top of page
  • Gambar penulisEditor

Di Balik Alasan IMI Kukuhkan Jokowi Sebagai Bapak Otomotif Indonesia

Bambang Soesatyo, Ketua Umum IMI bicara di depan peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI 2022 pada 18 Februari 2023.

OTOPLUS-ONLINE I Usai memimpin Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI 2022 yang diikuti 34 Ketua IMI dari seluruh Indonesia di Jakarta, pada 18 Februari 2023, Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengukuhkan Presiden Jokowi sebagai Bapak Otomotif Indonesia.


Ia mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Presiden Jokowi sebagai bentuk apresiasi atas segala perhatian dan dukungan penuh beliau pada kemajuan dunia otomotif Indonesia, melalui berbagai kebijakan serta dukungan fasilitas yang diberikan pemerintah.


"Termasuk dalam mendorong event otomotif dunia masuk ke Indonesia. Di antaranya Moto GP Mandalika, Formula E, dan event-event balap dunia lainnya," kata Bamsoet.



Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sebagai Bapak Otomotif Indonesia banyak berjasa membangkitkan dunia otomotif nasional melalui berbagai kejuaran dunia otomotif, yang kemudian telah menggerakkan ekonomi nasional di tengah kelesuan dampak pandemi Covid-19.


Promosi pariwisata yang mendunia, bangkitnya sektor UMKM, restoran, hotel dan hunian rakyat (home stay) melalui gagasan spektakulernya membangun Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok NTB.



Miliaran mata dunia dari 158 negara lebih tertuju ke Indonesia menyaksikan pertunjukan berbagai balap dunia, lewat ajang World Superbike (WSBK), MotoGP, MiniGP, MXGP, Formula-E, Rally Internasional, F1 Powerboat Seri Dunia 2023 di Toba.


Tahun depan sedang diperjuangkan hadirnya Le Mans Asia Series dan Formula-1 di Indonesia.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menambahkan, pada kesempatan ini juga diberikan IMI Awards kepada atlet olahraga otomotif berprestasi, baik pada tingkat nasional maupun internasional.


Selain didedikasikan pula bagi para tokoh yang peduli terhadap pengembangan dunia otomotif Indonesia, dengan title penghargaan antara lain Lifetime Achievement Award, Internasional Achievement Award (FIA, CIK, FIM) dan IMI Provinsi Terbaik.



"Nominator peraih penghargaan International Achievement antara lain pembalap Sean Gelael, Rifat Sungkar, Wahyu Aji Trilaksana, AM Fadly, Hervian Soejono dan Musa Rajekshah, Andi Farid, Ricardo Gelael, Veda Ega Pratama, Qarrar Firhand, serta Mario Aji,” urai Bamsoet.


Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, jumlah penghargaan IMI Awards yang diberikan kepada atlet otomotif berprestasi, serta tokoh yang peduli dan menaruh perhatian secara khusus pada dunia otomotif di Indonesia atau dunia sebanyak 259 Awards.



Diharapkan anugerah IMI Awards dapat memacu para atlet olahraga otomotif untuk mengukir prestasi yang lebih baik dalam kancah nasional maupun internasional.


"Ajang IMI Awards ini dapat menjadi momentum strategis untuk mendorong peran aktif dari segenap pemangku kepentingan pada dunia otomotif Indonesia. Khususnya dalam mengoptimalkan capaian prestasi olahraga otomotif Indonesia di kancah nasional maupun internasional," pungkas Bamsoet.


Teks dan Foto: Gani

Commenti


bottom of page