top of page
  • Editor

Keuntungan Servis Kendaraan di Asri OtoXpert Tropodo Dibanding Bengkel Resmi atau Umum

Selain menerima servis dan perawatan kendaraan semua merek, Asri OtoXpert Tropodo juga lebih murah, cepat dan spare parts terjamin.

Grand Opening Asri OtoXpert Tropodo pada Selasa, 17 Januari 2023 hari ini.


OTOPLUS-ONLINE I OtoXpert adalah project terbaru dari Toyota Astra Motor (TAM) berupa jaringan bengkel yang terbuka bagi semua merek kendaraan.


Menurut keterangan Segaryanto Tejo selaku Direktur Asri Motor, sebuah dealer Toyota di kota Sidoarjo, saat ini total sudah ada 15 bengkel OtoXpert yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.


"Kalau untuk Jawa Timur saat ini sudah ada dua bengkel OtoXpert. Yang pertama ada di kawasan Dukuh Kupang, Surabaya. Disusul yang kedua ada di Tropodo, Sidoarjo dan kebetulan ada di bawah naungan kami, Asri Motor," jelas Segaryanto Tejo di sela Grand Opening Asri OtoXpert Tropodo pada Selasa, 17 Januari 2023 hari ini.

Asri OtoXpert Tropodo berlokasi di Ruko Sentra Tropodo, Jl. Raya Tropodo 115 (Blok AI No. 23, 25-26), Sidoarjo


Segaryanto Tejo menambahkan, bagi Asri Motor, OtoXpert Tropodo yang berlokasi di Ruko Sentra Tropodo, Jl. Raya Tropodo 115 (Blok AI No. 23, 25-26), Sidoarjo ini adalah jaringan yang pertama.


Baca juga: Terungkap Strategi Toyota Buka Outlet GAZOO Racing Zone di Dealer Resmi


Terkait merek kendaraan yang ditangani oleh OtoXpert ini, Segaryanto Tejo menjelaskan bahwa bengkel ini terbuka bagi all brands.

Menerima quick service untuk semua merek


"Namun yang perlu diketahui, bahwa OtoXpert hanya menangani quick service. Jadi lebih ke arah servis berkala, pemeriksaan aki atau rem, ganti oli, ban, shockbreaker dan spare parts lain, hingga balancing. Tapi untuk servis berat seperti turun mesin, kami tidak menerima. Termasuk servis atau pergantian parts di masa garansi, kami juga tidak menerima," jelas Segaryanto Tejo.


Lantas, apa keuntungan konsumen untuk servis kendaraan di OtoXpert ini jika dibanding di bengkel resmi?


Baca juga: All New Kijang Innova Zenix Usung Kelebihan Toyota Hybrid System Generasi Ke-5 dan TNGA


Segaryanto Tejo menjawab, "Yang pertama, cepat! Target kami dalam 1 jam harus selesai. Bahkan kalau hanya untuk ganti oli bisa cepat lagi. Juga kalau sudah booking, juga bisa lebih cepat."

Satu jam harus selesai bahkan lebih cepat lagi dengan booking. Juga lebih murah dibanding bengkel resmi


Berikutnya adalah lebih murah dibanding bengkel resmi. "Gambarannya, kalau misal servis di bengkel resmi mungkin bisa kena di atas Rp1 juta, tapi kalau di OtoXpert ini cuma sekitar Rp600-700 ribu," jelas Segaryanto Tejo.


Tentu ada alasan logis di balik murahnya servis di bengkel OtoXpert ini ketimbang di bengkel resmi.


Baca juga: Driving Experience All New Toyota Veloz: Lebih Percaya Diri Bermanuver Pada Kecepatan Tinggi


"Sebab di sini kami hanya menangani pengerjaan servis yang pokok-pokok saja, dengan tetap mengedepankan safety. Juga fasilitas, terus terang kami masih di bawah bengkel authorized. Kami tidak ada fasilitas cuci, misalnya. Terus kami tidak ada servis plus. Nah, menu plus-plus ini yang kami pangkas, sehingga tinggal menu pokok saja. Dari sinilah kami bisa lebih murah," jelentreh Segaryanto Tejo.


Meski fasilitas masih di bawah bengkel resmi, namun untuk hal-hal penting lain, OtoXpert ini tidak kalah sama bengkel resmi.

Ketersediaan fast moving parts terjamin keasliannya


Misalnya, jaringan bengkel OtoXpert ini sudah terhubung online. Jadi ketika akan servis ke jaringan bengkel OtoXpert lain, maka ada riwayat perbaikan atau perawatan kendaraan berdasarkan data base yang ada.


Baca juga: Top Speed Toyota Raize Mentok 160 Km/Jam!


"Selain itu kami juga ada free pick-up untuk radius 2 km. Jadi kendaraan akan kami ambil dari rumah untuk dibawa kemari," lanjut Segaryanto Tejo.


Soal teknisi, tidak usah diragukan lagi. Menurut Segaryanto Tejo, pada dasarnya teknisi OtoXpert sudah mendapatkan training, bagaimana menangani mobil semua merek secara in-general. Malah teknisi OtoXpert sudah mendapatkan pelatihan bagaimana menangani mobil hybrid.

"Termasuk juga mobil Eropa. Tapi spare parts khusus mobil Eropa kami tidak ready. Tapi dalam waktu 2 jam bisa kami siapkan karena kami sudah survey sentra-sentra spare parts semua merek," imbuhnya.


Baca juga: Langsung Terbayang Kalau All New Toyota Corolla Cross 1.8 A/T Ini Fun To Drive!


Oke, sekarang apa keuntungan konsumen untuk servis kendaraan di OtoXpert jika dibanding di bengkel umum?


Segaryanto Tejo kembali menjelaskan, kelebihan servis kendaraan di OtoXpert jika dibanding di bengkel umum ada pada ketersediaan fast moving parts yang terjamin keasliannya.


Baca juga: Inden Innova Zenix Hybrid Kelamaan? Almaz Hybrid Ready Stock Bisa Jadi Pilihan


"Sebab semua vendor kami disuplainya dari Toyota Astra Motor (TAM). Jadi ada garansinya. Juga teknisi kami telah mendapatkan sertifikasi dari TAM. Jadi skill mereka sudah sangat qualified," tutup Segaryanto Tejo.


Teks dan Foto: Indramawan

bottom of page