• Editor

Honda Jatim Optimis PCX 160 Lampaui Market Share Kompetitor Dalam 2-3 Bulan

"Setelah melihat penerimaan masyarakat terhadap PCX 160 yang baru, dengan tingkat inden cukup banyak, maka kami optimis dalam 2-3 bulan ke depan, kita bisa unggul..." (Abdy Ronotana - Marketing Sales & Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim).

OTOPLUS-ONLINE I Itulah optimisme yang disampaikan Abdy Ronotana, Marketing Sales & Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT, terkait dengan hadirnya All New Honda PCX 160 di area pemasaran mereka.

  • Suasana press conference All New PCX 160 (20/02/2021)

Lebih lanjut Abdy Ronotana mengatakan, sementara ini, pangsa pasar PCX lama (PCX 150) di Jatim masih sekitar 40 sekian persen. sehingga kalah dibanding kompetitor (Yamaha N-MAX 155, Red.).

  • Antusiasme konsumen dan awak media terhadap PCX 160 cukup tinggi

"Namun setelah melihat penerimaan masyarakat terhadap PCX 160 yang baru, dengan tingkat inden cukup banyak, maka kami optimis dalam 2-3 bulan ke depan, kita bisa unggul tipis. Itu karena PCX 160 punya beberapa keunggulan seperti kapasitas mesin lebih besar, harga bersaing, fitur lengkap, dan angka inden cukup tinggi, sehingga kami perkirakan sebentar lagi pasti unggul," yakin Abdy Ronotana.


Baca:


Optimisme juga turut disampaikan Suwito M. selaku Presiden Direktur PT MPM Honda Jatim. Dikatakannya, PCX 160 akan mendominasi market share di kategori skutik premium ini pada akhir tahun 2021, atau tahun depan.

  • Suwito M. (Presiden Direktur PT MPM Honda Jatim) optimis akhir tahun ini atau tahun depan, PCX 160 dominasi pasar

"Memang kita agak terlambat di kategori ini. Namun seperti biasa, pelan tapi pasti, seperti tipe-tipe yang lain, kita akan terus perbaiki, sehingga kami berharap, in the end, PCX 160 ini akan mengikuti tipe-tipe sepeda motor Honda yang lain untuk unggul dan dominan di pasaran," optimis Suwito sambil menambahkan, keyakinan ini didasarkannya pada animo masyarakat yang tinggi, meskipun harga PCX160 ini relatif mahal.

  • Abdy Ronotana selaku Marketing Sales & Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim

Kembali ke penuturan Abdy Ronotana, saat sesi tanya-jawab dengan media, MPM Honda Jatim menargetkan penjualan PCX 160 ini naik dari PCX lama.

  • Target penjualan 4.500 - 5.000 unit tiap bulan

"Kalau lihat pengalaman dari All New Scooopy yang baru launching lalu, ternyata penjualan actual-nya bisa naik hingga 40%, atau lebih tinggi dari harapan kami semula yang 30%. Dari sini. PCX ini kita katrol sedikit, kita naikkan target penjualannya dari 30% ke 40%, atau 4.500 - 5.000 unit tiap bulan," kata Abdy Ronotana sambil berharap, dari sini diharapkan kontribusi PCX ke angka penjualan secara total, naik dari 8% ke 10 - 12%.

  • PCX 160 dibekali berbagai fitur, di antaranya Honda Smart Key yang dilengkapi alarm dan answer back system, serta USB charger type A (sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya smartphone). Tersedia juga Honda Genuine Accessories, dan Apparel untuk tampil keren

Dan karena penerimaan masyarakat yang cukup tinggi, maka Abdy Ronotana menyarankan kepada konsumen yang tertarik untuk membeli PCX 160, untuk mengikuti program inden saja.

  • Dari kiri: Suwito M. (Presiden Direktur PT MPM Honda Jatim) bersama Dendy Sean (Direktur Marketing PT MPM Honda Jatim) pada press conference All New Honda PCX 160 (20/02/2021)

"Kami masih membuka inden untuk 1.800 unit. Sementara ini kita sudah distribusikan sekitar 1.200 unit. Karena itu mohon maaf, kita tidak display dulu PCX 160 ini untuk stok di dealer. Sebab kita harus dulukan dulu inden, supaya konsumen menunggu tidak terlalu lama," info Abdy Ronotana sambil menginfokan, warna favorit pilihan konsumen adalah hitam dan merah.


Virtual Launching & Pameran Virtual

Usai sesi perkenalan di hadapan awak media, MPM Honda Jatim melakukan sesi virtual launching skutik premium All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV. Motor produksi anak Bangsa ini resmi diperkenalkan pada gelaran All New Honda PCX Ultimate Excellence Virtual Launching yang disiarkan secara langsung melalui Instagram dan Facebook @mpmhondajatim (20/02) kemarin.

Selain itu juga dilakukan Pameran Virtual Honda yang dimulai tanggal 20 – 28 Februari 2021. Konsumen dapat mengakses di www.pameranvirtualhonda-jatim-ntt.com untuk melihat beragam type motor Honda yang dipamerkan secara virtual ini, dengan kesempatan mendapat hadiah spesial selama pameran berlangsung.


All New Honda PCX dipasarkan dengan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, dan Royal Matte Blue.


Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah. Sementara itu, untuk tipe e: HEV terdapat warna Horizon White, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa.

All New Honda PCX dipasarkan dengan harga on the road (OTR) Surabaya Rp 31.285.500 (tipe CBS), Rp 34.856.500 (tipe ABS), dan Rp 44.463.500 (tipe e:HEV).


Teks & Foto: Indramawan