top of page
  • Gambar penulisEditor

LFN HP 969 Road Race Championship 2024 Putaran 1 Surabaya Viral! Digelar Minggu Malam Hingga Senin! Begini Komentar Cak Ji...

Diikuti 424 starter, baru kali ini ada balap yang digelar Minggu malam sampai Senin.

Wakil Walikota Surabaya, Ir. Armuji alias Cak Ji menyalami seluruh pembalap yang hadir dalam opening ceremony.


OTOPLUS-ONLINE I LFN HP 969 Road Race Championship 2024 mengawali putaran pertamanya di sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Minggu-Senin, 23-24 Juni 2024.


Agak aneh memang, karena baru kali ini ada balap yang digelar sampai Senin.


Opening ceremony LFN HP 969 Road Race Championship 2024 Putaran 1 Surabaya.


Namun hal ini memang terjadi di LFN HP 969 Road Race Championship 2024 Putaran 1 Surabaya!


Penyebabnya karena pada Sabtu, 22 Juni 2024, Pemkot Surabaya selaku pemilik Sirkuit GBT menggelar pengajian Surabaya Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di halaman Gelora Bung Tomo.


Perubahan jadwal penyelenggaraan.


Alhasil, panitia penyelenggara harus memundurkan jadwal dari yang semula Sabtu-Minggu, 22-23 Juni 2024 mundur menjadi Minggu-Senin, 23-24 Juni 2024.


Meski diundur satu hari, namun antusiasme pembalap yang mengikuti LFN HP 969 Road Race Championship 2024 Putaran 1 Surabaya ini sangat luar biasa.


Dalam satu kelas (dari 8 kelas yang dilombakan) bisa diikuti 50 lebih pembalap!


Dalam sambutannya mewakili H. Putra Rizky Bustaman sebagai pemilik LFN HP 969 Road Race Championship, Mawan Dragon selaku Ketua Harian IMI Jambi yang juga adalah bagian dari Komisi Safety PP IMI mengatakan, sebanyak 424 starter mengikuti putaran pertama di Sirkuit GBT Surabaya ini.


“Ini sungguh luar biasa dan di luar prediksi kami, karena para pembalap ini juga datang dari seluruh wilayah di Indonesia. Dari Aceh sampai Merauke, semua hadir di Surabaya,” semangat Mawan Dragon.


Selain bisa nonton di tribun, penonton juga bisa nobar.


Tak hanya itu saja, Mawan Dragon juga menginfokan terjadinya rekor terbanyak jumlah penonton live streaming pada hari pertama, Minggu, 23 Juni 2024 yang digelar hingga larut malam.


“Semalam kami mencatat rekor penonton sebanyak 300 ribuan menonton live streaming dalam sekali tayang. Ini adalah rekor terbanyak secara live,” lanjut Mawan Dragon.


Tikungan pertama sirkuit GBT setelah menjalani pengaspalan ulang.


Sebagai informasi, LFN HP 969 Road Race Championship 2024 Putaran 1 Surabaya ini adalah event pertama yang digelar di sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) setelah menjalani renovasi berupa pengaspalan ulang.


Untuk itu, Wakil Walikota Surabaya, Ir. Armuji yang turut hadir dalam opening ceremony memastikan, Pemkot Surabaya akan terus berbenah supaya Sirkuit GBT ini akan lebih baik lagi.


Ia pun menyampaikan sempat bincang-bincang dengan pembalap minta komentar terkait sirkuit GBT.


“Katanya, sirkuit cukup bagus… aspal cukup baik…” kata Cak Ji.


Namun Cak Ji mengatakan ada masukan seputar lampu penerangan.


Wakil Walikota Surabaya, Ir. Armuji: Lampu iku gudir... gampang!


“Saya tadi juga sempat omong-omong dengan pihak official. Mereka bilang, ‘Pak, lampune kurang padang’ (Pak, lampunya kurang terang…),” tutur Cak Ji, sapaan akrabnya.


Cak Ji pun menyampaikan, “Lampu iku gudir… gampang!”


Ia pun berjanji, “Nanti kita tambah lampu, supaya tidak merepotkan panitia… Nggak usah sewa lampu insidentil… Nanti kita buat permanen!”


Terkait lampu penerangan ini, Gunawan Salim atau yang akrab disapa Om Houtje Liem sebagai Komisi Teknik Roda Dua IMI Jatim mengatakan kepada Otoplus-Online, memang jika dibandingkan dengan event-event night race yang secara konsep memang digelar malam hari, lampu penerangan di sirkuit GBT kemarin malam kalah terang.


Gunawan Salim atau Houtje Liem sebagai Komisi Teknik Roda Dua IMI Jatim.


“Tapi menurut saya sudah cukup memadai. Mungkin menurut saya tower lampu terlalu tinggi. Tapi ini bisa diperbaiki belajar dari pengalaman,” ujar pria yang sering keluar-masuk sirkuit balap mengawal putranya, Gerry dan Tommy Salim balapan.


Houtje juga mengatakan, kualitas aspal sirkuit GBT yang sekarang sudah sangat bagus.


Catatan waktu bisa tembus 43 detik dalam satu putaran.


“Aspal sangat lengket ke ban sehingga pembalap bisa memacu maksimal motornya,” ujarnya.


Pantesan peserta membludak... segede ini hadiahnya!


Ini menjelaskan, kenapa catatan waktu di sirkuit GBT pada LFN HP 969 Road Race Championship 2024 Putaran 1 Surabaya ini mengalami perbaikan signifikan.


“Kalau biasanya rata-rata di kisaran 45 detik, tapi sekarang bisa kisaran 43 detik per lap,” info Houtje sambil berseloroh karakter aspal sirkuit seperti ini rakus ban.


Sunjoyo, General Manager PT Anugerah Mitra Sempurna (AMS) selaku Distributor Pirelli Jatim bersama Tommy Salim yang baru saja bergabung dalam tim balap Pirelli.


Saat dikonfirmasi pada Senin 24 Juni 2024 hari ini, Sunjoyo selaku General Manager PT Anugerah Mitra Sempurna (AMS) selaku Distributor Pirelli Jatim yang merupakan sponsor utama LFN HP 969 Road Race Championship 2024, pihaknya telah menjual 500 ban.


“Itu di luar 300 ban merek Pirelli yang dibagikan kepada pembalap secara gratis sebagai bentuk dukungan. Jadi total ada 800 ban Pirelli yang telah kami keluarkan,” senyum Sunjoyo.


Laris, Pak!


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan

Comments


bottom of page