• Editor

Begini Rasanya Ngegas SUV 7-Seater Asal Perancis: New Peugeot 5008 SUV GT Line

SUV ini melaju lebih tenang dan stabil pada kecepatan tinggi. Ketika kami ajak berlari konstan 120 km/jam, redaman suspensi nyaman. Apa keunggulan yang lain?

Model yang kami ulas kali ini adalah produk flagship yang dijual Astra Peugeot saat ini. Harganya Rp 814.000.000 (on the road Surabaya). Sebagai reminder, sementara ini Astra Peugeot masih fokus pada dua model, 3008 SUV dan 5008 SUV. Masing-masing ditawarkan dengan pilihan varian GT Line yang masih diimpor secara utuh dari Prancis dan varian Allure Plus yang didatangkan dari Malaysia. Varian 5008 SUV Allure Plus yang impor Malaysia ini dipasarkan dengan harga lebih terjangkau, Rp 745.000.000 (OTR Surabaya).

  • Ciri GT Line, pilar dan atap berwarna hitam.

Seperti ulasan kami sebelumnya, (baca: https://www.otoplus-online.com/post/jajal-peugeot-3008-allure-plus-1-suv-pertama-peraih-gelar-car-of-the-year) sisi eksterior varian GT Line dikenali dengan warna hitam yang melapis permukaan pilar dan atap, Peugeot menyebutnya Black Diamond Roof.

  • Electric Power Seat hanya untuk bangku pengemudi.

  • Jok baris kedua dengan komposisi 40 – 20 – 40 dengan pelapis kombinasi kulit Nappa dan kain motif jins.

  • Fitur Electric Child Safety Locks ini tidak ada di varian Allure Plus.

Perbedaan lain terletak pada desain motif pelek, sementara sisanya tampak identik. Ngomongin fitur, GT Line unggul di hadirnya fitur-fitur seperti Seat Heater, Fragrance, Electric Child Safety Locks, Visual Seat Belt Warning, 360°Parking Camera serta Park Assist.

Kabin Fleksibel & Serbaguna

Dibandingkan varian 5008 SUV Allure Plus, 5008 SUV GT Line memiliki dimensi 29 mm lebih pendek (4.641 mm), 11 mm lebih sempit (1.844 mm) dan 9 mm lebih pendek (1.646 mm). Sebagai gambaran, dimensinya gak jauh beda dengan Toyota Kijang Innova yang punya dimensi (P x L x T) 4.735 x 1.830 x 1.795 mm.


Sementara jika dibandingkan dengan New 3008 SUV Allure Plus yang pernah kami ulas, dimensi 5008 SUV GT Line ini 131 mm lebih panjang, 6 mm lebih lebar tapi tingginya 16 mm lebih pendek.

  • Bangku baris ketiga mudah dilipat dan disembunyikan ke dalam lantai.

Dengan bodi yang lebih panjang memungkinkan SUV ini menampung 7 orang penumpang. Saat jok baris ketiga dilipat, jok baris kedua dapat dimundurkan hingga menawarkan legroom yang sangat lega. Legroom yang disodorkan masih sangat memadai meski bangku baris ketiga difungsikan.

  • Baris ketiga hanya cocok untuk anak kecil di bawah 10 tahun.

Sayangnya kenyamanan itu tidak ditawarkan bangku baris ketiga. Saat rekan OTOPLUS-ONLINE yang berpostur 165 mm coba duduk manis di situ, ruang kakinya terasa sempit dengan alas jok yang nyaris rata dengan lantai bagasi sehingga memaksa kaki menekuk yang jelas tidak nyaman kalau menempuh perjalanan jauh. Menurut kami, bangku baris ketiga hanya layak dihuni anak kecil, dengan tinggi maksimal 135 cm.

  • Ada celah sekitar 7 cm (4 jari) untuk ruang kepala.

Perbedaan dimensi tinggi sebanyak 16 mm dapat dirasakan ketika duduk di bangku baris kedua, headroom yang tersisa buat OTOPLUS-ONLINE dengan postur 180 cm hanya sekitar 4 jari. Tapi kalau postur kalian berkisar 160-170 cm, ruang kepala yang tersedia terasa lebih dari cukup.

  • Dengan melipat bangku baris kedua, volume bagasi membengkak jadi 2000 liter lebih.

Kelebihan lain dari keunggulan dimensinya, bagasi di New 5008 SUV GT Line lebih lega. Dengan posisi bangku baris ketiga terlipat volume yang disodorkan mencapai 952 liter. Volumenya membengkak jadi 2142 liter saat bangku baris kedua dilipat. Fleksibilitas terbilang istimewa karena bangku baris ketiga dapat dengan mudah dilepas, memungkinkan SUV ini difungsikan sebagai kendaraan serba guna.

Fiturnya Perancis Banget

Ngomongin kelengkapan, fitur-fitur unggulan seperti 12,3 inci digital head-up cluster display dengan koneksi USB, Bluetooth, Apple Carplay/MirrorLink/Android Auto, Panoramic Sunroof, 5 Modes Advanced Grip Control, Hill Assist Descent Control (HADC), Peugeot Hill Start Assist, Cruise Control & Speed Limit Information, Lane Departure Warning, Tyre Pressure Sensor dan Lion Spotlight sama dengan yang ditawarkan varian 3008 SUV Allure Plus.

  • Animasi digital display-nya keren.

Baca juga:

  • Visual Seatbelt Warning, fitur ini tidak ada di Allure Plus.

  • Park Assist jadi salah satu fitur unggulan GT Line.

  • Spion dibekali heater.

Seperti telah disinggung di awal, varian GT Line yang masih CBU Perancis ini punya keunggulan fitur Seat Heater, Fragrance, Electric Child Safety Locks, Visual Seat Belt Warning, 360°Parking Camera serta Park Assist. Fitur Seat Heater sebenarnya tak diperlukan di negara beriklim tropis seperti Indonesia, tingkat kehangatan jok bisa disetel dalam 3 level.

  • Setir berlogo GT Line.

Ketika kami coba set pada level tertinggi, tak sampai semenit, permukaan jok langsung terasa panas. Kami langsung membayangkan seandainya betapa nyamannya duduk di atasnya saat suhu udara berkisar 2 – 5 derajat celsius seperti saat kami dolan ke Amman, Yordania awal tahun lalu.

  • Proyeksi gambar yang nampak di monitor ketika dalam kondisi low light.

  • Lion Spotlight akan menerangi area tempat kita berpijak saat akan turun atau naik.

New 5008 SUV GT Line menawarkan 3 aroma wewangian, Harmony Wood, Aerodrive dan Cosmic Cuir yang dapat dipilih sesuai dengan mood pengemudi dan diatur intensitas wanginya. Catridge parfum diletakkan pada bagian dalam laci. Kalau habis, parfum tersebut dapat dibeli di bagian spare part.

  • Fitur khas mobil Perancis, ada kompartemen tersembunyi di bawah lantai.

  • Ban serep tergusur ke bawah tidak seperti di 3008 yang ada di dalam lantai.

Sementara fitur electric child safety locks dan visual seat belt warning merupakan fitur khas mobil-mobil keluarga di Eropa yang amat concern dan memprioritas keamanan anak-anak saat berkendara.

  • Kamera depan mendukung fitur 360°Parking Camera.

Kehadiran fitur 360°Parking Camera cukup membantu ketika bermanuver di ruang parkir yang sempit serta mendukung fitur Park Assist, minusnya kualitas kamera tidak begitu jernih pada kondisi kurang cahaya (low light).

Impresi Berkendara

  • SUV ini melaju lebih tenang dan stabil pada kecepatan tinggi. Ketika kami ajak berlari konstan 120 km/jam, redaman suspensi nyaman.

Tenaga mesin dari 5008 versi Perancis ini lebih kecil 2 dk dari varian Allure Plus (165 dk), sementara torsinya sama. Lantaran tidak signifikan perbedaannya, mostly rasa berkendaranya mirip dengan New 3008 SUV Allure Plus yang kami coba sebelumnya (https://www.otoplus-online.com/post/jajal-peugeot-3008-suv-allure-plus-5-habis-impresi-berkendara).

  • Mesin dengan kode EP6 FDTM berteknologi twin scroll Turbo High Pressure (THP) yang sama dengan 3008.

Perbedaan signifikan yang kami rasakan dibandingkan New 3008 SUV Allure Plus adalah karakter pengendalian. Walau mengandalkan tipe suspensi yang sama (independent MacPherson axle, coil spring and integrated pressurized hydraulic shock absorbers di depan dan Semi-independent with twist beam axle and pressurized shock absorbers), perbedaan karakter tersebut muncul karena perbedaan jarak sumbu roda. Wheelbase di 5008 SUV GT Line lebih panjang 165 mm (2.840 mm) dibandingkan 3008 Allure Plus yang jarak sumbu rodanya 2.675 mm.

  • Bodinya lebih panjang  131 mm dengan sumbu roda lebih melar 165 mm.

SIsi positifnya, dengan wheelbase lebih panjang, SUV ini melaju lebih tenang dan stabil pada kecepatan tinggi. Ketika kami ajak berlari konstan dengan kecepatan 120 km/jam menggunakan fitur cruise control 5008 SUV GT Line yang memiliki karakter redaman suspensi empuk ini nyaman banget.


Di kecepatan itu, intrusi suara luar terdengar minim, suara desir angin mulai terdengar ketika kecepatan mulai menunjukkan angka 150 km/jam.

  • Mode berkendara, Normal dan Sport.

Dengan karakter berkendara seperti itu, perjalanan Surabaya – Malang PP seperti tak berasa, OTOPLUS-ONLINE pastikan ini salah satu mobil paling ideal untuk dipakai menyusuri tol panjang seperti Trans Jawa karena kenyamanannya.

  • Dibekali dengan fitur Park Assist yang dapat melakukan aksi parkir otonom.

Namun konsekuensinya 5008 ini tak selincah 3008. Manuver di ruang parkir yang sempit juga perlu kehati-hatian ekstra. Untungnya SUV ini dibekali dengan fitur Park Assist yang dapat melakukan aksi parkir otonom.

  • Transmisi otomatis 6 percepatan dengan teknologi Quickshift yang cerdas karena seolah dapat membaca karakter medan yang akan dilalui dan menyesuaikan posisi giginya.

New 5008 SUV GT Line juga dibekali fitur Lane Departure Warning yang akan mengingatkan pengemudi saat melanggar marka jalan. Fitur ini akan aktif di atas kecepatan 70 km/jam dan kita lupa menyalakan lampu sein saat berpindah jalur. Bedanya, di 5008 GT Line LDW tidak menginterupsi kemudi untuk kembali ke jalur sebenarnya seperti halnya di 3008 SUV Allure Plus.

  • Nuansa kabin identik dengan 3008.

Soal ambience kabin, kecuali warna pelapis head liner (plafon) dan material pembalut jok, ambience di kabin 5008 SUV GT Line terasa identic dengan 3008 SUV Allure Plus. Layout dasbor, tombol kontrol, animasi display meter serta protokol pengoperasiannya sama.

  • Seperti kebanyakan mobil Eropa, untuk membuka tutup tangki BBM cukup dengan menekan permukaan di sudut kiri atas.

Konsekuensi lain, konsumsi BBM menggunakan bensin beroktan 95 ada di angka 8,9 km/liter pada pemakaian dalam kota. Sebagai perbandingan, 3008 yang lebih kecil dan ringan konsumsinya ada di 10,3 km/liter.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto