• Editor

Fitur Turning Light Membuat Berkendara Malam Hari Jadi Lebih Aman

Fitur Turning Light secara otomatis akan mengaktifkan foglamp sesuai arah gerak kemudi.

Turning Light, fitur ini sangat membantu ketika melewati jalur berkelok


OTOPLUS-ONLINE I Buat sebagian orang, mengemudi di malam hari itu menyenangkan karena tidak panas. Kondisi jalan yang cenderung lebih lenggang, terutama di atas pukul 22.00 hingga dini hari membuat mengemudi jadi lebih rileks. Padahal, berkendara di malam hari butuh persiapan yang justru lebih, ketimbang berkendara di siang hari.


Secara biologis, pada dasarnya manusia tergolong mahluk yang hidup di siang hari (daytime), malam hari merupakan waktu untuk beristirahat. Mengemudi di malam hari berpotensi menjadi hidden killer bila kita tidak mengantisipasinya dengan tepat dan benar.


Baca juga: Bahaya Microsleep Saat Berkendara Motor dan Cara Menghindarinya


Contohnya, saat berpapasan dengan kendaraan yang mengaktifkan lampu jauh (high beam) di depannya, jika tidak terbiasa, pandangan pengemudi akan otomatis merespon negatif.


Seketika pandangan menjadi gelap dan kabur. Kondisi buta sementara akan mendera (blind temporary) pengemudi.


Baca juga: Daihatsu Ajak Sahabat untuk Defensif dalam Berkendara


Dibutuhkan waktu untuk mata kembali melihat normal. Jelas keadaan itu penuh risiko, terlebih ketika melewati jalanan yang minim penerangan.


Berkendara di malam hari, pengemudi dituntut selalu berkonsentrasi tinggi dan tetap di jalur yang aman. Kondisi fisik prima serta refleks gerak tubuh mesti dalam kondisi baik untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.


Baca juga: IMI Buat Buku dan Video Panduan Tata Cara Berkendara Motor Berkelompok


Saat berbelok di jalan yang minim penerangan juga harus lebih ekstra berhati-hati. Kondisi tepi jalan yang gelap dapat menipu mata, lubang jalan yang seharusnya dihindari justru terlibas.

Peugeot telah membekali 3008 dan 5008 SUV dengan lampu-lampu full LED yang terang dan fokus, serta fitur turning light


Akan sangat tertolong jika mobil sudah dibekali dengan turning light, sebuah fitur yang akan secara otomatis mengaktifkan foglamp sesuai dengan arah gerak kemudi. Fitur ini terdapat pada Peugeot 3008 dan 5008 SUV yang telah OTOPLUS-ONLINE coba beberapa waktu lalu.


Baca juga: Jajal Peugeot 3008 Allure Plus (1): SUV Pertama Peraih Gelar Car of The Year


Saat berbelok ke kanan, maka foglamp sisi kanan akan menyala. Begitu juga saat berbelok ke kiri, maka foglamp sisi kiri akan hidup, sehingga memberi penerangan yang lebih saat berbelok.


Selain itu lampu utama pada Peugeot 3008 dan 5008 SUV juga sudah menggunakan teknologi full LED Projector yang memberikan pencahayaan sangat terang dan fokus, tanpa menyilaukan kendaraan dari arah yang berlawanan.


Baca juga: Begini Rasanya Ngegas SUV 7-Seater Asal Perancis: New Peugeot 5008 SUV GT Line

OTOPLUS-ONLINE ketika mencoba fitur turning light pada Peugeot 3008


Jika terpaksa harus mengemudi pada kondisi malam hari, pengemudi wajib mempersiapkan beberapa hal.


Pertama, cukup beristirahat agar konsentrasi berkendara dalam kondisi fit dan tidak mengantuk. Kedua, selain kondisi kendaraan secara umum pastikan lampu-lampu terutama lampu utama baik low-beam maupun hi-beam berfungsi dengan normal.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Peugeot, Nugroho Sakri Yunarto