• Editor

BMW 218i Gran Coupe Sport Dirakit di Indonesia, Siap Lawan Mercedes-Benz CLA dan A-Class

Dipasarkan di kisaran Rp800 juta, BMW 218i Gran Coupe juga berkompetisi dengan big sedan Jepang, seperti Honda Accord atau Toyota Camry Hybrid.

Axel Julio, Product Genius BMW Astra dan Yopy Antonio, Kepala Cabang BMW Astra Jawa Timur


OTOPLUS-ONLINE I Mengawali tahun 2022, BMW Astra bersama BMW Group Indonesia menghadirkan All-New BMW Seri 2 Gran Coupé.


BMW Astra sebagai dealer resmi BMW di Jawa Timur memperkenalkan The All-New BMW Seri 2 Gran Coupe kepada masyarakat Surabaya pada Kamis, 24 Februari 2022.

BMW Seri 2 Gran Coupé memiliki panjang 4.526 mm dan lebar 1.800 mm, tapi tingginya hanya 1.420 mm.


Sebelumnya BMW Indonesia telah meluncurkan All-New BMW 2 Series Gran Coupé melalui Virtual Press Conference pada 22 Februari 2022.

Tampilan desain sporty dengan lampu depan berteknologi full-LED, dan desain lampu belakang serba baru, memanjang hingga ke bagian tengah ujung belakang. Selain itu dilengkapi pelek light alloy 17 inci, Double-Spoke Style 549 bi-color dengan Orbit Grey finishing mengilap, dan Run-Flat-Tire


Sebagai informasi BMW 218i Gran Coupè Sport yang diluncurkan dengan tema #DoThingsYourWay kini dirakit secara lokal di Production Network 2, Gaya Motor, Sunter.

Garis atap yang tampak mengalir dan tampilan tegas.


“Untuk wilayah Surabaya, BMW 218i Grand Coupe Sport dipasarkan dengan harga on the road Rp 805 juta,” sebut Yopy Antonio, Kepala Cabang BMW Astra Jawa Timur.

Berbagai kontrol diarahkan untuk kenyaman bagi pengemudi dan cluster yang dikelompokkan – misalnya, AC dan berbagai fungsi mengemudi – sehingga memberikan pengoperasian yang mudah.


All-New BMW Seri 2 Gran Coupe memiliki desain provokatif dengan garis-garis yang tegas, sporty, dan emosional. Elemen-elemen desain yang emosional itu dikombinasikan dengan kepraktisan sehari-hari, seperti kabin yang luas dan kompartemen bagasi besar.

Terlepas dari penampilannya yang rendah dan sporty, penumpang dimanjakan dalam kelapangan kabin, berkat jarak sumbu roda 2.670 mm. Sistem restarint ISOFIX untuk child seat juga hadir tak hanya di kedua sisi belakang namun juga pada kursi penumpang depan yang dibekali dengan setelan elektrik untuk menjaga keamanan semua penumpang. Selain itu, kompartemen bagasi seluas 430 liter dapat diperluas dengan berbagai cara.


THE 2 Gran Coupé adalah pilihan ideal bagi kaum urban berjiwa muda yang mengutamakan sportivitas, teknologi canggih, serta kenyamanan kabin.


Sedan kupe 4 pintu dengan kode bodi F40 ini dibangun di atas platform yang sama dengan BMW X1 (F48). “Mesin yang digunakan sama persis dengan BMW X1, berkonfigurasi 3 silinder 1,5 liter dengan teknologi TwinPower Turbo,” tukas Axel Julio, Product Genius BMW Astra.


Mesin bertenaga 103 kW atau 140 hp dan torsi 220 Nm tersebut dipadukan dengan transmisi Steptronic 7-percepatan yang canggih dengan kopling ganda yang membuatnya sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,7 detik, dengan kecepatan puncak 213 km/jam.


BMW 218i Gran Coupé Sport hadir dengan teknologi BMW EfficientDynamics generasi terbaru, yang menyodorkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan emisi yang lebih rendah.

Interior yang dilapisi Sensatec Upholstery dikombinasikan dengan Illuminated Trim Berlin menciptakan tampilan yang modern dan segar. THE 2 Gran Coupé memiliki pintu tanpa bingkai dengan tampilan yang sangat ekspresif dan memukau.


Dengan tampilan desain sporty, BMW Seri 2 Gran Coupé membentuk tolak ukur kedinamisan di kelasnya. Bukan hanya elegan tapi extravagant. Bukan konvensional namun fokus pada karakter individual. Pastinya sebuah kendaraan dengan desain yang unik. Semua karakteristik ini sangat serasi dengan kampanye #DoThingsYourWay.


“Hadir dengan teknologi terdepan dan fitur dinamika berkendara sempurna khas BMW, Seri 2 Gran Coupè tampil beda dan berkarakter. THE 2 Gran Coupè pasti akan membuat kompetisi di segmen sedan premium kompak di Indonesia semakin menarik," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.


Baca juga: Berakselerasi 0-100 Kpj dalam 4,8 Detik Bersama BMW X3M Competition


Terlebih lagi THE 2 Gran Coupé dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor. Model spesial ini akan menambah portfolio model yang sudah dirakit secara lokal, BMW 3, 5, 7, X1, X3, X5, X7, dan MINI Countryman. Pencapaian ini sekali lagi menunjukkan komitmen BMW untuk pasar Indonesia.


BMW 218i Gran Coupé Sport menggunakan arsitektur penggerak roda depan BMW yang canggih. Sebagai produk dari pengalaman bertahun-tahun yang dikumpulkan oleh BMW Group dengan berbagai model penggerak roda depan, arsitektur ini juga mendapat manfaat dari transfer teknologi dari BMW i ke brand BMW.

Akses ke infotainment disediakan oleh BMW Operating System 7.0 terbaru, lengkap dengan gesture control. BMW Live Cockpit Professional menyatukan display dan sistem operasi sepenuhnya digital dengan konektivitas dan personalisasi. BMW Intelligent Personal Assistant, yang pertama kali hadir di BMW Seri 3 Sedan, juga merupakan bagian dari konsep pengoperasian. Mengucapkan sapaan atau instruksi singkat "Hei/Hai/Halo BMW" memungkinkan untuk mengakses berbagai fungsi kendaraan dan memperoleh informasi hanya dengan berbicara. Salah satu fitur unik yang mengungguli asisten digital lainnya adalah bahwa pengemudi dapat memberikan nama pilihan mereka kepada asisten ini.


BMW 218i Gran Coupé Sport padukan dinamika berkendara yang tak tertandingi di segmennya dengan interior yang lapang. Kelincahan kendaraan yang luar biasa dihasilkan dari interaksi yang diatur dengan sempurna antara sasis mutakhir, teknologi inovatif, serta komponen dan sistem kontrol terintegrasi yang memengaruhi dinamika berkendara mobil ini.


Respon yang cepat dan tepat dari BMW Seri 2 Gran Coupé jelas dirasakan dan meningkatkan pengalaman berkendara ke tingkat yang baru.


Baca juga: BMW M2 Competition Hadir di Indonesia, Tapi Waktu Inden Lamaaa...


BMW Performance Control menciptakan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dengan mengontrol setiap roda satu per satu. Ini berarti roda luar menerima daya penggerak yang lebih besar, sedangkan roda dalam menerima daya yang lebih kecil. Keempat roda mampu menggunakan traksi maksimum untuk memastikan pengendaraan yang stabil namun gesit.


Di pasaran dengan kisaran harga Rp 800 jutaan, BMW 218i Gran Coupe akan berkompetisi langsung dengan Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class dan berkompetisi tidak langsung dengan big sedan Jepang seperti Honda Accord atau Toyota Camry Hybrid.


Baca juga: Test Drive BMW M4 Coupe Competition: Sensasi Sports Car Bertenaga 510 HP


“Pada tanggal 21-27 Februari 2022 secara khusus kami juga menghadirkan BMW 218i Gran Coupé ini di Galaxy Mall lantai dasar. Setiap pembelian BMW di BMW Astra termasuk BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh, perlindungan ban selama 2 tahun, 5 tahun keanggotaan AstraWorld dengan bantuan darurat 24-jam, dan BMW Astra Card,” tutup Yopy.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto