• Editor

Kelebihan All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS, Varian Tertinggi dari Generasi Kedua

All New Honda HR-V 1.5 Turbo RS dipasarkan Rp144.000.000 lebih mahal, lantas apa yang menjadi kelebihannya?

OTOPLUS-ONLINE I PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia menghadirkan All New Honda HR-V 1.5L pada 23 Maret 2022 lalu. Menariknya, untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda HR-V generasi kedua ini menghadirkan varian RS.


Dari empat varian yang ditawarkan ini, bisa dibilang varian RS menempati kasta tertinggi dibanding varian S, E, maupun SE. Kita ulas saja apa yang jadi keistimewaan All New Honda HR-V varian RS ini dibanding saudaranya yang lain.

Pertama tentu soal dapur pacu. All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS ini mengusung mesin 1.5L VTEC TURBO yang menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.


Coba kita bandingkan dengan All New Honda HR-V varian lainnya yang mengusung Mesin 1.5L DOHC i-VTEC, yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm, dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Dari perbandingan ini langsung tampak keunggulan All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS ini. Itu pun masih ditambah dengan 3 pilihan driving mode atau moda berkendara, yaitu Sport, Normal dan Econ, untuk semakin menambah sensasi berkendara.

Kini beralih ke bagian eksterior. All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo hadir dengan tampilan yang semakin sporty dengan Aero Kit RS yang stylish dan aksen garis merah pada bumper bawah sesuai dengan konsep desain 'Amp up your life' yang memperkuat karakter penggunanya dan Dual Exhaust Pipe Finisher.

Di bagian interior, kabin All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga semakin sporty dengan dominasi warna hitam, jok kulit dan aksen merah serta Door Upper Soft Pad.

Selain itu All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga dilengkapi dengan 4 Speakers & 2 Tweeters, 6 Airbags dan Hands-Free Power Tailgate + Walk-Away Close serta 7” Interactive TFT Meter Cluster.


Baca juga: All New Honda BR-V Generasi Kedua Hadir dengan Desain Baru dan Fitur Canggih Honda SENSING


Teknologi keselamatan canggih Honda SENSING juga disematkan pada semua varian All New Honda HR-V.

Honda SENSING adalah serangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.


Teknologi Honda SENSING pada All New Honda HR-V meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed ​​Follow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Teknologi Honda SENSING sebelumnya juga telah diterapkan pada model-model seperti Honda Odyssey, Honda Accord, All New Honda Civic RS, Honda CR-V dan All New Honda BR-V.

All New Honda HR-V juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan standar tinggi lainnya, seperti Honda LaneWatchTM, 4 Airbags, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder untuk setiap baris kursi.


Pada generasi terbaru ini, All New Honda HR-V hadir dengan warna unik sesuai karakteristik penggunanya. Sand Khaki Pearl sebagai warna baru dan beberapa warna lainnya seperti Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic dan Platinum White Pearl.


Baca juga: All New Honda City 2021 Generasi Kelima: Spesifikasi, Fitur, dan Teknologi


Berikut ini daftar harga All New Honda HR-V dengan OTR Jabodetabek untuk pembelian mobil pertama dan mengikuti ketentuan pajak yang berlaku:


  • All New Honda HR-V 1.5L S CVT: Rp355,9 Juta

  • All New Honda HR-V 1.5L E CVT: Rp379,9 Juta

  • All New Honda HR-V 1.5L SE CVT: Rp399,9 Juta

  • All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS: Rp499,9 Juta


Teks: Indramawan

Foto: Honda Indonesia