• Editor

Chopper Berjuluk Choppman Ini Usung Rangka Chopperland Presiden Jokowi

Traditional chopper garapan Smokebelt Garage Surabaya jawara Kaltaraautofest 2021.

OTOPLUS-ONLINE I Terdorong keinginan membangun traditional chopper yang cantik dan nyaman menempuh perjalanan jauh, Haris Fatchurohman dari Smokebelt Garage Surabaya menggunakan frame Chopperland bikinan Elders Garage dan Kick Ass Chopper yang sama dengan Chopper besutan RI 1 atau Presiden Jokowi.

"Chopper saya bangun dari awal dengan mengusung gaya traditional chopper dengan ciri khas ground clearance rendah untuk memudahkan handling dan manuver," buka Harris.

Ditambahkannya, meskipun hardtail (minus suspensi belakang), tapi dilengkapi spring seat atau jok dengan pegas di bawahnya untuk meredam getaran.


Baca juga: Ini Alasan Biker Suka Telinga Kelinci


Untuk pelek Haris menggunakan model invader ring 18 (belakang) dan 21 (depan) yang dibalut ban Avon England. Guna mengejar tampilan minimalis dan elegan, Harris nekat usung gaya brakeless atau minus rem di sektor depan.

"Selain itu, tangki juga dibuat agak masuk, mendekati mesin agar lebih padat," tunjuk Harris. Tak lupa sissybar dibuat panjang, untuk mengikat barang bawaan lebih banyak ketika turing.

Karena lebih mementingkan estetika dan kerapian pada detailnya, Harris tidak terlalu bernafsu membuat atau memasang komponen yang terlalu mencolok.

"Cukup saya berikan sentuhan elegan pada tiap detailnya, karena anggapan saya, tidak perlu menampilkan sesuatu yang rumit untuk menghasilkan karya yang enak dilihat. Terpenting adalah pemilihan bahan dan jaminan kekuatan karena semua part dibuat secara handmade," jelentreh Harris.

Perhatian khusus diberikan pada penempatan dan fungsi oil tank. "Itu karena saya menggunakan mesin Yamaha SR400 dengan sistem oil tank in and out. Jadi lebih saya perhatikan pada sirkulasi olinya, karena sekali lagi, selain cantik, motor ini juga dibuat untuk melibas perjalanan jauh," tekan Harris.

Ketika ditanya, apa yang paling menarik dari motor ini, Harris langsung menyebut finishing-nya. "Ada sentuhan tangan andal dari seniman custom culture, yaitu Mas Ido yang ada pada tangki. Untuk konsep gambar dibuat oleh sahabat saya, yang juga merangkap menjadi videografer," kata Harris.


Baca juga: Tes Ekstrem Keseimbangan Rangka Mini Bike ala WS Udek Oto


"Singkat cerita kami bertiga berpikir, bagaimana ada gambar yang menunjukan keberanian pada tangki, tapi tidak terlalu bernuansa mencekam," senyum Harris.

By the way, Harris bilang motor ini diberi julukan Choppman alias Chopper Paman. "Pemilik motor ini saya biasa panggil Paman Aping. Beliau tinggal di Kalimantan Utara, dan kemarin Choppman memenangkan juara 1 di Kaltaraautofest 2021," senyum Harris yang mengaku sudah melakukan 'quality control' pada motor bikinannya ini.


Baca juga: Haris 'The Surfer'


"Sudah lolos uji touring luar kota, sangat andal!" bisik Harris yang doyan melakukan aksi akrobatik di atas motor ini. Mmmm.... pasti dipakai surfing, kan?


Teks: Indramawan

Foto: Smokebelt Garage/Istimewa