• Editor

Cari Aman Nikmati Perjalanan Saat Mudik Lebaran


Maksimal berkendara di perjalanan adalah 2 jam lalu beristirahat.

Sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia, dimana saat Idul Firi, kembali sejenak ke kampung halaman, yang dikenal dengan istilah mudik.


Banyak pilihan moda kendaraan yang digunakan masyarakat Indonesia untuk mudik Lebaran. Antara lain adalah menggunakan sepeda motor.


Dimas Satria Kelana Putra, Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), mencoba berbagi sedikit tips cari aman dan nyaman saat merayakan mudik Lebaran.

Bikin route plan untuk perjalanan mudik.

“Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan sepeda motor, agar perjalanan menjadi aman dan nyaman,” ujar Dimas, yakni :


1. Bikin route plan

Dikatakan Dimas, jadwal berangkat, dan penentuan rute perjalanan sangatlah perlu, agar berkendara lebih aman, dan nyaman.

“Pembuatan route plan itu sendiri terdiri dari jalan yang akan di lalui, lokasi pom bensin dan tempat istirahat terdekat,” jelasnya.


2. Periksa kondisi motor

Menjadi menu wajib, ketika akan melakukan perjalanan, cek dulu kondisi kendaraan. Seperti tekanan angin ban, dan kampas rem. “Sebaiknya cek kendaraan di AHASS terdekat,” promo Dimas.


3. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Demi mengurangi risiko cedera saat berkendara, selalu gunakan perlengkapan yang terdiri dari helm full face/open face, jaket lengan panjang, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

“Selain itu ada juga perlengkapan tambahan seperti jas hujan, kaca mata, masker, pelindung dada, siku dan lutut, serta kaos kaki. Oiya, perlengkapan ini juga berlaku buat boncengers ya,” lanjut Dimas.


4. Barang bawaan

Pastikan barang bawaan tidak melebihi 200kg (include berat badan kita). Agar mengendarainya lebih mudah, dan aman, serta jangan lupa untuk mengikat barang bawaan dengan aman.


6. Durasi berkendara

Perhatikan durasi lama berkendara. Lebih baik berkendara maksimum 2 jam. Setelah 2 jam, sebaiknya beristirahat di tempat istirahat yang tersedia di sepanjang rute perjalanan.

"Agar konsentrasi selama dijalan, jangan lupa makan, dan minum secukupnya. Agar konsentrasi dalam berkendara tetaplah terjaga," tutup Dimas.


Naskah: Wave

Foto: MPM for OTOPLUS-ONLINE