top of page
  • Gambar penulisEditor

Jelang Pilkada, Jumlah Peserta Surabaya Printing Expo 2024 Membludak!


Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 akan berlangsung 11 – 14 Juli di Grand City Convex Hall Surabaya.

Semua kebutuhan alat peraga kampanye Pilkada maupun kebutuhan UMKM ada di sini.


OTOPLUS-ONLINE I Krista Exhibitions sebagai penyelenggara pameran bertaraf international akan kembali menggelar Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 11 – 14 Juli mendatang di Grand City Convex Hall Surabaya.


Pada konferensi pers yang digelar Senin, 8 Juli 2024 hari ini, Daud D. Salim selaku CEO Krista Exhibitions mengungkapkan optimismenya akan kesuksesan pameran di bidang mesin-mesin percetakan ini, yang kini telah memasuki tahun ke-17 dalam penyelenggaraannya.


Daud D. Salim, CEO Krista Exhibitions.


“Gelaran pameran Surabaya Printing Expo tahun ini meningkat 20 persen sebelumnya, baik dari segi jumlah maupun teknologi printing yang dihadirkan,” ujar Daud D. Salim.


Ia melanjutkan kenaikan jumlah peserta pameran sebanyak 20 persen dibanding tahun 2023 lalu ini membuat seluruh ruangan Grand City Convex Hall Surabaya terisi penuh, sehingga opening ceremony nanti akan digelar di tempat terpisah, yakni di lantai atas.


Terkait dengan membludaknya jumlah peserta Surabaya Printing Expo 2024 ini, Iwan Dhamar S. selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Grafika (PPG) Jawa Timur mengatakan karena terkait Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah.


Iwan Dhamar S. Ketua DPD Persatuan Perusahaan Grafika (PPG) Jawa Timur (paling kiri).


"Pilkada ini rejekinya percetakan karena semua kebutuhan alat peraga kampanye ada di sini. Semua mesinnya ada di sini mulai poster, stiker, kaos, banner, semua mesinnya ada di sini, dan hal ini ditangkap oleh pelaku usaha yakni para supplier mesin percetakan ini,” kata Iwan Dhamar.


Ia menambahkan, kalau sebelumnya kebutuhan alat peraga kampanye ini didominasi perusahaan besar karena momennya adalah Pilpres atau Pemilihan Presiden, tapi kali ini lebih merata.


“Sebab tiap daerah pasti ada calon yang ikut Pilkada, sehingga luar biasa besar pasarnya dan lebih merata,” kata Iwan Dhamar.


Selain itu, Iwan Dhamar juga mengungkapkan, saat ini UMKM tumbuh sangat pesat, dan hal ini juga tak luput dari perhatian para supplier mesin.


“Kalau dulu kita melihat di Surabaya Printing Expo ini mesin-mesin besar dengan harga sangat mahal yang banyak dipamerkan, tapi beberapa tahun belakangan ini beda. Justru mesin-mesin untuk kebutuhan UMKM yang lebih banyak dipamerkan,” ujar Iwan Dhamar.


Menurutnya, hal ini jugalah yang membuat peserta pameran Surabaya Printing Expo ini membludak.


Suasana konferensi pers yang digelar Senin, 8 Juli 2024.


“Banyak peserta pameran yang merasakan manfaat ikut pameran ini, sehingga tahun ini ikut lagi,” tutur Iwan Dhamar.


Surabaya Printing Expo 2024 melibatkan 250 perusahaan sebagai peserta, yang mana 10 perusahaan di antaranya merupakan UMKM.


“Dan kami optimis dapat mendatangkan 15.000 pengunjung selama 4 hari pameran, yang merupakan para pelaku bisnis di industri percetakan,” semangat Daud D. Salim.


Sebagai informasi, Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 akan memamerkan segala jenis teknologi percetakan terkini, mulai dari skala kecil, menengah, dan besar dengan berbagai teknologi percetakan, seperti cetak digital, cetak sablon, cetak offset, cetak garment, cetak tekstil, mesin cutting, mesin finishing, cetak 3D, label, dan tinta.


Bukan itu saja. Berbagai acara dan seminar menarik pun akan meramaikan 4 hari pameran ini seperti Workshop dan Seminar menarik dari Asosiasi PPGI dengan tema "Workshop Packaging & Branding UMKM" dan "Trend Inovasi dan Bisnis Desain dalam Industri Cetak."


Selain itu ada seminar dari Media Print Pack Magazine dengan tema "AI dan Bisnis Percetakan di Indonesia, Tren dan Solusinya."


Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 ini terbuka untuk pelaku bisnis dan masyarakat umum mulai pukul 10.00 hingga 19.00.


Para pengunjung dapat melakukan registrasi online di link https://register.kristaonline.com/visitor/surabayaprintingexpo atau registrasi langsung di lokasi pameran.


Teks: Indramawan

Foto: Krista Exhibition,Indramawan

Comments


bottom of page