top of page
  • Editor

Brothersipx Gelar Sunmori Sambil Sebar Buku dan Tanam Pohon Cerita!

Dalam rangka perayaan 5 tahun perjalanan Busa Pustaka, sebuah giat literasi anak yang dipelopori Adiono atau Mang Adi.

OTOPLUS-ONLINE I Pada kegiatan rutin sunday morning ride yang dilakukannya, Brothersipx (BSX) selalu menyelipkan agenda sosial.


Seperti pada Minggu, 25 September 2022 kemarin. Kegiatan sunmori BSX kali ini sekaligus merayakan 5 tahun perjalanan Busa Pustaka, sebuah giat literasi anak yang dipelopori Adiono atau akrab disapa Mang Adi, dalam kemasan yang sederhana namun bermakna.

Berkolaborasi dengan UKMBS Universitas Malahayati Lampung agenda dimulai dari titik kumpul di sekitaran Jl. Pramuka, Bandar Lampung.


“Mang Adi ini kita kenal sebagai pegiat literasi anak yang secara mandiri memberikan perhatian terhadap edukasi anak yang dengan sukarela berkeliling menyambangi anak-anak, terutama yang dalam kondisi kurang mampu sampai memperjuangkan beberapa anak yang nyaris putus sekolah," terang Bro Ari Murti dari BSX.


Baca juga: Komunitas Brothersip X Lampung Ikut Meriahkan Ultah ke-4 Sekolah Rakyat Busa Pustaka


Ia menambahkan, kebetulan Mang Adi ini member BSX, dan kebetulan lagi banyak teman-teman mahasiswa di UKMBS Universitas Malahayati juga banyak yang support dengan giat literasi ini.


"Karena itu, moment ini kita coba maksimalkan agar punya makna tidak hanya untuk kami, tapi juga masyarakat sebagai wujud pengabdian kami berkomunitas kepada masyarakat,” kata Ari Murti.

Untuk itu, setelah rombongan komplet, kegiatan yang mengedepankan fun dan safety pun dimulai. Menikmati kota berkendara santai saat pagi menuju titik pertama Lapangan Kalpataru untuk sebar buku.

Setelah tiba di lokasi serah terima dilakukan. “Kebetulan Om Noki dan Bro Awan dari Bold Riders Lampung memberikan donasi beberapa dus besar buku komik, cerita anak, buku pelajaran dan Susu. Wah senang sekali dapat tambahan amunisi. Apalagi buku-bukunya lumayan menarik dan bermanfaat, untuk sebagian buku pelajaran akan ditaruh di sekolah rakyat Busa Pustaka untuk bahan belajar adik-adik kita di sana," ujar Mang Adi.


Baca juga: Brothersipx dan Busa Pustaka Lampung Gelar Formula E-grang dan Drag Bakiak Race


Antusiasme pun terlihat tidak hanya pada anak-anak. Bahkan para orangtua yang mendampingi anak-anaknya bermain di sekitaran lapangan Kalpataru, memandu anaknya yang tampak malu- malu untuk mengambil buku yang dibagikan.


“Kalau sudah selesai baca kasih ke teman yang lain ya,” pesan para volunteer saat membagikan buku.

Setelah selesai sebar buku seluruh partisipan sarapan dan ngopi-ngopi santai di sekitaran lokasi sebelum lanjut riding kembali menuju lokasi kedua, yaitu Sekolah Rakyat Busa Pustaka di daerah Kedaung.

Setiba di lokasi, rombongan sudah disambut teriakan gembira adik-adik dan beberapa orangtua yang memang sudah menunggu rombongan tiba.

Setelah opening Bro Sidik BSX yang juga akrab disapa Pak Guru Sidik oleh adik-adik di sana secara simbolis menyerahkan 10 pohon beringin dari Biznet Lampung yang akan ditanam di lokasi Busa Pustaka.

“Ini pohon Cerita, kenapa kita sebut pohon cerita? Biar teman-teman ingat saat kalian sudah besar pohon ini juga akan tumbuh bersama kalian dan akan menjadi tempat bercerita bahwa kita di sini berkumpul bersuka cita bersama, setuju?!” kata Pak Guru Sidik, yang disambut teriakan setuju dari anak-anak yang hadir.

Penanaman kemudian dilakukan bersama rombongan dan beberapa anak yang hadir. Tak lupa Kak Bojog dan Kak Wilda dari UKMBS Universitas Malahayati memberikan pengarahan menanam dan merawat tumbuhan.

Acara kemudian ditutup dengan bernyanyi bersama dan dimeriahkan dengan smoke bomb party yang membuat makin pecah suasana.


Baca juga: Brothersipx Gelar Workshop Bikers Trading Setelah Sunmori


"Terima kasih, semoga perjuangan dalam kebaikan selalu diberikan kemudahan untuk kita semua," tutup Mang Adi.


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa

bottom of page