top of page
  • Gambar penulisEditor

Test Drive Chery Omoda 5 GT FWD, Compact SUV Paling Kencang di Indonesia Saat Ini

Dengan teknologi Gasoline Direct Injection (GDI), output yang dihasilkan mencapai 197 DK dengan torsi 290 Nm.
Varian FWD berakselerasi lebih cepat dibandingkan varian AWD.

OTOPLUS-ONLINE I Chery Omoda 5 GT melengkapi line up Omoda 5 yang sebelumnya diisi oleh varian Z dan RZ. Omoda 5 GT hadir dalam dua pilihan varian yakni front wheel drive (FWD) yang ditawarkan dengan harga OTR Surabaya Rp453.800.000 dan Rp493.800.000 untuk varian all wheel drive (AWD).


Diciptakan untuk generasi millenial, desainnya jelas bukan selera gen X dan sebagian gen Y.

Meski dibangun dari platform yang sama (T1X), under the skin, Omoda 5 GT berbeda dari varian Z/RZ. Jika Omoda 5 varian Z dan RZ menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc turbo bertenaga 145 DK dengan torsi 230 Nm, Chery Omoda 5 GT bermesin 1.600 cc turbo.


Selisihnya memang hanya 100 cc tapi dengan suntikan teknologi Gasoline Direct Injection (GDI), output yang dihasilkan mencapai 197 DK dengan torsi 290 Nm. Menjadikan Chery Omoda 5 GT sebagai the most powerful compact SUV di Indonesia saat ini. 


Eksteriornya dibedakan dengan aksen warna oranye pada spion, pelek dan side moulding.

Dari dua varian Omoda 5 GT, varian AWD diklaim sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,8 detik (AWD) dan sementara varian FWD seperti unit tes ini klaimnya mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7,8 detik. Top speed? 220 km/jam!. Selain kencang, apa lagi kelebihan dan yang jadi kekurangannya? Berikut ulasan kami.


Kelebihan

Performa


Mesin 1.600cc Gasoline Direct Injection plus turbo dengan performa bengis.

Dibandingkan varian RZ/Z, performa Omoda 5 GT FWD dengan mesin bertenaga 197 DK jelas lebih agresif. Apalagi transmisinya mengusung tipe Dual Clutch Transmission (DCT) 7 percepatan yang sangat sigap bereaksi pada setiap sentuhan pedal gas. Responnya tidak sesopan Omoda 5 RZ/Z yang mengandalkan transmisi CVT. 


Rekomendasinya menggunakan bensin beroktan 92 ke atas.

Meski begitu karakter DCT yang gugup pada kecepatan rendah terkadang masih muncul seperti pada kondisi stop and go atau ketika menyusuri padatnya arus lalu lintas dengan kecepatan di bawah 20 km/jam. Trik pakai DCT, injak dengan mantap pedal gas, jangan ragu sebab bila ragu, transmisi seakan bimbang untuk memindahkan posisi gigi naik atau turun. 


Dual Clutch Transmission 7 percepatan memungkinkan perpindahan gigi terjadi hanya dalam 8 milidetik sehingga menghasilkan perpindahan gigi sangat cepat dan nyaris seamless.

Untuk menyesuaikan karakter pengemudi dan kondisi jalan, Chery membekali Omoda 5 GT FWD dengan tiga pilihan mode berkendara yaitu Eco, Normal, Sport. Mode berkendara tak hanya mengubah respon mesin tapi juga mengubah bobot setir. Pada mode Sport bobot gerakan setir jadi berat.


Tenaga 197 DK lantas diumpan ke roda depan.

Istimewanya, konsumsi BBM-nya masih tergolong irit untuk mobil bertenaga sebesar ini. Pada mode Normal, untuk pemakaian dalam kota informasi konsumsi BBM rata-rata yang ditampilkan pada driver display ada di 11,8 km/liter dan 14,2 km/liter di rute tol.


Built Quality


Interiornya berbalut material soft touch.

Dengan harga 400 jutaan, built quality Chery Omoda 5 GT dapat disetarakan atau bahkan lebih baik dari beberapa SUV Jepang yang harganya 500-600 jutaan.


Material soft touch melapis nyaris seluruh permukaan interior khususnya pada area touch point seperti arm rest, shift knob dan setir.


Tombol dan tuas terasa solid saat disentuh.

Tombol-tombol, kisi air vent dan plastik dasbor cukup solid dengan aksen panel piano black yang menghadirkan kesan mewah.


Layout dan detail interiornya identik dengan varian RZ. Sentuhan pembeda hanya pada seat pipe lining warna putih keoranyean di tepian joknya yang berlapis artificial leather.


Fitur Kenyamanan


Busa jok terasa firm tapi nyaman diduduki, kekurangannya ruang kaki terbatas.

Masuk ke kabin Omoda 5 GT FWD penumpang akan dimanjakan dengan beragam fitur penunjang kenyamanan selama dalam perjalanan seperti AC Dual Zone,


Sistem audio premium dari Sony.

Electric Perforated Seat With Ventilation (driver & passenger), sistem audio premium kolaborasi dengan Sony, Wireless Apple Carplay/Android Auto, Intelligent Wireless Charger, Intelligent Voice Control juga Sunroof dan Multicolor Ambient Light.


Disambut Welcoming Light ketika gelap.

Fitur penunjang kenyamanan mengemudi seperti Remote Engine Start dan Door Mirror Heating juga disematkan Chery pada varian Omoda 5 GT FWD ini. 


Fitur Keamanan


Visual yang ditampilkan dari 360 Around View Camera terlihat jernih.

Sementara untuk keamanan berkendara, selain fitur keamanan standar seperti 6 airbag, Electric Parking Brake & Auto Hold, Tyre Pressure Monitoring System, Blind Spot Detection, Hill Start Assist, Chery melengkapi Omoda 5 GT dengan fitur-fitur keamanan sophisticated diantaranya, 360 Around View Monitor, kamera depan-belakang dengan visual high definition yang dilengkapi garis pandu, Rear Cross Traffic Alert,Traffic Sign Recognition sampai Car Lead Departure Sign.


ADAS 


Cruise control di Omoda 5 GT tipe adaptif yang dapat membaca pergerakan kendaraan di depannya dengan akurat.

Teknologi Advanced Driving Assistance System di Omoda 5 GT tergolong canggih lantaran memiliki 11 fitur. Diantaranya, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention,  Adaptive Cruise Control, Intelligent Cruise Assist, Traffic Jam Assist, Front Collision Warning, Autonomous dan Emergency Braking. Sistem ADAS Omoda 5 GT didukung dengan keberadaan kamera di spion tengah dan sonar di gril depan.


Kepraktisan


Selain dengan tombol, pintu bagasi yang dilengkapi fitur Power Tailgate dapat dibuka menggunakan remote key dan switch di dasbor.

Tak hanya menyodorkan keseruan berkendara lewat performa ganas, Omoda 5 GT masih menawarkan kepraktisan sebuah compact SUV dengan tebaran konsol dan slot penyimpanannya juga ruang bagasi yang memadai untuk mengakomodir fungsinya sebagai alat transportasi sehari-hari.


Ada banyak tempat penyimpanan di seputar kabin, salah satunya tempat penyimpanan tersembunyi di bawah konsol tengah.

Bagasi Omoda 5 berkapasitas 360 liter yang notabene tidak istimewa di kelas compact SUV. Sebagai perbandingan kapasitas bagasi Hyundai Creta mencapai 450 liter. Untungnya kapasitas bagasi dapat dikembangkan jadi 1.075 liter dengan melipat bangku belakang. 


Kekurangan

Visibilitas 


Pandangan penumpang belakang terhalang bentuk jok depan.

Bentuk futuristik bodi Omoda 5 mengusung konsekuensi pada sisi visibilitas. Dari sisi pengemudi, visibilitas ke depan akan terganggu dengan penampang pilar A yang tebal.


Sedangkan pandangan ke belakang pengemudi akan terganggu oleh dimensi kaca belakang yang berukuran kecil. Sementara untuk penumpang, khususnya penumpang di bangku belakang, pandangan ke depan terhalang bentuk jok depan model sporty seat.


Setelan Kemudi


Rentang penyetelan kemudi terbatas.

Setirnya dilengkapi setelan rake (tilt) dan reach (telescopic), kendalanya, jarak main setelan reach terbatas, sehingga ketika jok dimundurkan untuk mengakomodir panjang kaki, posisi setir masih kejauhan meski setelan reach sudah pada posisi paling mundur.


Roda Kurang Besar


Ban merek Citi terasa keteteran menyalurkan performa beringas mesin ke permukaan jalan.

Varian FWD dibekali roda ukuran 18 inci dengan ban berukuran 215/55R18 yang menurut kami terlihat kekecilan untuk ukuran bodinya. Andai lingkar roda yang disematkan sama dengan kepunyaan varian AWD yang berukuran 19 inci dengan ban ukuran 235/50R19 akan terlihat lebih proporsional. 


Kombinasi Norak


Aksen oranye sebenarnya cukup di spion saja.

Untuk membedakan varian GT dengan lainnya, Chery membubuhkan aksen warna oranye yang menurut pendapat kami, norak.


Amati saja perpaduan warna hitam pada pelek, sentuhan warna oranye pada panel aksesori pelek dan kaliper rem warna merah. Akan lebih berkelas jika warna oranye di pelek dihilangkan dan menyisakan sentuhan oranye hanya di spion saja.


Teks & foto : Nugroho Sakri Yunarto

Comentários


bottom of page