top of page
  • Gambar penulisEditor

Komunitas MOMISU Resmi Hadir di Surabaya dengan Semboyan: Gak Mini Gak Asik!

Deklarasi Motor Mini Surabaya (MOMISU) dilakukan 24 Juni 2022 di Cafe Viaduct Gubeng, Jalan Nias, No. 110 Surabaya.

OTOPLUS-ONLINE I Komunitas yang mewadahi penggemar motor mini di Surabaya akhirnya resmi terbentuk pada 24 Juni 2022 lalu.

Rumah Padat Karya Viaduct Gubeng milik Pemkot Surabaya di Jalan Nias, No. 110


Pembentukan ini dilakukan melalui acara kopi darat atau kopdar akbar yang digelar di Cafe Viaduct, yang merupakan salah satu unit usaha dari Rumah Padat Karya Viaduct Gubeng milik Pemkot Surabaya, yang berada di Jalan Nias, No. 110.

Acara kopdar sambil membahas pembentukan pengurus baru


Adapun nama komunitas ini telah disepakati adalah MOMISU, yang merupakan kependekan dari Motor Mini Surabaya.

Turut dihadiri keluarga para member MOMISU


Menurut Iwan IWS sebagai humas, sejatinya komunitas motor mini Surabaya ini sudah terbentuk pada 23 Juni 2021 lalu.



"Pada waktu itu pembentukannya bertepatan dengan grand opening sebuah cafe di kawasan G Walk Citraland, Surabaya. Tapi waktu itu masih belum ada nama," tutur Iwan.

Pamer motor mini custom milik para anggota MOMISU


Baru setelah itu, semua berkordinasi untuk memikirkan sebuah nama yang tepat, hingga akhirnya sepakat diberi nama MOMISU. Juga setelah pembentukan itu, telah disepakati logo dan semboyan komunitas, yakni "Gak Mini Gak Asik."



Namun demikian, seiring pandemi COVID-19 yang semakin parah, MOMISU belum punya aktivitas karena masing-masing anggota terbatasi aktivitasnya.

Turut didukung oleh OTOPLUS-ONLINE, Media Jawa Timur, Jawa Timur Podcasters (Jatcasters), juga komunitas sepeda/motor listrik (KOSMIK) dan beberapa komunitas lain.


"Paling sekedar kopsan (ngopi santai) masing-masing member aja. Pokoknya, landai-landai aja," senyum Iwan.


Baru pada 24 Juni 2022 lalu masih dalam rangka opening Rumah Padat Karya Viaduct Gubeng yang diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Sabtu, 28 Mei 2022 sebelumnya, tepatnya di Cafe Viaduct ini dilakukan kopdar akbar MOMISU.

Acara kopdar diakhiri dengan riding bareng


"Kami sepakat secara resmi mendeklarasikan MOMISU sebagai komunitas yang akan kita atur activity-nya secara reguler, sesuai dengan visi dan misi yang kita tetapkan, yakni berkomunitas satu hobi untuk rileks dan fun, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang motor mini dan pernak-perniknya termasuk modifikasi," papar Iwan.



Paling penting Kopdar ini juga menyepakati susunan pengurus sebagai berikut:

  • Penasehat

  • Ketua (Lurah): Sdr. Alim

  • Sekretaris: Sdr. Firman

  • Humas: Sdr. Iwan IWS

  • Event: Sdr. Febi dan Sandy

"Dengan terbentuknya MOMISU secara resmi ini kami berharap bisa menjadi payung atau rumah bagi teman-teman yang punya hobi asik dan fun yang sama, yakni motor mini!" pungkas Iwan.


Teks: Indramawan

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Jatim Podcasters

bottom of page