top of page
  • Gambar penulisEditor

Ini Keunggulan All New Isuzu mu-X yang Lebih Murah dari Pajero Sport dan Fortuner

Isuzu mu-X tawarkan berbagai keunggulan sebagai mobil yang diciptakan tough to the end. Kita coba komparasi dengan Pajero Sport dan Fortuner.

Desain yang bold dan sporty berasal dari paduan headlamp baru berteknologi LED dan grill baru yang merepresentasikan 6 kontinen khas Isuzu.


OTOPLUS-ONLINE I Sejak meluncur di GIIAS 2022 silam, kiprah All New Isuzu mu-X tak mencuat. Padahal dibandingkan, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, mu-X juga menawarkan berbagai keunggulan di segmen SUV 4x4, seolah mobil ini diciptakan tough to the end alias akan bertahan selamanya. Apa saja keunggulan itu?


Kelebihan

Harga Paling Murah

Dari price list yang kami dapat dari PT Buana Perkasa Permai (Buana Isuzu) yang berlokasi di Jl. Ir. H. Soekarno 565 Surabaya, All New Isuzu mu-X AT 4x4 ditawarkan dengan harga Rp 606.150.000 (OTR Surabaya).


Harga itu jauh lebih murah dari Mitsubishi Pajer Sport Dakar Ultimate AT 4x4 (Rp 743.500.000) atau Toyota Fortuner 4x4 2.8 GR Sport AT (Rp 731.590.000)


Ground Clearance Tertinggi di Kelasnya

Ground clearance lebih tinggi dari Pajero maupun Fortuner dan sanggup libas genangan air sampai sedalam 80 cm.


Isuzu mu-X terbaru memiliki ground clearance sebesar 230 mm. Artinya mu-X lebih jenjang dibandingkan Pajero Sport yang 218 mm dan Fortuner (225 mm). Dengan ground clearance setinggi itu memungkinkan mu-X melibas genangan air sampai sedalam 80 cm.

Ban berukuran 255/65R17.


Menakjubkannya lagi, All New Isuzu D-Max dilengkapi dengan radiator dan intercooler protection di belakang grill serta under body protection dari bagian depan hingga belakang, sehingga Anda dapat merasa lebih percaya diri ketika berkendara di medan apa pun.


Kabin Lega

Interiornya mengedepankan durabilitas bukan kemewahan.


Jika dibandingkan Fortuner atau Pajero Sport, kabin All New Isuzu mu-X terasa paling lega. Kabinnya dirancang mampu memberikan ruang gerak lebih leluasa di area sekitar kepala dan kaki.

Ruang kaki di baris kedua sangat lega.


Selain itu kabin mu-X juga didesain dengan mengacu pada Emotive Interior Styling dimana semua tata letaknya telah disesuaikan dengan bagian mana yang paling sering disentuh oleh tangan kita. Hal itu membuatnya terasa nyaman dikendarai.

Dengan posisi jok baris ketiga difungsikan, bagasi masih cukup dijejali 3 galon air mineral.

Masih tersedia kompartemen tersembunyi di bawah lantai bagasi

Lipat jok baris kedua dan ketiga maka akan tersedia ruang bagasi yang sangat lapang

Tempat penyimpanan tersebar di sekitar dasbor

Penumpang berpostur 160 cm masih leluasa duduk di bangku baris ketiga


Bagian interiornya juga memberikan Anda keleluasaan untuk membawa berbagai barang untuk kebutuhan perjalanan, kita bahkan dapat menyimpan botol air ukuran 1,5 liter di placeholder setiap pintu.


Fitur Keamanan

Diameter lingkar kemudinya lebih kecil dan telah dilengkapi dengan pengaturan tilt & telescopic steering.


Seperti SUV 4x4 lain, fitur ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist) & HDC (Hill Decent Control) merupakan standar. Isuzu membekali mu-X dengan diameter disk brake lebih besar.


Bahkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur System Crash Door Unlock yang siap membuka kunci secara otomatis saat terjadi kecelakaan.


Isuzu juga menambahkan dua fitur keamanan yaitu Emergency Stop Lamp dan Follow Me Home.


Mesin Generasi Terbaru

Mesin 1.9 liter bertenaga 148 DK dengan torsi 350 Nm.


All New Isuzu mu-X menggunakan mesin diesel commonrail generasi terbaru berkode RZ4E-TC berkapasitas bersih 1.898 cc yang disuntik teknologi electric control VGS turbo charger.


Sehingga walau kapasitasnya hanya 1.9 liter namun tenaga yang dihasilkan sebesar 150 PS (148 DK) dengan torsi 35,7 kg.m atau 350 Nm dan memenuhi standar emisi Euro 4.

All New Isuzu mu-X dilengkapi mode 4H dan 4L dengan Rough Terrain Mode.


Saat kami coba di area sekitar showroom Buana Isuzu getaran mesin cukup halus meski suara khas mesin diesel masih terdengar masuk ke kabin.


Mesinnya juga terasa responsif pada putaran bawah. Untuk mendukung kemampuan jelajahnya, mu-X dibekali dengan tangki berkapasitas 80 liter.


Kekurangan

Pilihan Warna

Isuzu Astra Motor Indonesia hanya menyediakan satu varian dengan dua pilihan warna buat All New Isuzu mu-X, Black Mica dan Splash White.


Minim Fitur

Untuk mobil seharga Rp600 juta, tombol kontrol kurang mahal.


Fitur yang tertanam didominasi fitur keamanan berkendara seperti kamera mundur, parking sensor, electric parking brake, dan auto hold sementara fitur kenyamanan minim khas mobil proyek.


Amati saja tombol-tombol di konsol tengah yang mayoritas nganggur. Setirnya pun sepi dari switch control seperti tombol pengatur volume dan cruise control.

Head unit touchscreen 7 inci dengan konektivitas ke smartphone


Salah satu fitur kenyamanan yang mencolok adalah head unit 7 inci, walau produk aftermarket setidaknya memiliki konektivitas smartphone lewat Android Auto atau Apple Carplay.


Kualitas Interior & Eksterior

Instrument meter masih analog.


Memperhatikan detail eksterior dan interior nampak basic banget, kami jadi maklum mengapa selisih harga dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner sampai 125 juta lebih.


Eksteriornya tampil apa adanya tanpa sentuhan kemewahan seperti tampak pada spion yang dibiarkan polos seperti bawaan lahir atau penambahan aksesori seperti over fender, side body moulding atau roof rail.

Outlet air vent belakang menyatu dengan plafon


Di interior, panel sisi atas konsol box yang umumnya dilapis panel black glossy atau kayu tampil polos. Begitu juga arm rest di doortrim begitu juga tuas sein, tuas wiper dan tombol-tombol power window.


Baca juga:


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto



bottom of page