top of page
  • Gambar penulisEditor

BSX Gelar Ramadhan Charity atau Ramacharity Berkonsep Edutainment Bersama Mahasiswa

BSX gandeng Pengmas Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, dan UKMBS Universitas Malahayati untuk berbagi pengalaman dengan adik-adik panti.

OTOPLUS-ONLINE I Komunitas Brothersipx (BSX) Lampung kembali menggelar Ramacharity atau Ramahan Charity yang merupakan kegiatan amal rutin setiap bulan Ramadhan.


Pada Sabtu, 15 April 2022, Ramacharity BSX mengambil konsep edutainment, selain tetap memberikan donasi atau santunan kepada Panti Asuhan Miftahul Jannah Bandar Lampung.

Hal ini seperti dituturkan Dea, seorang lady biker BSX yang mengorganisir agenda kali ini. “Pada Ramadhan tahun ini kami menggandeng teman-teman mahasiswa. Ada teman-teman dari Pengmas Fakultas kedokteran Universitas Lampung dan UKMBS Universitas Malahayati untuk berbagi pengalaman dan wawasan dengan adik-adik panti kita,” terang Dea.



Sesi pertama setelah perkenalan dengan warga panti. Farhan dan kawan-kawannya, mahasiswa FK Unila angkatan 2022 memperkenalkan sekilas tentang dunia medis beserta peralatan standar medis.

“Kadang di lingkungan masih di temukan usia anak yang takut untuk melakukan pengobatan atau memeriksakan diri ke klinik maupun dokter. Di sini kami memberikan gambaran apa, mengapa dan apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan standar. Adik-adik pun kami ajak mencoba penggunaan seperti stetoskop agar lebih mengerti fungsi alat tersebut,” ujar Farhan.



Lanjut ke sesi 2, kakak-kakak Pengmas FK Unila melakukan edukasi kebersihan dengan interaktif. Kemudian juga memberikan pemahaman scabies yang menyebabkan gangguan kesehatan akibat kurang terjaganya kebersihan baik secara lingkungan ataupun pola diri sendiri.


"Nah berhubung di sini lumayan banyak adik-adik panti kita yang wanita dan rata-rata mulai memasuki usia pubertas atau remaja, maka kami juga menyampaikan wawasan tentang kanker serviks dan bahayanya, gejala, serta bagaimana antisipasi pencegahannya," terang Nana dari Pengmas FK Unila.

Ia menambahkan, selain itu, kakak Pengmas juga mengadakan game interaktif yang memancing animo ceria peserta dengan hadiah, juga memberikan perlengkapan P3K, vitamin dan obat-obatan ringan donasi dari Apotek Restu Ibu kepada pengurus panti.

Dan sambil menunggu waktu berbuka puasa yang hampir tiba, Mang Adi BSX (pegiat literasi dan pendiri Busa Pustaka) berbagi cerita untuk memotivasi adik-adik panti untuk terus bersemangat menuntut ilmu dan wawasan tidak terbatas pada dunia formal saja.



Setelah tiba waktu berbuka dan rehat untuk shalat maghrib dan santap malam bersama seluruh partisipan, sesi kemudian dilanjut Andre Baron BSX dan kakak-kakak dari UKMBS Malahayati. Mereka memberikan edukasi tentang listrik dan instalasi sederhana.

“Jangan lupa ya selalu berhati hati dengan perangkat elektronik dan minta pendampingan kepada orang yang lebih dewasa untuk hal kelistrikan” pesan mereka.


Teks: Indramawan

Foto: BSX

Comments


bottom of page