top of page
  • Gambar penulisEditor

FIA Tunjuk Jakarta Tuan Rumah Formula E Pada 4 Juni 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo mengapresiasi keputusan FIA tersebut.

Foto ilustrasi: Jakarta menjadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang (Foto: Instagram @fiaformulae)


OTOPLUS-ONLINE I Pertemuan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 lalu memutuskan Jakarta sebagai tuan rumah ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang.


Keputusan ini sekaligus meratifikasi kalendar balap kejuaraan dunia mobil listrik untuk musim ke-8 tahun 2021/2022.


Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keputusan FIA sebagai Federasi Internasional Otomotif yang mengatur penyelenggaraan balap mobil dunia tersebut.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyatakan IMI mengapresiasi keputusan FIA (Foto: Instagram @bambang.soesatyo)


"Penunjukan tersebut melengkapi agenda besar Indonesia menggelar kejuaran balap berkelas dunia di Lombok yang pada tahun 2022 juga dipercaya menjadi tuan rumah World Super Bike Champinship 19-21 November 2021, Mini GP Februari 2021 dan MotoGP 2022, tepatnya pada 20 Maret 2022, di Sirkuit Internasional Mandalika," ujar Bamsoet di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021 seperti dikutip dari akun instagram @bambang.soesatyo.


"Kebanggaan besar bagi Indonesia, keluarga besar IMI siap mensukseskan perhelatan internasional kedua kejuaraan bergengsi tersebut," lanjutnya.



Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo turut menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.


"Bahkan Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO," jelas Bamsoet.


"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari trend mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," lanjutnya.

Kalender balap ABB FIA Formula E 2022 (Foto: fiaformulae.com)


Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, penyelenggaraan Formula E juga sejalan dengan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Presiden Jokowi dalam mewujudkan Jakarta Langit Biru. Mewujudkan udara yang bersih bagi masyarakat.


Teks: Indramawan

bottom of page