top of page
  • Gambar penulisEditor

Lantian Juan Sabet 2 Gelar Juara Umum, FFA dan Campuran Open di Final Trial Game Dirt 2023 Malang

Final Trial Game Dirt 2023 digelar di Lapangan Rampal, Malang pada 3-4 November 2023 dalam kondisi cuaca tak menentu, dengan diikuti puluhan crosser.

Lantian Juan, kroser asal Kediri ini merajai dua kelas utama kelas Campuran Open dan kelas Free For All (FFA) pada kejuaraan motorcross Trial Game Dirt 2023.


OTOPLUS-ONLINE I Lantian Juan, crosser berusia 24 tahun akhirnya sukses menyandingkan gelar Juara Umum Free For All (FFA), dan Campuran Open yang diperebutkan di Trial Game Dirt 2023.


Dua gelar Juara Umum tersebut dihitung dari akumulasi poin masing-masing kelas (FFA dan Campuran Open) dari 6 seri yang tahun ini sudah digelar di Solo, Lumajang, Purwokerto, Magelang, Mojokerto, dan Malang.


Harus diakui, Lantian Juan benar-benar mendominasi kelas FFA Trial Game Dirt 2023 ini. Sebelum seri pamungkas Trial Game Dirt digelar di Lapangan Rampal, Malang pada 3-4 November 2023, ia sudah memenangkan 5 seri yang dipertandingkan sebelumnya.


Alhasil, dengan bekal 125 poin yang sempurna, sementara pembalap di posisi kedua, Asep Lukman hanya mengumpulkan 98 poin, maka Lantian Juan, pembalap Tim Rizqy Motorsport ini telah mengunci gelar Juara Umum FFA ini sebelum seri terakhir digelar.


Aplaus buat Lantian Juan! Meski telah mengunci gelar Juara Umum FFA, namun tetap saja ia tampil kesetanan di tengah balap yang digelar dalam kondisi cuaca tak menentu.


Sempat digelar dalam cuaca panas dan kering berdebu pada hari Jumat, 3 November 2023 yang melombakan Heat 1 dan Heat 2, keesokan harinya, Sabtu, 4 November 2023 yang melombakan Heat 3 dan Heat 4, cuaca hujan mengguyur hingga merepotkan pembalap dalam menaklukkan trek Lapangan Rampal yang berubah menjadi licin.


Dengan spirit konsistensi dan "Nyali Aja Nggak Cukup!", Lantian tampil prima tercepat dengan capaian total waktu 0619.008.


Di belakangnya, ada pembalap asal Boyolali, Asep Lukman dengan total waktu 0619.142. Sementara di posisi ketiga, ada crosser asal Aceh, M. Excel yang meraih total waktu 0619.240.

Lantian Juan meraih gelar juara umum di kelas Campuran Open dan FFA Putaran ke-6 Malang dan sekaligus menyabet gelar Juara Umum Trial Game Dirt 2023 di kelas Campuran Open dan FFA.


Hasil race pada putaran ke-6 ini menobatkan Lantian Juan sebagai Juara Umum Trial Game Dirt 2023 kelas FFA dengan 150 poin, disusul Asep Lukman (120 poin), dan Ivan Harry (111 poin) di posisi ketiga.

Sempat diguyur hujan deras, kroser asal Surakarta, Ivan Harry Nugroho terus memacu tunggangannya melaju di lintasan Lapangan Rampal, Malang di putaran terakhir Trial Game Dirt 2023.


Perburuan gelar Juara Umum di kelas Campuran Open justru berlangsung menegangkan bagi Lantian Juan.

Dengan akumulasi 119 poin dari hasil 3 kali kemenangan dan 2 kali posisi kedua dari lima putaran yang digelar sebelumnya, Lantian Juan mengemas 119 total poin.

Asep Lukman ekstra hati-hati melewati lintasan tanah di Sirkuit Lapangan Rampal yang licin setelah hujan deras.


Posisi pemimpin klasemen sementara ini masih mungkin lepas dari genggamannya, melihat Asep Lukman mengancam di posisi kedua klasemen sementara dangan 102 total poin.


Dalam kondisi seperti ini, di putaran terakhir ini muncul M. Excel dan Ananda Rigi Aditya yang mengacaukan perburuan poin di kelas Campuran Open.

Puluhan kroser bertarung habis-habisan demi meraih poin maksimal di putaran final kejuaraan Trial Game Dirt 2023 seri pamungkas di Malang, Jawa Timur.


M. Excel justru menghadirkan kejutan pada seri Malang ini, setelah berhasil menjadi yang tercepat dengan torehan waktu total 0627.942.


Di posisi kedua terdapat Ananda Rigi Aditya yang berhasil mencatatkan waktu total 0629.296. Sementara Lantian Juan harus puas di tempat ketiga dengan total waktu 0631.121.


Justru pada kondisi seperti ini Lantian, masih mampu menduduki posisi ketiga pada race di Malang ini, dan hasil itu sudah cukup mengantarkannya merengkuh gelar Juara Umum Trial Game Dirt 2023 kelas Campuran Open dengan total 139 poin dari enam seri.


Sementara di posisi kedua klasemen akhir dihuni oleh Asep Lukman (120 poin) dan M Excel (109 poin) di tempat ketiga.

“Ini debut saya bermain di Trial Game Dirt. Pertama kali main dan bisa langsung juara, tentunya membanggakan sekali. Apalagi di final race ini sangat menantang, karena lintasannya basah sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan akhirnya bisa menang," senang Lantian Juan.


"Semoga tahun depan bisa ikut lagi karena ini kejuaraan yang bergengsi. Terima kasih kepada istri dan anak yang telah mendukung dan tentunya 76Rider yang sudah menyelenggarakan kejuaraan ini,” ujar Lantian usai victory lap.


Teks: Indramawan

Foto: 76Rider

Comments


bottom of page