top of page
  • Gambar penulisEditor

Ini Kecanggihan All New BMW X1 Seharga Nyaris 1 Milyar

All New BMW X1 brkonsep desain Sport Activity Vehicle (SAV) ini dirakit lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara.

BMW X1 terbaru mengusung kode bodi U11.


OTOPLUS-ONLINE I Generasi ketiga BMW X1 dengan kode bodi U11 kini tampil dengan desain eksterior yang lebih tegas, berkarakter dan futuristik.


Interiornya didesain progresif yang sarat sentuhan modern serta penggunaan material berkualitas tinggi yang menggarisbawahi karakter premiumnya.


Sport Activity Vehicle (SAV) ini dirakit lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara. Berikut product highlight dari model yang dipasarkan dengan harga Rp 986.000.000 (OTR Surabaya) tersebut.


Desain perpaduan kokoh, sporty dan modern

Aura kokoh dari BMW X1 baru semakin terasa dengan efek yang luar biasa dari elemen desain khusus xLine, yang meliputi stylistic underride protection.


Secara visual, All-new X1 tampak lebih besar. Selain moncong depan yang tampak kokoh dan tegas dengan lampu depan LED ramping, BMW kidney grille berukuran besar dalam bentuk yang ‘hampir‘ persegi, dimensinya memang membengkak, panjang melar jadi 4.500 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.642 mm.

Tampak belakang super keren.


Garis-garis berbentuk X ke samping dan chrome strips yang eye-catching di lower air intake kian menegaskan desain barunya ini.

Pelek alloy 18 inci BMW Style 866. Untuk meningkatkan aspek kenyaman, ban tak lagi menggunakan tipe RFT (Run Flat Tire).


Kami sangat suka tampak belakang, terlihat modern dan futuristik. Garis bodi tajam dipadukan dengan bentuk 3-D taillight seperti di keluarga BMW terbaru lainnya. Kamu dapat memilih dari satu warna solid dan tujuh warna metalik untuk eksterior.


Suasana Interior Progresif & Kabin Serbaguna

Jok belakang bisa direbahkan dan dapat dilipat dengan komposisi 40:20:40.


The All-new X1 mengadopsi konsep posisi duduk yang ditinggikan dan suasana premium progresif yang dicontohkan BMW iX sehingga menciptakan pengalaman berkendara yang khas di dalam sebuah SAV kompak.


Beberapa elemen kunci kabin diredesain seperti panel instrumen yang kini terlihat ramping, diadopsinya BMW Curved Display, sandaran tangan "floating" dengan panel kontrol terintegrasi dan smartphone tray serta sistem penerangan tidak langsung di depan konsol tengah.

Kapasitas bagasi 540 liter, lebih besar 50 liter dari sebelumnya dan masih dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter dengan melipat jok belakang.


Jok dengan desain baru yang ergonomis dan suportif tersedia dengan upholstery Sensatec perforated sebagai standar.


Peningkatan juga merambah pada sistem akustik untuk kenyamanan perjalanan dan perlindungan penumpang lewat penerapan konsep keamanan pasif terintegrasi diantaranya interaksi baru airbag diantara jok depan.


Karakter premium semakin ditingkatkan dengan kehadiran panorama glass roof dan sistem audio 6 spiker.


Perpaduan Optimal Antara Kelincahan & Kenyamanan Berkendara

“Untuk meningkatkan efisiensi BBM, All-new BMW X1 mengadopsi mesin dengan siklus Atkinson,” ujar Axel Julio, Product Genius BMW.


All-new X1 memiliki wheelbase (jarak sumbu roda) lebih panjang dan wheel track (lebar sumbu roda) lebih lebar dari model pendahulunya. Suspensinya mendapatkan pengembangan dengan penggunaan single-joint spring strut axle di depan dan three-link axle di belakang.


BMW membenamkan beragam teknologi yang meningkatkan traksi dan stabilitas seperti Limited Slip Differential untuk membatasi selip roda, sistem pengereman terintegrasi, daya redaman pada axle depan.


Teknologi sasis all rounder yang kompak menghasilkan sasis yang sempurna dan keseimbangan yang harmonis antara handling yang sporty dan lincah namun tetap mengedepankan aspek kenyamanan pada pemakaian jarak jauh sehingga tetap memberikan pengalaman berkendara khas Sheer Driving Pleasure.


Di Indonesia, BMW X1 dihadirkan dalam varian sDrive18i xLine yang dibekali mesin 3 silinder 1.499 cc dengan BMW TwinPower Turbo technology, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing, Double-VANOS variable camshaft timing.

Getaran mesin 3 silinder ini diklaim berkurang signifikan.


Mesin ini punya basis yang sama dengan pendahulunya namun dengan technical update pada balancing shaft sehingga getaran yang dihasilkan lebih halus dan pengembangan lain sehingga membuat performanya meningkat.


Tenaga yang sebelumnya 138 DK kini menjadi 156 DK sementara torsi kini jadi 230 Nm dari sebelumnya yang 220 Nm.


Dipadukan transmisi dual clutch Steptronic dari Getrag yang menggerakkan roda depan All-new BMW X1 sDrive18i xLine dapat melesat 0-100 km/jam hanya dalam 9 detik.


Driving & Parking Assistant


All-new BMW X1 juga telah dilengkapi dengan teknologi Driving & Parking Asistant. Driving Assistant memiliki fitur Radar Based Driver Assistance System terdiri dari Lane Change Warning, Rear Crossing Traffic Warning with Brake Intervention, Exit Warning, Rear Collision Prevention, serta Driving Assistant Plus Preparation.


Parking Assistant kini termasuk Camera and Ultrasound-based Driver Assistance System terdiri dari Park Assist, Active Park Distance Control, Reversing Assistant, Lateral Parking Aid dan Reversing Assist Camera.


BMW Operating System 8 dan BMW iDrive baru

BMW Curved Display dengan driver display 10,25 inci dan control display 10,7 inci.


BMW iDrive akan memberikan pengalaman berkendara multi-sensory dalam bentuk BMW Live Cockpit Plus. Hadir dengan BMW Operating System 8, terdiri dari BMW Curved Display dengan grafis state-of-the-art-nya dan struktur menu bersama dengan BMW Intelligent Personal Assistant kini telah memperoleh keterampilan tambahan.


Layar full digital pengelompokan dibentuk oleh tampilan informasi 10,25 inci dan kontrol layar dengan diagonal layar 10,7 inci. BMW iDrive baru didesain dengan sengaja untuk memberikan sentuhan intuitif dan kontrol suara.

Tombol dan sakelar berkurang signifikan.


Digitalisasi interior berbasis luas memungkinkan jumlah fisik tombol, kontrol, dan sakelar berkurang secara signifikan.


My Modes yang baru menggabungkan pengaturan kendaraan yang dapat dipilih secara individual dengan pengalaman yang cocok untuk interior. Selain itu, fungsionalitas dan integrasi smartphone menggunakan Apple CarPlay dan Android Auto juga tersedia di All New BMW X1.


Baca juga:


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

コメント


bottom of page