• Editor

Hyundai Resmi Luncurkan Staria Signature 7 dan Signature 9, Apa Bedanya?

Dengan selisih harga Rp132 juta antara Staria Signature 7 yang dibanderol Rp1.020.000.000, dan Staria Signature 9 yang dipasarkan Rp888.000.000, jadi menarik jika mengetahui perbedaannya.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah banyak dibicarakan dan dinantikan kehadirannya, akhirnya Hyundai Motors Indonesia secara resmi meluncurkan MPV mewah terbarunya, yakni Staria pada 20 Agustus 2021.


Namun demikian, pada peluncuran secara virtual yang ditayangkan di channel Youtube Hyundai Motors Indonesia ini, untuk pasar Indonesia, tidak semua varian Staria dihadirkan.


Dari dua opsi powertrain yang ditawarkan, yaitu mesin diesel VGT 2.2 liter, dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII, ternyata hanya pilihan pertama yang dihadirkan.

Mesin diesel tipe R 2.2 CRDi, empat silinder, 16 valves, HLA hadirkan tenaga maksimal 177 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimal sebesar 44 kg-m pada 1,500 - 2,500 rpm


Mesin Turbodiesel ini menghasilkan tenaga maksimum 177 PS pada 3.800 rpm, serta torsi maksimum 430 Nm pada 1500 - 2500 rpm.

8-speed Automatic Shift-by-wire


Transmisi otomatis 8 percepatan dengan teknologi shift by wire membuat perpindahan gigi halus dan efisiensi bahan bakar. Selain itu, Drive Mode memungkinkan memilih moda berkendara sesuai kepribadian.

Drive Mode (Eco, Comfort, Smart, Sport)


Selanjutnya untuk pasar Indonesia, hanya ada dua tipe yang ditawarkan. Pertama adalah Staria Signature 7 (atau 7-seater) yang cocok untuk pribadi aktif. Varian kedua adalah Staria Signature 9 (atau 9-seater) yang cocok digunakan untuk business person atau keluarga besar.

Smart Power Sliding Door akan mendeteksi keberadaan Anda untuk membuka sliding door secara otomatis selama memegang smart key


Padahal ada juga pilihan dari mulai varian 2-seater hingga 11-seater, sesuai dengan konsep Purpose Built Vehicle (PBV) yang diusung Staria.


Maksudnya adalah MPV dengan dimensi terbesar di kelasnya ini siap digunakan untuk keperluan apa saja bagi penggunanya.


Baca juga: Hyundai Luncurkan STARIA, MPV Premium Futuristik ke Indonesia Minggu Depan!


Dari mulai individu aktif yang bisa memilih Staria tipe 7-seater, atau keluarga besar yang cocok dengan tipe 9-seater, hingga keperluan usaha seperti yang disasar Staria tipe 2-seater dan 3-seater, yang menawarkan ruang kargo maksimum hampir setara 5.000 liter.

Jarak geser kursi belakang yang luas membantu ciptakan ruang bagasi ekstra yang mempermudah akses keluar masuk barang bawaan


Apapun kebutuhannya dengan lebar keseluruhan 1.997 mm, dan jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm, semuanya bisa terakomodasi.

Cukup dengan meletakkan smart key di saku, pintu belakang akan secara otomatis terbuka saat mendekat, dan menutup saat menjauh tanpa perlu menekan tombol apapun


Dengan panjang keseluruhan 5.253 mm, jarak antar sumbu roda atau wheel-base sepanjang 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm, semuanya bisa ditampung.


Itulah konsep Purpose Built Vehicle (PBV) yang diusung Staria ini.


Baca juga: New Alphard dan New Vellfire Makin Perkuat Pangsa Pasar Toyota di Segmen MPV Luxury


Kembali ke dua varian yang ditawarkan, dari pernyataan Makmur selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia tampak bahwa target market yang disasar adalah para profesional atau pelaku bisnis, dan keluarga aktif.


“Staria tersedia dalam dua tipe yang memenuhi kebutuhan profesional dan pelaku bisnis, serta cocok untuk keluarga aktif yang siap akan petualangan baru. Ke depannya, kami berharap STARIA dapat memberikan arti baru bagi mobilitas keluarga Indonesia serta para profesional dan pebisnis,” jelas Makmur.


Baca juga: All New Nissan Leaf Menjawab Keraguan Konsumen Terhadap Kendaraan Listrik


Mmm... apakah artinya ke depan bakal ada lagi varian yang dihadirkan?


Kita tunggu saja. Namun sementara ini yang menarik untuk dibahas adalah, apa yang menjadi pembeda antara Staria Signature 7 dan Staria Signature 9.


Baca juga: 5 Produk Toyota Gazoo Racing (GR) Sport Hadir di Indonesia


Dengan selisih harga Rp132 juta antara Staria Signature 7 yang dibanderol seharga Rp1.020.000.000, dan Staria Signature 9 yang dipasarkan dengan harga Rp888.000.000, perbedaan ada di bagian interior.


Tipe Signature 7

Tipe Signature 7 dilengkapi dengan 7 kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis dan digeser untuk kemudahan akses atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

Mode relaksasi sekali sentuh


Mode relaksasi sekali sentuh memungkinkan kursi untuk direbahkan ke posisi nyaman secara otomatis, membagi berat penumpang, dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis


Fitur penghangat dan pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level.

Heated seat (front & 2nd-row), dan ventilated seat (front & 2nd-row)


Kapasitas bagasi dapat menampung hingga 117 liter ketika semua kursi dalam posisi standar, tetapi dapat diperluas hingga 431 liter atau dapat membawa hingga lima tas golf dalam mode Luggage Utilization, yang berlaku saat menggeser kursi baris ketiga.


Selain itu, ruang kaki yang luas dari STARIA adalah salah satu yang terbaik di segmennya. Ruang kaki di Signature 7 adalah 1.027 mm di baris pertama, 1.400 mm di baris kedua, dan 1.256 mm di baris ketiga.


Tipe Signature 9

Untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Swiveling Independent Seat dapat diputar sampai dengan 180 derajat untuk kemudahan dan kenyamanan maksimal


Karena fungsinya ini, tipe Signature 9 juga dapat dioptimalkan untuk kendaraan perusahaan atau dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis di dalam mobil.

Bisa dijadikan tempat pertemuan


Keluarga juga akan merasa nyaman dengan kursi putar ini karena penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi di baris ketiga atau mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan kursi untuk anak.


Signature 9 juga memiliki kapasitas bagasi yang sama seperti Signature 7 ketika semua kursi dalam posisi standar, yaitu hingga 117 liter.


Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan 330i M Sport dan 320i Touring M Sport Dengan Ragam Upgrade


Namun, Signature 9 dua kali lebih luas dari model 7-seater ketika dalam mode Luggage Utilization, dengan kapasitas hingga 882 liter atau dapat membawa hingga 10 tas golf.


Mode ini berlaku saat menggeser kursi baris kedua dan ketiga, serta menggeser dan mengangkat bangku kursi baris keempat.


Baca juga: Veloz GR Limited Jadi Satu-Satunya Model GR Sport Karya Anak Bangsa


Selain itu, Signature 9 memiliki ruang kaki 1.027 mm di baris pertama, 1.025 mm di baris kedua, 886 mm di baris ketiga, dan 915 mm di baris keempat.


Perbedaan Lain

Jumlah ventilasi disesuaikan dengan jumlah kursi di setiap tipe. Tipe Signature 7 memiliki 4 ventilasi, dan Signature 9 memiliki 6 ventilasi.


Saat dibutuhkan, pengguna dapat mengisi daya gadget mereka selama perjalanan karena STARIA memiliki Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi.


Ada 5 port USB pada Signature 7, dan 7 port USB pada Signature 9.


Teks: Indramawan

Foto; Hyundai Indonesia