top of page
  • Gambar penulisEditor

Beberapa Komponen Motor Ini Wajib Dicek Setelah Mudik Lebaran

Yamaha STSJ merekomendasikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik sepeda motor setelah mudik.

OTOPLUS-ONLINE I Banyak orang beranggapan, sepeda motor cukup diservis sebelum digunakan untuk mudik saja. Padahal setelah lebaran, kondisi sepeda motor juga wajib untuk dicek.


"Terlebih jika digunakan dalam kondisi jarak jauh. Jangan sampai kita malas untuk mengecek kondisi kendaraan supaya kondisi kendaraan tetap enak digunakan,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).



Lebih lanjut Ilham Wahyudi merekomendasikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik sepeda motor setelah mudik.


Bersihkan motor dari debu, tanah, dan kotoran yang menempel

Contohnya pada bagian filter udara. Kondisi filter udara yang kotor akan membuat kendaraan jadi lebih boros. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan agar pengendara mengetahui kondisi kendaraannya.


Wajib cek oli dan transmisi pada motor

Setelah melakukan perjalanan jauh, lakukan pengecekan volume oli dan kekentalannya, maupun warna oli. Apabila warna oli menghitam, segera lakukan penggantian pada oli.


Perhatikan kampas rem

Komponen ini sangat vital karena menjadi salah satu faktor utama untuk menjaga keselamatan pengendaranya.

Jika masih dalam kondisi yang baik, cukup bersihkan kampas rem dari debu yang ada.


Cek kondisi ban

Mulai dari tekanan udara pada ban, hingga alur ban. Apabila sudah terlihat Tread Wear Indicator (TWI) ban, segera ganti ban baru agar tidak mengganggu performa kendaraan.


Aki atau battery harus tetap prima

Hal ini dimaksudkan guna menjaga sistem kelistrikan pada kendaraan tetap baik. Apabila kondisi aki dalam keadaan soak atau lemah, segera ganti aki baru.


Manfaat Aplikasi My Yamaha

Untuk itu, konsumen cukup melakukan service di bengkel resmi Yamaha yang tersebar di mana-mana. Melalui aplikasi My Yamaha, motor, konsumen dapat melihat lokasi bengkel resmi terdekat dan booking service secara online, sehingga konsumen tidak perlu mengantri di bengkel.



Informasi terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.Yamaha-STSJ.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.


Teks: Indramawan

Foto: STSJ

Comments


bottom of page