• Editor

Bengkel BMS Knalpot Ini Letaknya di Desa, Tapi Jujukan Pehobi Moge

Paling banyak pengerjaannya saat ini adalah knalpot Harley-Davidson, juga menerima mobil mewah seperti Jeep Rubicon.

OTOPLUS-ONLINE I Siapa sangka, meskipun bengkelnya berada di desa, namun jadi jujukan para penggemar moge untuk repair dan bikin knalpot motor tunggangan mereka. Ya, bengkel knalpot milik Heru Budi Yono tepatnya berada di Desa Waturoyo. Atau sekitar 20 km arah utara Kota Pati.


Mulai buka pada medio 1996, Heru mengawalinya dari otak-atik mesin motor untuk balap liar. “Waktu itu kendala yang selalu muncul ada di pemilihan knalpot yang kerap tidak sesuai dengan setting mesin, sehingga saya putuskan untuk coba-coba buat sendiri knalpot yang pas dengan settingan mesin”, tutur Heru.


Dan kisah awal inilah yang justru makin membuat Heru 'terjerumus' lebih dalam untuk mempelajari tentang knalpot. Tak mau setengah-setengah, pria asli Pati ini belajar khusus tentang knalpot selama satu tahun di Yogyakarta.


Baca juga: Trend Knalpot Replika Motor 2-Tak


“Tepatnya sekitar tahun 1996-1997 saya belajar dari beberapa bengkel knalpot di Yogya”, imbuh Heru.Mulai dari itulah Heru mulai mempelajari mulai dari setting untuk performa, setting suara, bentuk dan estetika dan segala sesuatu tentang knalpot.


Hasil dari pembelajarannya kini terlihat. Garapannya mulai dari motor balap roadrace, drag, motocross sampai trail adventure. Bahkan beberapa waktu belakangan ini, bengkel milik Heru ini jadi jujukan para pehobi moge.


Baca juga: Knalpot Yoshimura Hepta Force TSS untuk Kawasaki ZX-25R Sudah Beredar di Toko Online


Kebanyakan permintaannya adalah setting suara sehingga knalpot orisinilnya harus dioprek untuk mendapatkan suara sesuai yang diinginkan, atau bikin knalpot baru kalau ingin tetap mempertahankan keaslian knalpot bawaan.

Seperti misalnya saja paling banyak pengerjaannya saat ini adalah knalpot Harley-Davidson. “Rata-rata mereka merasa suara knalpot standar terlalu halus dan kurang ngeblar, tapi ada juga yang meminta suaranya dibikin lebih halus dan tidak berisik”, terang Heru.


Intinya, Heru berusaha tak mengecewakan dengan memenuhi setiap permintaan konsumen. Tak hanya knalpot motor saja, pengerjaan knalpot mobil juga dilahap olehnya. Lagi-lagi juga mobil berkelas yang masuk ke bengkelnya seperti paling gress garapannya adalah knalpot Jeep Rubicon.


Baca juga: Knalpot Racing Sakti GSX-R150


Tak heran kalau kini konsumennya tak hanya lokalan saja tapi tersebar ke Sumatera dan Kalimantan bahkan sampai ke Malaysia juga.


Workshop BMS Knalpot

Ds. Waturoyokm. 10 Tayu Pati RT. 03 RW. 05

WA. 0813 2570 4232


Teks dan Foto: dJansen