• Editor

Honda Segarkan Tampilan New Civic Type R untuk Pertama Kali, Dipasarkan Rp 1,177 Milyar

Pembaruan di bagian eksterior, interior, dan beberapa bagian lain untuk memperkuat DNA balap yang dibawanya.

OTOPLUS-ONLINE I Seakan tak memberi jeda buat lawan-lawannya, usai perkenalkan N7X Concept, Honda melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali merilis model terbaru dari Honda Civic Type R di Indonesia.


Meski merupakan penyegaran dari generasi sebelumnya, New Honda Civic Type R diakui HPM hadir mengusung tampilan kian sporty dan agresif. Didukung sejumlah perubahan pada sisi eksterior dan interiornya.


Sebagai informasi tambahan, ini kali pertama HPM memberi penyegaran pada Honda Civic Type R. Setelah model ini pertama kali meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2017.


Baca juga: Honda N7X Concept Kemungkinan Besar Diproduksi Massal di Indonesia


Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM dalam keterangan persnya mengatakan, Honda merupakan brand yang terlahir dari lintasan balapan dan Civic Type R merupakan mobil Honda yang terinspirasi dari mobil balap.


“Ini menjadi salah satu mobil istimewa kami, yang memiliki DNA balap kental. Dan menjadi mobil sport satu-satunya yang kami jual,” ujar Billy. HPM pun berharap, mobil ini dapat menjawab keinginan konsumen, akan sebuah mobil sport dengan performa optimal.


Baca juga: Warna Racing Blue Honda Civic Type R Ini Bakal Trend di Indonesia, Kenapa?


“Sekaligus memiliki kenyamanan, dalam menciptakan kesenangan berkendara. Tentunya dengan sokongan berbagai fitur dan pembaruan yang telah ditambahkan,” ucapnya.

Spoiler bodi pada New Honda Civic type R juga mengesankan kekuatan DNA balapnya


Civic Type R anyar mendapat beberapa pembaruan sisi eksterior. Mulai dari bumper depan dan belakang desain baru. Ban ukuran 20” Alloy Wheels, dilengkapi New Tire Pressure Monitoring System pada panel instrumen.

Panel instrumen menyampaikan pesan indikasi ban kekurangan tekanan angin

Untuk memonitor tekanan angin pada ban. Bila sistem mendeteksi tekanan ban mobil kurang dari standar, maka indikator peringatan di layar MID akan menyala.

Interior New Honda Civic type R, kental aroma balap


Pada lini interior, HPM sematkan New Wireless Charging pada bagian depan kabin. Memudahkan pengisian daya gadget, serta desain baru yang sporty pada Shift Knob. Untuk roda kemudi terdapat perubahan material baru, New Alcantara Wrapped Steering Wheel. Diklaim memberi ketebalan ideal, untuk daya genggam lebih baik.

Desain baru yang sporty pada Shift Knob


Terdapat pula tambahan New 2 Piece Disk Brake. Ketika bermanuver melibas tikungan, model ini sajikan pengereman optimal lewat dua keping rotor depan, yang sanggup menghasilkan pendinginan saat terjadi gesekan.


Adaptive Damper System pada New Honda Civic ini juga mendapat Re-setting. Artinya, memungkinkannya memiliki kualitas pengendaraan lebih sesuai. Membuat pengendara relatif nyaman, dengan peredaman lebih baik untuk semua mode.

Konfigurasi knalpot sesuaikan setting mesin 2.0 liter VTEC Turbo


Masih menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo. Dengan tenaga maksimal 310 PS/6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm/2.500 - 4.500 rpm, disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan yang telah disempurnakan Rev Match System. Memungkinkannya mempertahankan tenaga maksimum saat perpindahan gigi.

Tiga pilihan warna pada New Honda Civic Type R


Tersedia dalam 3 (tiga) pilihan warna; Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. Ditawarkan dengan harga Rp 1.177.000.000 on the road Jakarta.


Baca juga: Honda Kembangkan Mobil Pintar yang Bisa Menyetir Sendiri


Type R adalah varian sport legendaris Honda, terinspirasi dari mobil balap yang juga dapat digunakan di perkotaan. Pengembangan dari generasi ke-10, Honda Civic sejak lama kantongi reputasi baik dunia. Prestasi terakhirnya adalah pemegang rekor mobil penggerak roda depan tercepat, di Sirkuit Suzuka, Jepang, dengan Lap Time 2 menit 23.993 detik.


Teks: Setiawan AS

Foto: HPM