top of page
  • Gambar penulisEditor

Busworld Europe 2023 Pameran Bus dan Gerbong Terbesar di Dunia Kembali Diadakan di Belgia

Pecahkan rekor dengan 40.120 pengunjung dari 111 negara, dan dihadiri hampir 350 anggota pers yang mewakili 44 negara.

OTOPLUS-ONLINE I Busworld Europe, pameran utama dunia untuk industri bus dan coach, kembali diselenggarakan dan berlangsung meriah.


The 26th Busworld Europe diadakan di Brussels, Belgia pada tanggal 7-12 Oktober 2023 dan langsung memecahkan rekor pengunjung setelah absen selama empat tahun imbas pandemi Covid-19.

Menempati ruang pameran seluas 75.000 meter persegi dengan lorong sepanjang 7,8 kilometer, Busworld Europe tahun ini terbukti sukses besar. Selama acara berlangsung, museum ini menyambut 40.120 pengunjung dari 111 negara, menegaskan kembali statusnya sebagai pusat industri global.


Acara ini juga dihadiri oleh hampir 350 anggota pers yang mewakili 44 negara, yang menggarisbawahi pentingnya acara ini dalam dunia transportasi.

Salah satu aspek yang paling luar biasa dari edisi ini adalah jajaran peserta pameran yang mengesankan. Pameran ini menampilkan 75 produsen bus dan gerbong, meningkat signifikan dari 66 produsen bus dan gerbong pada edisi 2019.


Secara total, 526 peserta pameran dari 38 negara memamerkan inovasi mereka, dan 182 di antaranya merupakan pendatang baru. Negara-negara peserta terbanyak adalah Turki dengan 96 perusahaan, Jerman dengan 79 perusahaan, dan Tiongkok dengan 61 perusahaan.

Di dalam ruang pameran, total 222 kendaraan dipamerkan, menampilkan kemajuan terkini dalam teknologi bus dan coach. Selain itu, 29 kendaraan ditempatkan di luar untuk demonstrasi, menawarkan pengunjung pengalaman langsung dengan model dan fitur terbaru.

Salah satu perubahan penting dalam Busworld Europe tahun ini adalah jadwal hari baru, yang berlangsung dari Sabtu hingga Kamis, bukan pengaturan sebelumnya pada Jumat hingga Rabu.


Pergeseran ini mendapat tanggapan positif dari peserta pameran dan peserta, sehingga berkontribusi terhadap kesuksesan acara secara keseluruhan.


Busworld Europe 2023 menandai kembalinya kejayaan ke panggung global, mencetak rekor baru dalam hal ukuran, kehadiran, dan peserta pameran.


Pameran ini menegaskan kembali reputasi pameran ini sebagai acara yang dikunjungi bagi industri bus dan gerbong, dan sekali lagi menghadirkan platform bagi inovasi, kolaborasi, dan pertumbuhan.


Pada penyelenggaraan ke-26 tahun ini Busworld kembali memberikan Penghargaan dan Inovasi.


1. Busword Vehicle Award

Penghargaan yang dikemas dengan nama 20th Busworld Vehicle Award mengakui keunggulan dalam Keselamatan, Ekologi, Kenyamanan, dan Desain dengan pemenang dan runner-up di setiap kategori sebagai berikut:


KATEGORI BUS

Pemenang keseluruhan yang memenangkan Grand Award Bus: Mercedes-Benz eCitaro

Juara kedua: Anadolu Isuzu Citivolt dan Ebusco 3.0

Label Keunggulan DESAIN: VDL Bus & New Generation Coach Citea

Label Keunggulan KENYAMANAN: Mercedes-Benz eCitaro

Label Keunggulan EKOLOGI : Ebusco 3.0

Label Keunggulan SAFETY : Anadolu Isuzu Citivolt


KATEGORI COACH (GERBONG):

Pemenang umum yang meraih Grand Award Coach: Setra S 516 HDH

Juara Kedua: MAN Truck & Bus - Neoplan Tourliner L dan Van Hool T16 Astron

Label Keunggulan DESAIN : Yutong T15 E

Label Keunggulan KENYAMANAN: Setra S 516 HDH dan Van Hool T16 Astron (ex Aequo)

Label Keunggulan EKOLOGI : Yutong T15 E

Label Keunggulan SAFETY : Setra S 516 HDH


2. Digital Award

Untuk pertama kalinya, Busworld menyelenggarakan dan memberikan Digital Award yang diumumkan pada hari Rabu, 11 Oktober dalam Konferensi Solusi Mobilitas Digital. Marc Vanhoutte, ketua Busworld Awards menjelaskan,

“Saat ini, dunia bus dan coach tidak dapat bertahan tanpa semua solusi digital yang berkontribusi untuk menjaga keselamatan, efisiensi, dan operasional. Ini merupakan tambahan yang mutlak diperlukan pada Vehicle Awards yang sudah ada dan kami menerima banyak masukan positif mengenai hal ini. Sinyalnya jelas bahwa Busworld mengincar transformasi bus dan coach digital”.


Co-Chairman Thorsten Wagner, pemimpin redaksi majalah Jerman ‘Bus Blickpunkt’ menambahkan: “Digital adalah masa depan bus dan bus! Sungguh menarik apa yang terjadi di pasar dan kami senang menentukan pemenangnya bersama dengan semua anggota juri ahli yang berbeda.”


Penghargaan Digital tersebut dibagi menjadi empat kategori berbeda:

1. ‘Digital On-Board Comfort’ mencakup segalanya mulai dari sistem hiburan baru hingga Solusi Human Machine Interface (HMI), yang menjadikan pengalaman perjalanan bagi penumpang dan pengemudi lebih menyenangkan dan nyaman.


Pemenangnya adalah MAN Truck & Bus dan Digital Cockpit baru mereka dengan SmartSelect. Digital Cockpit baru dari MAN merupakan langkah jelas menuju masa depan HMI. Dengan pengoperasian 'SmartSelect' yang inovatif dan integrasi penuh platform listrik baru serta sistem ADAS terbaru, hal ini membantu pengemudi untuk berkonsentrasi pada pekerjaannya tanpa gangguan yang tidak relevan.

Nominasi lainnya adalah: Actia untuk 'solusi ACTiVi' dan Navaho Technologies untuk 'Sistem Transportasi Navaho' mereka.


2. ‘Keunggulan Operasional Digital’ sangat penting untuk mengelola armada seseorang dengan cara yang menggabungkan efisiensi dan keberlanjutan dengan telematika dan sistem lainnya, yang tidak dapat diabaikan saat ini dengan cara apa pun.


Pemenangnya adalah Iveco Bus dengan ‘IVECO ON Heavy Buses Digital Services’. Layanan Digital IVECO ON untuk Bus Berat memenuhi kebutuhan sebagian besar PTA dan PTO dalam hal pemeliharaan proaktif dan pengurangan waktu henti dengan KPI khusus dan tren yang tersedia dalam laporan online, serta diagnosis dan pemrograman jarak jauh. Perlindungan terhadap serangan siber adalah fokus lain dari sistem ini. Pengelolaan data multi-merek dengan sistem telematika 'Agnostic' dimungkinkan serta integrasi aplikasi pihak ketiga, yang merupakan alasan terbesar untuk memilih sistem telematika yang mencakup semua hal ini.

Nominasi lainnya adalah: TOTT UP untuk ‘GPS Training Partner’ dan ZF Group untuk SCALAR.


3. 'Pengemudi yang Ditingkatkan Secara Digital' adalah tentang kendaraan yang sebagian atau seluruhnya otonom serta semua sub-teknologi dan peralatan yang diperlukan agar dapat bekerja.


Pemenangnya adalah Karsan dengan e-ATAK otonom. OEM Turki mengembangkan dan memproduksi bus otonom produksi serial level 4 SAE pertama di dunia. Bersama dengan mitra terkenal ADASTEC, sebuah perusahaan perangkat lunak, Karsan mengembangkan dan mengimplementasikan perangkat lunak kendaraan otonom serta LIDAR dan sensor yang diterapkan di dalamnya bersama-sama. Midibus yang sepenuhnya terhomologasi telah beroperasi sejak tahun 2021 di AS dan sejak tahun 2022 di UE (Norwegia), yang menjadikannya sangat berharga dalam cara yang nyata. Ini bisa diuji coba di lokasi Busworld Eropa.


Nominasi lainnya adalah: Anadolu Isuzu untuk 'V2X'-System dan Daimler Buses untuk 'Active Drive Assist 2'.


4. Yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, kategori ‘Manajemen E-Mobility’ telah dimasukkan dalam penghargaan ini. Mobilitas elektronik modern bukan lagi tentang kendaraan saja, namun tentang keseluruhan sistem untuk mengoperasikan dan mengisi daya armada bus dengan cara yang menghemat waktu dan uang.


Pemenangnya adalah ChargePoint/TWAICE untuk 'Paket Kesehatan Baterai' mereka. ChargePoint dan TWAICE sebagai pemimpin di bidang keahliannya bekerja sama untuk menggabungkan kekuatan unik dan menghadirkan solusi analitik baterai pertama di dunia yang terintegrasi sempurna dalam perangkat lunak manajemen armada ke pasar, independen dari satu OEM.


TWAICE menghadirkan keahlian mereka dalam analisis baterai, memanfaatkan ChargePoints Data Hub, dan bersama-sama mengintegrasikannya ke dalam sistem ChargePoint untuk mendapatkan nilai pelanggan maksimum. Pendekatan menyeluruh dan OEM-agnostik terhadap topik fokus absolut dalam elektromobilitas dan keamanan baterai meyakinkan juri sepenuhnya.


Nominasi lainnya adalah: MAN Truck & Bus untuk perangkat lunak ‘eManager’ dan Rampini untuk sistem hidrogen ‘Hy4Drive’.


3. Inovasi 2023

Busworld Europe 2023 menyaksikan pameran inovasi yang menarik, dengan perusahaan-perusahaan bersaing untuk mendapatkan gelar bergengsi "Busworld Europe 2023 Innovation." Acara ini menampilkan proses dua langkah yang melibatkan juri Busworld Awards dan pengunjung, yang berpuncak pada pengakuan sepuluh inovasi luar biasa.


Pertama, juri Busworld Awards dengan hati-hati menentukan daftar pendek dari kumpulan peserta, mengakui inovasi yang paling menjanjikan dan inovatif di bidangnya. Proses seleksi awal ini memastikan bahwa hanya inovasi-inovasi paling penting yang maju ke babak berikutnya.


Pengenalan inovasi tahap kedua melibatkan partisipasi antusias pengunjung acara. Mereka berkesempatan untuk memberikan suara ‘ya’ atau ‘tidak’ di bilik peserta masing-masing. Pendekatan interaktif ini tidak hanya melibatkan peserta namun juga memberikan perspektif yang lebih luas mengenai inovasi apa yang benar-benar diterima oleh para pemangku kepentingan industri.


Setelah proses yang ketat ini, perusahaan-perusahaan berikut ini diakui sebagai inovator terbaik dan dianugerahi gelar terhormat "Inovasi Busworld Europe 2023":


- Lampu kombinasi DRL/DI/POS 3 in 1 oleh Superlee Corporation

- Heat Pump Athenia ENVI dengan R744 oleh Thermo King

- Heat Pump CO2 oleh Konvekta

- EcoBusRapidDesign oleh Ctrine Engineering

- Eleather oleh Generasi Phoenix

- I6s Hidrogen Efisien oleh Irizar

- Kaca JTSolar oleh Jaakko Tuote Oy

- Reflexcontrol oleh Saint Gobain

- ServoE oleh Bosch

- Twiliner Coach Seat dari Twiliner


Solusi inovatif ini mewakili industri bus dan gerbong terdepan, menawarkan kemungkinan baru dan menarik untuk masa depan transportasi.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Busworld

bottom of page