• Editor

Harga Honda GL1800 Gold Wing Terbaru Ini Hampir Menyamai New Civic Type R!

Honda GL1800 Gold Wing terbaru dipasarkan Rp1.147,5 Miliar sementara New Civic Type R Rp 1,177 Miliar. Pilih mana?

OTOPLUS-ONLINE I PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Honda GL1800 Gold Wing terbaru, dengan tetap mempertahankan konsep 'The Honda Premium Tourer'.


“Kami menghadirkan Honda GL1800 Gold Wing terbaru dengan penyempurnaan dari sisi fitur yang semakin canggih dan memberikan kenyamanan serta desain yang semakin mewah dan berkelas, sehingga semakin mengukuhkannya sebagai motor turing premium tertinggi dari Honda,” ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya seperti dikutip dari website resmi Astra Honda Motor.


Konsep ini memadukan kebebasan desain, fitur inovatif canggih yang mendukung kesenangan berkendara, dan juga performa tangguh untuk perjalanan jarak jauh.

Dari sisi desain, perubahan dapat terlihat dari bodi motor yang lebih panjang, namun tetap mempertahankan aerodinamika dan handling terbaik. Begitu informasi yang tertera pada website resmi Astra Honda Motor.


Secara dimensi, GL1800 Gold Wing terbaru ini memiliki panjang 2.615 mm, lebar 905 mm, dan tinggi 1.430 mm. Beda dengan spek 2020, dengan ukuran panjang 2.475 mm, lebar 925 mm, dan tinggi 1.340 mm.


Dari perbandingan ini tampak jika GL1800 Gold Wing terbaru ini memang lebih panjang dan tinggi, tapi lebih ramping.

Perubahan lain ada pada penggunaan kualitas material jok yang lebih baik, hingga menambahkan kesan mewah dan semakin berkelas, ditambah dengan pegangan penumpang yang lebih besar, memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih nyaman.


Honda GL1800 Gold Wing terbaru juga semakin disempurnakan dengan beragam fitur canggih sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna saat ini.


Konektivitas pada big bike premium Honda GL1800 Gold Wing kini dapat terkoneksi menggunakan Apple CarPlay dan juga Android Auto sehingga memberi kenyamanan optimal bagi penggunanya selama perjalanan.


Baca juga: Unboxing CBR1000RR-R Fireblade Seharga Rp 1,1 Miliar oleh Warga Surabaya


Tambahan fitur 2 slot USB juga memastikan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya gadget selama berkendara jarak jauh.


Kapasitas top box pada Honda GL1800 Gold Wing terbaru lebih besar 11 liter, sehingga kapasitas penyimpanan pada top box kini menjadi 61 liter.


Pengguna akan semakin nyaman menyimpan dua helm full face atau membawa barang lebih banyak saat berkendara jauh.


Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Seharga Setengah Miliar Ini Sudah Dipesan 6 Unit di Jawa Timur!


Sistem bagasi elektrik yang user-friendly dan canggih mendukung kenyamanan saat berkendara. Pada setiap sisinya juga terdapat tambahan bagasi dengan kapasitas masing-masing sebesar 30 liter untuk memberikan kenyamanan berkendara jarak jauh.

Keseluruhan box penyimpanan ini menggunakan tutup peredam berkualitas tinggi.


Model ini dilengkapi dengan Honda Smart Key System yang menunjang kenyamanan dan keamanan pengendara. Keseluruhan pencahayaan sudah menggunakan LED untuk mendukung performa turing model ini, melalui penggunaan rangkaian lampu depan yang berbentuk 'wing lines' dan lampu sein yang juga memiliki fitur auto-cancel untuk memudahkan pengendara.


Sistem Honda Smart Key dibutuhkan untuk dapat membuka kunci bagasi sehingga pengguna dapat mengakses bagasi secara lebih mudah serta dilengkapi sistem hidrolis yang memungkinkan proses membuka dan menutup bagasi menjadi lebih smooth.

Perjalanan menggunakan Honda GL1800 Gold Wing semakin menyenangkan ditemani fitur speaker terbaru yang menghasilkan kualitas suara yang lebih sempurna.


Kecanggihan versi terbaru dari Honda GL1800 Gold Wing ini juga ditopang dengan penyempurnaan pengaturan suspensi belakang untuk memastikan kenyamanan sempurna bagi pengendaranya.


Jika Honda GL1800 Gold Wing 2020 menggunakan suspensi belakang Pro Arm® single-side swingarm with Pro-Link® single shock; 4.1 inches of travel, maka untuk spek terbaru lebih canggih lagi.


Sudah menggunakan Pro Arm Single-Side Swingarm Sith Pro-Link Single Shock with Computer Controlled.

Maksudnya, konfigurasi suspensi belakang Pro-Link® ini memiliki reaksi progresif, dengan redaman suspensi serta preload yang diatur secara elektronik di model ini.

Dipadukan dengan suspensi depan model double-wishbone dengam peredam shock depan Showa.


Pada model terbaru ini juga dilengkapi dengan lampu kabut yang terletak di sisi depan mesin sehingga memberikan kesan yang mewah.

Honda GL1800 Gold Wing memiliki fitur canggih dan bergengsi sepeti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya.


Untuk memilih mode riding yang sesuai dengan kondisi perjalanan dapat dilakukan melalui tombol pilihannya terlihat di layar display berwarna sebesar 7 inchi yang mengagumkan.


Kecerahan layar display dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan.


Model ini juga dilengkapi dengan windscreen yang dapat diatur secara elektrik melalui tombol pada sisi kiri handle bar, sehingga memberikan perlindungan sempurna dari angin saat perjalanan.


Sistem pengereman menggunakan kaliper depan serta rotor yang besar yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik yang berfungsi untuk mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.


Dari segi performa, Honda GL1800 Gold Wing hadir dengan mesin tangguh 1833cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan menjadi ciri khasnya.


Masih memiliki spesifikasi yang sama dengan model 2020 dalam hal bore x stroke, dan rasio kompresi.


Mesin ini mampu menghasilkan maksimum power 900 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm.

Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.


Baca juga: Honda Segarkan Tampilan New Civic Type R untuk Pertama Kali, Dipasarkan Rp 1,177 Milyar


Honda GL1800 Gold Wing hadir dengan pilihan warna Candy Ardent Red dan dipasarkan secara eksklusif di 11 showroom Big Wing Honda di 9 kota besar di Indonesia dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp1.147.500.000. Hampir menyamai mobil sedan New Civic Type R terbaru seharga Rp1.177.000.000 Miliar!


Pilih mana coba?


Specification

Dimensions

Length x Width x Height: 2.615 x 905 x 1.430 mm Fuel Tank Capacity: 21 L Ground Clearance: 130 mm

Curb Weight: 390 kg Seat Height: 745 mm Wheelbase: 1.695 mm


Engine

Engine Type: Liquid-Cooled horizontally opposed six-cylinder Displacement: 1.833 cm Cooling System: liquid-Cooled Fuel Supply System: Fuel Injection (PGM-FI) Bore x Stroke: 73 x 73 mm Compression Ratio: 10,5 : 1

Max. Power: 900 kW / 5.500 rpm Max. Torque: 170 Nm / 4.500 rpm


Transmission: Seven-Speed Automatic DCT, Plus Reverse and Walking Mode Starting System: Electric

Clutch System: Wet, Multiple With Coil Springs Oil Capacity: 4,4 L (periodic exchange)


Frame

Frame Type: Diamond Twin Tube Type, Alumunium Front Tire Size: 130/70R-18 M/C 63H Rear Tire Size: 200/55R-16 M/C 77H


Front Brake Type: 320 x 4,5 mm Dual Hydrauilic Disc With 6-piston Calliper, Floating Rotors and Sintered Metal Pads Rear Brake Type: 316 x 11 mm Ventilated Disc With 3-Piston Calliper, and Sintered Metal Pads


Brake System: ABS


Front Suspension Type: Double Wishbone Rear Suspension Type: Pro Arm Single-Side Swingarm Sith Pro-Link Single Shock With Computer Controlled


Electrical

Ignition Type: Full Transisterized, Battery Battery: 12 V - 20 Ah (10h), MF-Wet Type Spark Plug Type: NGK CR6HSB-9 Headlight: Hi 14,2 W x 2 [LED], Low 22,8 W x 2 [LED] Security: Smart Key System


Teks: Indramawan

Foto: Astra Honda Motor