• Editor

KTM RC 8C, Motor MotoGP Produksi Massal Ini Hanya Diproduksi 100 Unit

Pre-order KTM RC 8C dimulai pukul 16:00 CEST (10 am ET) pada 22 Juli 2021, dan 25 konsumen beruntung mendapat kesempatan ikuti tes balap Red Bull KTM Factory di Circuito de Jerez di Spanyol bersama Dani Pedrosa dan Mika Kallio.

OTOPLUS-ONLINE I KTM RC 8C bisa dibilang adalah generasi penerus street-legal superbike KTM 1190 RC8 yang sempat diskontinyu tahun 2015, karena dianggap terlalu berbahaya untuk pemakaian jalan raya dengan tenaganya yang mencapai 200 Hp.


Untuk itu seiring diproduksinya KTM RC 8C yang bisa dibilang sebagai motor MotoGP produksi massal ini, KTM membuat beberapa kebijaksanaan, yakni memproduksi secara terbatas hanya sebanyak 100 unit saja di seluruh dunia.


Baca juga: Jajal KTM 390 Adventure Yang Dikembangkan Dari Motor Jawara Dakkar


Selain itu, KTM RC 8C yang dipasarkan dengan harga $38,999 atau sekitar Rp564,5 juta ini merupakan track-only motorcycle atau motor yang hanya bisa digunakan untuk pemakaian di sirkuit.

Dengan harga segitu, konsumen mendapat set roda tambahan Dymag, satu set tambahan cakram rem depan dan belakang, dudukan paddock, penghangat ban, dan karpet KTM Race.


Dari website resmi KTM diperoleh informasi, mereka yang tertarik dapat melakukan pre-order KTM RC 8C mulai pukul 16:00 CEST (10 am ET) pada 22 Juli 2021.

Dua puluh lima pelanggan yang beruntung juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tes balap Red Bull KTM Factory di Circuito de Jerez di Spanyol.

Bahkan mereka juga punya kesempatan membalap bersama legenda MotoGP, Dani Pedrosa dan pembalap penguji KTM, Mika Kallio.


Baca juga: KTM Indonesia Pastikan Memasarkan Duke 200 Terbaru Tahun Ini


Wow! Untuk sementara mari kita simak dulu, seperti apa sih kehebatan KTM RC 8C ini.

Motor ini mengusung mesin LC8c kapasitas 889 cc, DOHC, 8 valve parallel twin yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 128 Hp. Jauh melebihi saudara kembarnya, KTM 890 Duke R yang dipakai untuk jalan raya dengan power hanya sebesar 119 Hp saja.

Ya, mesin KTM RC 8C ini mengambil dari KTM 890 Duke R, yang kemudian dipadukan dengan sasis yang didesain siap dipakai untuk balap, yakni Frame tubular dari baja 25CrMo4 dipadukan dengan komponen suspensi high-end dari WP Pro.

Di sektor depan, fork WP APEX PRO 7543 berdiameter 43 mm dibuat dari material khusus yang ringan. Sementara di bagian belakang, ada monoshock WP APEX PRO 7746 dengan preload adjuster sehingga mudah disetel untuk menyesuaikan riding position pengendara, dan setting rebound, maupun compression.

Untuk menghasilkan bobot yang ringan, KTM RC 8C menggunakan bodywork GRP yang diperkuat dengan carbon kevlar seperti RC16 yang dipakai Red Bull KTM dan Tech 3 KTM MotoGP. Hasilnya, bobot kering KTM RC 8C ini hanya 139,7 Kg saja, atau lebih ringan 27,2 Kg dari 890 Duke R.


Detail lain tak kalah kerennya. Semua ditujukan agar motor ini menyerupai motor balap beneran. Mulai dari tangki bahan bakar dan panel bodi yang mudah dilepas, hingga pelek Dymag yang ringan dibalut ban Pirelli SC1 tipe race slicks.

Urusan pengereman diserahkan pada pakarnya, Brembo dengan spek balapnya. Lihat saja kaliper depan yang menggunakan Brembo Stylema. Pakem mencengkeram cakram aluminium tipe floating diameter 290 mm.


Baca juga: KTM RC250 Cafe Racer Version


Dan untuk bagian belakang, menggunakan kaliper Brembo dua piston dengan cakram floating diameter 230 mm.

Brembo juga menyiapkan 19RCS CORSA CORTA radial master cylinder, seperti yang digunakan di MotoGP.

Tak kalah pentingnya adalah fitur berupa AIM MXS 1.2 RACE dashboard dan data logger yang terintegrasi dengan fungsi GPS. Ini menyerupai telemetry, yang sekali lagi jamak dipakai di motor-motor balap.


Semua informasi akan ditampilkan melalui layar TFT 5 inci yang terintegrasi dengan data recording, yang secara terus menerus terhubung sehingga dapat dianalisa melalui AIM Race Studio.

Alhasil, dengan semua fitur dan teknologi yang diadopsi dari motor balap ini, KTM RC 8C digadang-gadang hampir menyerupai motor balap beneran yang dipakai tim pabrikan asal Austria ini di kejuaraan dunia MotoGP.

Hanya saja, KTM RC 8C lebih mudah dirawat sehingga tak dibutuhkan tim khusus untuk merawatnya.


Teks: Indramawan

Foto: KTM