top of page
  • Gambar penulisEditor

Begini Cara Kenali Kaca Film Asli atau Palsu

3M gelar Window Film Academy plus dealer meet and greet di Graha Asri Motor, di jalan Pucang Anom Timur 9, Surabaya pada 8 Agustus 2023.

3M telah menjadi kaca film OEM beberapa merek mobil, di antaranya Suzuki.


OTOPLUS-ONLINE I 3M Indonesia bersama PT Dharmesta Swasti Mandiri selaku sole distributor 3M dan PT Bumi Parahyangan Indonesia, sub distributor 3M untuk wilayah Jatim, Bali, NTT dan NTB mengadakan 3M Window Film Academy serta 3M Dealer Meet & Greet bertempat di Graha Asri Motor, di jalan Pucang Anom Timur 9, Surabaya pada 8 Agustus 2023.

Dari kiri: Andrew dari PT Dharmesta Swasti Mandiri selaku sole distributor 3M, Razi Raziansyah, Country Sales Leader, Commercial Branding and Transportation Division dan Mery Mariana, Activation Marketing 3M Indonesia serta Andreas dari PT Bumi Parahyangan Indonesia, sub distributor 3M untuk wilayah Jatim, Bali, NTT dan NTB.


“Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian 3M Indonesia dan bentuk engagement terhadap distribution networking atau authorized dealer. Melalui Windows Film Academy, 3M Indonesia melakukan standarisasi skill para installer. Untuk installer yang sudah berpengalaman akan diiingatkan kembali hal-hal yang basic dalam proses instalasi kaca film, sementara instaler pemula lewat pelatihan ini diharapkan akan ter-upgrade skillnya. Harapannya dengan proses instalasi sesuai standarisasi 3M, produk akan diterima end user dengan sempurna,” ungkap Razi Raziansyah, Country Sales Leader, Commercial Branding and Transportation Division, PT 3M Indonesia.


Ditanya mengenai marak beredarnya kaca film palsu dengan brand 3M dipasaran, Razi menjelaskan, ada beberapa hal yang dilakukan 3M Indonesia agar konsumen tidak tertipu membeli kaca film 3M palsu.

3M Window Film Academy, teknik basic diremind seperti melepas kaca film.


Pertama, produk kaca film 3M Indonesia selalu disertai dengan E-Warranty yang akan diberikan setelah konsumen melakukan pemasangan kaca film di authorized dealer 3M. Dibalik kartu E-Warranty tertera kode unik. Kode tersebut lantas perlu didaftarkan ke website resmi 3M Indonesia untuk mendapatkan warranty selama 5 tahun.


Kedua, untuk mengetahui lokasi-lokasi 3M authorized dealer yang berjumlah 16 di seluruh Jawa Timur, konsumen bisa mengetahuinya dengan mengakses Dealer Locater di website 3M Indonesia dan ketiga secara rutin 3M Indonesia melakukan kampanye rutin lewat silaturahmi dengan jaringan dealer juga bertemu dengan media baik online maupun cetak.

Dengan standarisasi skill diharapkan produk akan diterima dengan sempurna oleh konsumen.


Lebih lanjut, Razi memaparkan sebagai kaca film pertama yang mendapatkan paten pada tahun 1966, 3M memiliki beberapa line up produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen Tanah Air.


Ada produk bernama Color Stable. Kaca film yang diproduksi menggunakan teknologi nano layer ini paling cocok untuk digunakan pada kaca samping dan belakang.


Sementara untuk kaca depan, disiapkan kaca film seri Crystalline.

Kaca film 3M Crystalline untuk kaca depan memiliki 240 lapisan sehingga mampu mengurangi serangan panas secara maksimal.


Seperti kita ketahui, panas di dalam kabin terutama disebabkan oleh paparan panas pada kaca depan. Untuk itulah diperlukan kaca film yang memiliki kemampuan heat rejection superior dan kemampuan itu dimiliki oleh kaca film 3M Seri Crystalline.


Untuk konsumen konservatif tersedia produk 3M Black Chrome, ada dua seri yaitu Black Chrome 40 untuk kaca depan dan Black Chrome 20 untuk kaca samping dan belakang. Permintaan dari konsumen untuk kaca film yang masih mengandung unsur metal ini lumayan tinggi.


Sedangkan untuk konsumen yang menginginkan privasi dan keamanan lebih, disiapkan kaca film 3M seri Solid Safety Auto Security. Kemampuan lapisan film dari seri kaca film ini, dua kali lipat lebih kuat dibandingkan kaca film 3M seri Color Stable.


“Seri dari produk-produk 3M Auto Film tersebut dapat ditemui di belahan dunia manapun karena produk kaca film 3M merupakan global product,” pungkas Razi.


Baca juga:


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Commentaires


bottom of page