top of page
  • Gambar penulisEditor

Alrasyid Indo Racing Pasarkan AP10 Indonesian MiniGP Bike untuk Umum

AP10 Indonesian MiniGP Bike dipasarkan Rp59 juta dalam jumlah stok terbatas.

OTOPLUS-ONLINE I AP10 Indonesian MiniGP Bike adalah motor balap yang dipakai di ajang balap pembibitan mulai usia 8 tahun di Indonesia dan diproduksi oleh Alrasyid Indo Racing (AIR).


Produksi motor balap MiniGP karya anak bangsa ini dilakukan untuk mendukung pembinaan pembalap junior menuju balap motor kelas dunia. AP10 Indonesian MiniGP Bike sendiri telah diperkenalkan pertama kali secara virtual pada 17 Agustus 2021.

Kebutuhan MiniGP Bike seiring dengan mulai digelarnya FIM MiniGP World Series mulai Juli 2021 oleh FIM dan Dorna


Hal ini seiring dengan digelarnya FIM MiniGP World Series mulai Juli 2021 lalu oleh FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) selaku federasi internasional balap motor dan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial balap motor Grand Prix, termasuk MotoGP dan WSBK (World Superbikes).

Launching AP10 Indonesian MiniGP Bike dilakukan pada 17 Agustus 2021 lalu dan kini dipasarkan untuk umum


"Dan kini setelah 1 tahun, di moment HUT RI ke-77 ini kami memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mendapatkan AP10 Indonesian MiniGP Bike," ujar Rachmat Alrasyid alias Acid, mantan pembalap era awal tahun 2000-an yang kini menjabat selaku President Director dan Founder AlRasyid Indo Racing pada OTOPLUS-ONLINE, Kamis, 4 Agustus 2022.

AP10 buatan dalam negeri sehingga harga terjangkau


AP10 sendiri adalah motor MiniGP produksi anak Bangsa, yang namanya diambil dari AlRasyid Production (AP), sementara angka 10 merujuk pada diameter roda 10 inci yang digunakan.

Pengembangan parts AP10 telah menjalani serangkaian uji coba di sirkuit balap


Untuk mesin, AP10 mengandalkan mesin ZS 155cc, 4 Speed, 4 Stroke dengan teknologi dan parts pendukung yang mumpuni setelah serangkaian uji coba yang dilakukan di Sirkuit Gery Mang, Subang dan Sentul Karting sebelum dirilis.



"Ada salah satu pembalap cilik yang berlatih menggunakan AP10 produksi kami berhasil menempati juara3 di Kejuaraan SIC MiniGP Ohvale Malaysia bulan kemarin," bangga Acid sambil menunjukkan beberapa foto kepada OTOPLUS-ONLINE.

Super GIO yang berlatih menggunakan AP10, berhasil merebut podium ke-3 pada Race 2 SIC Ohvale Junior Championship di Malaysia


Nama pembalap cilik itu adalah Giovanni Cornelius Gani alias 'Super GIO', seorang pembalap muda MiniGP berusia 8 tahun murid M. Fadli dan Ahmad Marta di 43 Racing School yang menggunakan AP10, berhasil menutup hari ke-2 SIC Ohvale Junior Championship di Malaysia pada Minggu, 24 Juli 2022. dengan menempati podium ke-3 pada Race 2.

Tiga pembalap cilik yang sudah menggunakan AP10 untuk latihan MiniGP, (dari kiri) Aa Thariq, Giovanni Cornelius Gani, dan Kenzie.


"Selain Gio yang sejak round pertama udah ikut SIC Ohvale Junior Championship di Malaysia, ada lagi Kenzie yang latihan di Poppy 77 Racing Course juga pake AP10, dan baru perdana balapan. Tapi dia bisa langsung bersaing di kejuaraan Malaysia itu dengan menempati urutan ke-7," imbuh Acid.


"Terus ada lagi pembalap 6 tahun, Aa Thariq yang sudah terlihat bagus juga meski baru ikut latihan-latihan saja," lanjut Acid.

Alrasyid berkolaborasi dengan 43 Racing School yang digawangi M. Fadli dan Ahmad Marta dalam membina pembalap cilik


Saat ditanya tentang penjualan AP10 Indonesian MiniGP Bike, Acid mengatakan, "Untuk sementara, unit yang kami pasarkan untuk umum ini bersifat limited stocks atau stok terbatas," lanjut Acid.



Sementara itu, untuk memasarkan AP10 Indonesian MiniGP Bike, Acid menggandeng Wuddy Sumanja atau juga dikenal dengan WS Udek, mantan mekaniknya saat masih membalap, dan kini menjalankan bisnis pembuatan mini bike dengan bendera WS Udek Oto.

WS Udek (kaos kuning) bersama Andre Taulany, salah satu konsumen WS Udek Oto dan minibike custom pesanannya


"Untuk harga, AP10 Indonesian Mini GP Bike ini dipasarkan seharga Rp 59 juta," info WS Udek yang bisa dihubungi di nomor 0813-3515-8055 dan 0812-3566-5357 untuk pemesanan.


AP10 SPECIFICATION:

ENGINE: ZS155 cc, 4 speed, 4 stroke FRAME: Sophisticated perimeter trellis with high strength steel tubes

SWINGARM: Steel rear swingarm REAR SUSPENSION: Monoshock with piggy-back setting DNM

Suspension adjustable – hydraulic compression and rebound damping, spring reload wheelbase FRONT SUSPENSION: Upside down 33mm TIRES: 10 inci WHEELS: Rapido, front 2,50x10”, rear 3.00x10”

BRAKE SYSTEM: Nissin with 2 pistons (front), monoblock radial caliper with 4 pistons (rear) FOOTSTEP KIT: Alrasyid SND EXHAUST SYSTEM: Stainless steel under saddle single silencer Arrow in titanium GEAR RATIOS: Transmission on ratio 35/16 CARBURETOR: KF-PZ 27 MAXIMUM POWER: 14 HP


Teks: Indramawan

Foto: AIR, Istimewa

bottom of page