• Editor

Kalau Oli Hitam Bukan Berarti Harus Ganti, Terus Apa Ciri Oli yang Waktunya Diganti?

Ketika warna oli masih ada beningnya, artinya oli masih bagus dan bisa dipakai. Beda jika warnanya benar-benar hitam pekat, bahkan saat diletakan di kuku, artinya sudah waktunya ganti dengan oli baru.

Melakukan servis kendaraan secara rutin dan ganti oli teratur di bengkel resmi jadi cara paling mudah untuk menjaga motor tetap prima


OTOPLUS-ONLINE I Hadirnya aplikasi Y-connect sangat memudahkan konsumen Yamaha, khususnya pengguna All New NMAX Connected ABS.


Selain bisa terkoneksi dengan motor lewat bluetooth di smartphone miliknya, sehingga konsumen bisa menerima notifikasi pesan, dan telpon masuk di dashboard motor, Y-Connect juga dapat memberitahu lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan, konsumsi BBM dan notifikasi jika ada kesalahan pada motor.


Baca juga: Tips Perawatan Motor Agar Terhindar dari Kerusakan


Dari sini konsumen bisa memanfaatkan aplikasi Y-connect sebagai pengingat, kapan waktunya ganti oli. Tahu sendiri kan, seringkali kita lupa kapan waktunya ganti oli. Padahal oli sangat penting dalam menentukan keawetan mesin.


Tapi jangan khawatir, bagi konsumen yang tidak memiliki aplikasi Y-connect sebagai pengingat oli secara instan, PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim kali ini ingin memberikan informasi bagaimana ciri-ciri oli yang harus diganti, dan belum waktunya diganti.


Baca juga: Rutin Service Motor Bareng Yamaha Jatim Banyak Untungnya, Rek!


Dwi Suwanto selaku instruktur servis Yamaha Jatim mengatakan, “Kami merekomendasikan penggantian oli kalau sudah lebih dari sebulan, atau sudah mencapai maksimal 3.000 Km. Tapi kalau semisal kita lupa, kita bisa cek sendiri dengan menilai kualitas oli. Oli yang berwarna hitam itu belum tentu harus diganti,” jelasnya.

Warna bening menunjukkan oli masih bagus


Menurut Dwi, oli menghitam memang menjadi efek dari perubahan warna cairan yang disebabkan oleh perubahan suhu panas pada mesin sehingga meskipun masih satu minggu warnanya sudah menghitam bukan berarti olinya sudah tidak bisa di pakai.

Apabila masih ada warna bening di luar cairan hitam, artinya oli masih bisa dipakai


“Cara mengetahui oli yang masih bisa dipakai ya harus dilihat, bisa pakai kuku gampangnya. Apabila masih ada warna bening di luar cairan hitam, artinya oli masih bisa dipakai. Kecuali oli menjadi hitam pekat dan tidak meninggalkan minyak sedikit pun.” ujarnya sambil berpesan untuk tetap menggunakan produk pelumas orisinal dan melakukan servis kendaraan secara rutin.

Warna oli berubah menjadi hitam pekat dan tidak meninggalkan minyak sedikit pun jadi tanda waktunya diganti


Oli memang menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Pemilihan oli yang tetap juga menjadi pengaruh berapa lama oli dapat melumasi mesin dengan maksimal. Jadi, bagi pemilik motor Yamaha, sangat direkomendasikan untuk konsultasi dengan teknisi resmi Yamaha, tipe oli apa yang sesuai dengan motor konsumen.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha Jatim