• Editor

Honda New CB150X, Motor Sport Adventure Touring 150cc Pertama di Indonesia

Desain menyerupai Honda CB500X, harga jauh lebih murah!

OTOPLUS-ONLINE I Pada 19 Agustus 2021 lalu, Honda Motorcycle and Scooter India Pvt. Ltd. meluncurkan All-New CB200X, yang bisa dibilang merupakan versi 'lebih terjangkau' dari Honda CB500X.


Hal ini dilakukan Honda India untuk menjangkau generasi milenial di segmen motor kapasitas 180 - 200cc yang diminati di pasaran.


Langkah serupa rupanya juga ditempuh PT Astra Honda Motor (AHM). Pada tanggal 12 November 2021 hari ini, mereka memperkenalkan motor sport adventure touring 150cc yang diklaim pertama di Indonesia, yaitu New CB150X.


Baca juga: Honda CB200X Terinspirasi CB500X, Harga Jauh Lebih Murah!

Desain CB150X (atas) menyerupai CB500X (bawah)


Desainnya juga menyerupai CB500X. Tapi soal harga, jauh lebih terjangkau! Coba bandingkan, kalau CB500X ABS dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp192.124.000, maka New CB150X yang hadir dengan warna Volcano Matte Black, Glossy Red & Matte Green ini sudah mulai dapat dipesan di dealer Honda dengan kisaran harga hanya Rp32.000.000 - Rp 35.000.000.


Menurut Johannes Loman selaku Executive Vice President Director AHM, hadirnya New CB150X merupakan salah satu upaya AHM dalam menghadirkan pilihan berkendara yang semakin beragam.


Baca juga: Hasil Test Ride All New Honda CB150R Streetfire 2021 Pantas Sebagai Raja Jalanan


"Kami optimistis model terbaru ini mampu menghadirkan kesenangan ketika menjelajah, mewujudkan mimpi para pecinta sepeda motor sport adventure turing di Tanah Air," kata Johannes Loman dalam keterangan resminya.

Bodi bongsor menyerupai big bike


New CB150X hadir dengan desain adventure touring dan nuansa tampilan big bike, posisi berkendara yang nyaman, serta beragam fitur canggih yang mampu memberikan performa berkendara yang optimal.


Dibekali mesin 150cc DOHC berpendingin cairan, model ini menyuguhkan performa responsif dan sensasi ketangguhan berpetualang ketika berkendara sehari-hari ataupun turing jarak jauh.

Mengusung mesin 150cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan


New CB150X hadir dengan tampilan adventure touring dan nuansa tangguh yang terlihat dari desain bodi.

Kehadiran mesin 150cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan mampu menghadirkan performa berkendara yang powerful dan responsif, terutama pada putaran tengah pada kontur jalan berbatu.


Didukung dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI menjadikan model ini ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Windscreen berukuran tinggi


Memperkuat kesan outstanding adventure sport bike, model ini dibekali beragam fitur-fitur penunjang untuk pengguna seperti windscreen berukuran tinggi.

Full digital panel meter dengan tampilan layar besar


Untuk kemudahan berkendara, full digital panel meter hadir dengan tampilan layar besar berkesan tangguh mampu menampilkan berbagai informasi antara lain gear position, konsumsi bahan bakar rata-rata A & B, konsumsi bahan bakar instan, dan penunjuk waktu.

Dilengkapi tapered handlebar yang tinggi untuk kenyamanan


Penggunaan tapered handlebar dan posisi handlebar yang tinggi membuat pengendara semakin gagah dan nyaman ketika city riding ataupun turing jarak jauh dengan posisi tegak yang ergonomis.


Desain penutup tangki bahan bakar yang lebar serta front fender futuristic semakin memperkokoh tampilan model ini.

Sistem penerangan menggunakan All LED Lighting System


Bagian tata cahaya lampu bagian depan, belakang, dan lampu sein telah menggunakan teknologi All LED Lighting System yang modern, membuat tampilan pionir motor sport adventure turing 150cc ini semakin tangguh.

Inverted front suspension, dan wavy disc brake pada roda depan dan roda belakang


Penyematan inverted front suspension pada New CB150X sanggup meningkatkan kestabilan berkendara harian ataupun ketika jarak jauh, terutama saat melalui kondisi jalan rusak dan berbatu.


Suspensi baru tersebut membuat handling semakin lincah, menghadirkan kendali terbaik yang menjawab kebutuhan para pecinta motor sport petualang.

Undercowl bergaya adventure dengan ground clearance tinggi


Desain suspensi depan yang kokoh, undercowl bergaya adventure serta penyematan wavy disc brake pada roda depan dan roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya.


Baca juga: Komparasi All New CB150R StreetFire dengan CB150R Generasi Sebelumnya


Memiliki jarak terendah dengan tanah setinggi 180mm menjadikan New CB150X semakin gagah dan mudah melintasi jalanan di berbagai kondisi.


SPESIFIKASI

MESIN

Tipe Mesin: 4 Langkah, DOHC 4 Katup Volume Langkah: 149,16 cc Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI (Programmed Fuel Injection) Diameter x Langkah: 57,3 x 57,843 mm Tipe Transmisi: Manual, 6 Kecepatan

Perbandingan Kompresi: 11,3 : 1 Tipe Starter: Electric Tipe Kopling: Multiple Wet Clutch with Coil Spring Tipe Pendinginan: Liquid Cooled Pola Pengoperan Gigi: 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 Tipe Minyak Pelumas: Wet


RANGKA & KAKI-KAKI

Tipe Rangka: Diamond (Truss), Steel Tipe Suspensi Depan: Showa 37mm Inverted Telescopic, 150mm Stroke Tipe Suspensi Belakang: Lengan Ayun Dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link) Ukuran Ban Depan: 100/80-17M/C 52P, Tubeless Ukuran Ban Belakang: 130/70-17M/C 62P, Tubeless Tipe Rem Depan: Wavy Disc Brake Tipe Rem Belakang: Wavy Disc Brake


DIMENSI & BERAT

Panjang x Lebar x Tinggi: 2.031 x 796 x 1.309 mm Tinggi Tempat Duduk: 817 mm Jarak Sumbu Roda: 1,315 mm Jarak Terendah Ke Tanah: 181 mm Berat Kosong (Curb Weight): 139 kg


KAPASITAS

Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 12 Liter Kapasitas Minyak Pelumas: 1,1 Liter


KELISTRIKAN

Tipe Battery/Aki: MF-Wet 12V-5 Ah Sistem Pengapian: NGK MR9C09N atau DENSO U27EPR-N9 Tipe Busi: Full Transisterized


HARGA: Rp32.000.000 - Rp 35.000.000.


Teks: Indramawan

Foto: AHM