akan berkompetisi dengan MG4 EV dan MG ZS EV yang masing-masing ditawarkan dengan harga OTR Rp433.000.000 dan RP453.000.000 juga BYD Atto3 yang price list-nya Rp545.000.000.


Lalu apa sajakah yang disodorkan Chery Omoda E5 sehingga menjadikannya layak jadi pilihan?


Desain Futuristik


Suasana futuristik langsung menyambut di balik kemudi.


Overall Omoda E5 menyuguhkan nuansa masa depan melalui desain futuristik yang diambil dari DNA desain Omoda 5 yang punya bahasa desain “Interstellar Shittle”.


Desain ini dihadirkan untuk memenuhi selera konsumen yang mengutamakan tampilan atraktif, sporty, dan warna stylish untuk menyempurnakan gaya hidup modern dan dinamis. 


Instrument & Infotainment Display


Kecerdasan lainnya dari Chery Omoda E5 adalah melalui interkoneksi layar yang akan menjadi pusat kendali pengguna dan instrumen interaksi. Seluruh informasi yang akan disampaikan oleh sistem kepada pengguna mobil akan terpampang jelas dan jernih pada layar sebesar 24,6 inci. Dengan bentuk lengkung 3000R dan resolusi hingga 1920 x 720, sehingga informasi mudah dibaca dan lebih berdampak pada keselamatan.


Kecerdasan interkoneksi setiap fungsi juga dapat dirasakan dari adanya Five Scene Mode. Fitur ini memiliki lima moda yang intuitif mengikuti perubahan situasi dan melakukan penyesuaian pada pencahayaan, penyesuaian suhu ruang, dll. Five Scene Mode yang terdiri dari Welcome Mode, Wake Up Mode, Extreme Energy Saving mode, Cool Mode, dan Camping Mode. 



Technology Intelligence


Dibekali prosesor Snapdragon SA 8155 yang membuat kinerja infotainment system jadi responsif.


Chery Omoda E5 hadir dengan kecerdasan tinggi dengan keterhubungan yang tak terbatas, salah satunya melalui penggunaan Snapdragon Cockpit Platform Gen 3, SA 8155 yang merupakan kolaborasi Chery dengan perusahaan teknologi Qualcomm Technologies Inc.


Snapdragon Cockpit Platform Gen 3 adalah perangkat yang akan memfasilitasi perluasan fungsi kendali dengan kecerdasan dan kenyamanan tinggi yang juga berfungsi pada entertainment system dan kelancaran dalam mengoperasikan navigasi, multimedia player, dan konektivitas smartphone dengan Android Auto dan Apple Carplay.


Apabila dibandingkan dengan chip otomotif lainnya, Snapdragon Cockpit Platform Gen 3 memiliki keunggulan pada komposisi dan tampilan antarmuka, pengoperasian fitur Voice Command, dan pengoperasian fitur lainnya  yang lebih cepat.


540° Panoramic Camera


Pengguna dapat menampilkan visual Omoda E5 dari berbagai sudut.


Inovasi futuristik pada Chery Omoda E5 juga ditampilkan dengan adanya 540° Panoramic Camera yang memberikan visibilitas menyeluruh, membantu pengemudi saat parkir, bermanuver di ruang sempit, dan meningkatkan keselamatan di jalan.


Wireless Charger

Omoda E5 dilengkapi dengan 50 Watt Wireless Fast Charging yang merupakan pengisian daya nirkabel dengan daya tertinggi di industri otomotif saat ini.


Fitur pengisian ulang baterai smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan daya hingga 50% dalam waktu setengah jam.


Car Link O

Untuk 4.000 konsumen pertama, Chery akan memberikan penambahan fitur Car Link O secara cuma-cuma. Car Link O merupakan fitur Internet of Vehicles yang akan memudahkan pengguna mengaktivasi fitur-fitur kendaraan melalui smartphone mereka.


Dengan Car Link O, pengguna dapat melihat berbagai informasi mulai dari Battery Health Care, Chery Safety Care, Smart Charging, Climate Control, dan Driving Behavior Report. 


Electronic Control Canggih


Peletakan sistem kendali elektronik yang efisien untuk mengoptimalkan ruang kabin penumpang.


Chery Omoda E5 memiliki tiga macam kecanggihan sistem kendali elektronik otomotif yang terdepan di kelasnya dan membentuk perlindungan untuk baterai dan motor.


Peletakkan sistem kendali memungkinkan pemanfaatan ruang kosong lebih optimum seperti menciptakan ruang bagasi tambahan di ruang mesin untuk menyimpan charging cable.


Sistem penggerak listrik 3-in-1 hadir dengan efisiensi yang tinggi dan jangkauan jelajah lebih panjang. Tata letaknya yang ringkas memungkinkan ruang kabin penumpang dan bagasi didesain optimal. 


Baterai LFP


Baterai dilindungi lembaran plat tebal yang diklaim tahan benturan meski pada kecepatan tinggi.


Chery Omoda E5 mengandalkan baterai LFP (Lithium Ferro Phosphate) berkapasitas 61 kWh. Dari pengujian WLTP (Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure) dan NEDC (New European Driving Cycle), untuk sekali pengisian penuh, baterai di Omoda E5 akan menghasilkan jarak tempuh 430 KM (WLTP) dan 505 KM (NEDC).


Dengan konsumsi daya rata-rata 15,5 kWh per 100 km, Chery Omoda E5 dapat mendukung mobilitas di dalam kota, perjalanan dengan kecepatan tinggi, dan menjelajah luar kota.


V2L


Menggunakan charging socket CCS2 untuk DC Charging dan Type 2 untuk AC Charging.


Sebagai mobil listrik murni, Chery Omoda E5 sudah memiliki fitur Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan SUV listrik ini menjadi power bank raksasa yang dapat digunakan sebagai sumber energi portabel untuk menyalakan berbagai peralatan elektronik dan mendukung kebutuhan listrik misalnya ketika berkemah bersama keluarga. 


0-100 Km/Jam dalam 7,2 Detik

Electric SUV ini mampu berakselerasi 0-100 km/h dalam 7,2 detik. Tak hanya menawarkan performa hebat, kenyamanan penumpang juga jadi poin keunggulan Omoda E5.


Berkat sistem insulasi yang baik, kebisingan kabin dapat ditekan hanya 62,9 dB saat melaju pada kecepatan 120 km/jam. Minimnya suara angin yang masuk akan meningkatkan aspek kenyamanan saat berkendara.


Driver Assistance


Driving assistance di Omoda E5 didukung oleh sistem kamera dan radar canggih.


Omoda E5 dibangun menggunakan teknologi rangka kokoh yang dibangun dengan standar keamanan global bintang lima untuk memberikan perlindungan menyeluruh untuk seluruh penumpangnya di berbagai kondisi jalan.


Selain itu, mobil listrik ini juga dibekali sederet fitur keselamatan aktif yang canggih untuk mencegah dan memitigasi kecelakaan. Sebanyak 17 fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) dimiliki Omoda E5.


Seperti RCTA (Rear Cross Traffic Alert) memperingatkan potensi tabrakan saat mundur, Rear Cross Traffic Braking (RCTB) membantu pengereman otomatis untuk menghindari tabrakan saat mundur, sementara itu ACC (Adaptive Cruise Control) menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.


Fitur AEB (Automatic Emergency Braking) secara otomatis mengerem untuk menghindari benturan, didukung oleh FCW (Forward Collision Warning) yang memberikan peringatan dini saat ada kemungkinan benturan.


Tak ketinggalan SLA (Speed Limit Assist) membantu Anda mematuhi batas kecepatan, LDW (Lane Departure Warning) mengingatkan jika Anda keluar jalur, Driver Monitoring System (DMS) yang mampu memantau kelelahan dan fokus pengemudi, Lane Keeping Assist (LKA) yang membantu menjaga posisi mobil di dalam jalur, Blind Spot Detection (BSD) yang mendeteksi kendaraan di area yang tidak terjangkau mata, Emergency Lane Keeping (ELK) membantu pengguna kembali ke jalur saat terdeteksi keluar jalur tanpa sengaja, Traffic Jam Assist (TJA) yang membantu pengguna berkendara dengan mudah di dalam kemacetan.


Selain itu fitur Integrated Cruise Assist (ICA) menggabungkan ACC dan LKA untuk pengalaman semi-otonom, dan Intelligent Energy System (IES) membantu memaksimalkan efisiensi energi. Door Open Warning (DOW) mengingatkan pengemudi atau penumpang pada saat membuka pintu jika ada kendaraan melaju dari arah belakang, dan Rear Collision Warning (RCW) memperingatkan potensi tabrakan dari belakang. Drive Away Information (DAI) memberikan informasi saat mobil di depan mulai menjauh, dan Intelligent Headlamp Control (IHC) mengatur lampu depan secara otomatis untuk visibilitas optimal.


Mode Berkendara


Menawarkan 3 mode berkendara sesuai situasi dan preferensi.


Sementara itu, kenyamanan pengguna juga didukung dengan tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan situasi dan preferensi.


Mode Eco membantu memaksimalkan efisiensi energi, ideal untuk perjalanan santai dalam perkotaan. Mode Normal menawarkan keseimbangan antara performa dan kenyamanan, cocok untuk untuk penggunaan sehari-hari di berbagai kondisi jalan.


Sedangkan Mode Sport siap memanjakan pengguna Chery Omoda E5 dengan akselerasi responsif dan tenaga maksimal yang dihasilkan motor listrik 3 in 1, memberikan sensasi berkendara yang dinamis dan agresif.


Dengan pilihan mode berkendara yang beragam, Chery Omoda E5 memberikan pengalaman berkendara yang lebih personal dan menyenangkan bagi setiap penggunanya.


Teks & Foto : Nugroho Sakri Yunarto

Opmerkingen


bottom of page