top of page
  • Gambar penulisEditor

Apa Sih Beda FDR Tire dan AHM Tire?

FDR Tire dan AHM Tire (ban resmi sepeda motor Honda) sama-sama diproduksi oleh PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI).

OTOPLUS-ONLINE I Selama ini muncul pertanyaan dari konsumen, apa sih beda FDR Tire dan AHM Tire itu?

Pertanyaan ini coba OTOPLUS-ONLINE tanyakan pada Elsafan Rendianto selaku Promotion Manager PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) di tengah perhelatan Honda Bikers Day 2023 di Lapangan Rampal, Malang pada Sabtu, 28 Oktober 2023.


Kebetulan, pada event akbar Honda Bikers Daya yang jadi lebarannya bikers Honda ini, FDR Tire jadi salah satu sponsor.


"Memang bisa dibilang, FDR Tire dan AHM Tire (ban resmi sepeda motor Honda) ini satu pabrik, karena sama-sama diproduksi oleh PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI)," buka Elsafan Rendianto.


Ia melanjutkan, PT SRI ini memproduksi ban OEM (Original Equipment Market) untuk sepeda motor Honda yang diberi nama ban Federal.


Karena itu, ban Federal ini dibuat sesuai spesifikasi yang telah ditentukan oleh AHM (Astra Honda Motor) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek sepeda motor Honda di Indonesia.


Nah selain memproduksi ban Federal, SRI ini juga memproduksi FDR Tire yang dibuat berdasarkan survei dan riset sendiri.


Karena itu, Elsafan Rendianto mengatakan, FDR Tire memiliki lebih banyak pilihan. Mulai dalam hal ukuran dan kembangan yang lebih variatif, juga dalam hal peruntukan.

"Misalnya untuk balap, kami memiliki FDR Champion. Ada juga seri ban untuk performa di atas ban harian, yakni FDR Ultimate," kata Elsafan Rendianto.


Dari perbedaan ini, Elsafan Rendianto mengatakan, ada perbedaan segmen market antara FDR Tire dan AHM Tire (Federal).


"Bagi konsumen yang membutuhkan ban standar sesuai spek pabrik untuk kebutuhan sehari-hari bisa memilih AHM Tire. Tapi bagi konsumen yang ingin performa lebih dengan model kembangan dan ukuran variatif, entah itu ban untuk modifikasi, turing, stuntride, hingga balap bisa memilih FDR Tire," tandas Elsafan Rendianto sambil mengatakan soal harga FDR Tire dan AHM Tire itu tak jauh beda.


"Ya yang jelas memang FDR Ultimate atau FDR Champion itu harganya di atas AHM Tire karena secara performa di atasnya. Tapi soal harga ini bisa dibilang 11-12 atau tak jauh beda lah," imbuh Elsafan sambil kasih info semua bisa didapat di aplikasi My FDRTire yang bisa didownload.

Sementara itu Dicky Wijaya selaku Manager Promosi PT Kharisma Suma Jaya Sakti selaku distributor ban FDR Jatim mengatakan, event Honda Bikers Day 2023 di Lapangan Rampal, Malang ini jadi kesempatan konsumen untuk mendapatkan promo menarik.


"Kami memberikan promo harga khusus untuk pembelian ban FDR di HBD ini. Ada diskon sampai 28 persen dan gratis pasang di service car yang kami sediakan, " ucap Dicky.


Hadiah langsung juga diberikan pada pembeli ban FDR di HBD. "Ada merchandise untuk pembelian ban FDR di HBD ini," tandas Dicky.


Teks dan Foto: Indramawan

bottom of page