• Editor

M. Delvintor Alvarizi Jadikan Podium IndoMX National Championship 2022 Putaran 3 Kado Ultahnya

M. Delvintor Alvarizi sabet podium pertama Moto 1 dan 2 hingga menempati urutan pertama klasemen sementara kelas MX2.

M. Delvintor Alvarizi (kanan) bersama Nuzul Ramzidan merayakan podium pertama dan kedua di IndoMX National Championship 2022 Putaran 3 Moto 2


OTOPLUS-ONLINE I Jelang hari ulang tahunnya yang ke-21 hari ini Senin, 12 September 2022, M. Delvintor Alvarizi atau yang akrab disapa Adel mencetak prestasi gemilang dengan mendominasi IndoMX National Championship 2022 yang telah memasuki putaran ketiga.


Bertarung di sirkuit MX Malimpung, Pinrang, Sulawesi Selatan pada 10-11 September 2022 kemarin, Adel tampil sempurna dengan mendominasi kejurnas motocross ini sejak sesi kualifikasi hingga Moto 1 dan Moto 2 kelas MX2.


Kesuksesan crosser Astra Honda Racing Team (AHRT) asal Jakarta ini diikuti pula oleh rekan satu timnya, Nuzul Ramzidan alias Zidan yang juga sukses naik podium pada Moto 2 di kelas yang sama.


Atas hasil ini, kedua crosser AHRT ini berhasil menempati dua klasemen teratas sementara di kelas MX2.

M. Delvintor Alvarizi alias Adel mendominasi setiap sesi yang diikuti, mulai kualifikasi hingga Moto 1 dan Moto 2


Catatan khusus perlu diberikan kepada Adel yang membalap tanpa cela, dan mendominasi sejak sesi Qualifying atau kualifikasi, hingga Moto 1 maupun Moto 2.


Meskipun belum pulih benar dari cedera kaki, tapi Adel sanggup memberikan prestasi terbaik di semua sesi yang diikutinya. "Lutut saya masih belum 100%, tapi kami akan bertarung!" tulis Adel di akun Instagram @delvintoralfarizi325 pada Jumat, 9 September.


Baca juga: Zahra Danica Ikut Terjun ke Balap, Sang Kakak Fisichella KW Pilih Jadi Pengusaha


Pada sesi kualifikasi pada Sabtu, 10 September, Adel dengan nomor start 325 berhasil mencatatkan waktu terbaik dan menempati posisi pertama.


Tak mau kalah, Zidan menempati posisi ketiga dengan catatan waktu terpaut 2,99 detik dengan Adel sebagai pembalap tercepat.


Trend positif terus berlanjut bagi Adel saat memasuki Moto 1 keesokan harinya. Adel seolah tak terbendung lagi sejak awal jalannya balap.

Adel saat memenangkan Moto 1


Dengan menggunakan CRF250R, Adel mampu mengeksploitasi kemampuan terbaiknya dengan konsisten sehingga mampu meninggalkan lawan-lawannya dan melaju di posisi pertama hingga bendera finish dikibarkan.

Adel menempati podium pertama pada Moto 1, sementara Zidan di posisi ke-4


Sementara Zidan, harus berjuang keras bersaing dengan dua crosser lainnya dalam perebutan posisi ketiga. Ia sempat menempati posisi ketiga pada pertengahan balapan namun sayang dirinya harus puas finis di posisi keempat.

Adel kembali mendominasi Moto 2 sejak start hingga akhir balapan


Memasuki Moto 2, Adel kembali menunjukkan kualitas terbaiknya. Melakukan start dengan sempurna, Adel berhasil mendominasi jalannya balapan dengan menempati posisi pertama hingga akhir jalannya balapan.


Sementara kerja keras Zidan di Moto 2 ini berbuah manis. Tampil agresif sejak start awal membuat dirinya berhasil menyodok ke posisi 2, dan bersaing dengan dua pembalap di belakangnya.


Baca juga: Kapolres Nganjuk Cup-Matic Race 2022 Diikuti 370 Starter, Begini Harapan Bupati dan Kapolres


Sempat hampir turun ke posisi keempat pada pertengahan balapan, crosser asal Riau ini akhirnya berhasil memperbaiki catatan waktu, dan memanfaatkan peluang, sehingga membuatnya perlahan menjauh dari rival-rivalnya hingga akhir balapan, dan menempati podium ke-2.


“Balapan kali ini tantangannya semakin besar. Selain Kontur tanah yang sedikit berpasir, perubahan cuaca juga cukup ekstrim. Fokus utama mendapat setting yang tepat dan adaptasi riding stylesaya terhadap perubahan kondisi tersebut," ujar Adel dilansir dari situs resmi Astra Honda Motor.


Baca juga: Hafizd Fahri Rasydan Pimpin Klasemen Sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022


"Saya bersyukur bisa menyelesaikan balap dengan baik dan membawa poin penuh dengan menjuarai Moto 1 dan Moto 2 untuk Astra Honda Racing Team,” lanjutnya.


Sementara itu, Zidan mengatakan, meski Moto 1 belum berjalan seperti yang ia targetkan, karena tanpa adanya sesi warm up.

Zidan alami kesulitan menyesuaikan dengan kondisi sirkuit di Moto 1


"Saya sedikit kesulitan menyesuaikan kondisi sirkuit yang sangat berbeda dari sesi latihan sebelumnya karena hujan. Saya belum maksimal dalam adaptasi sehingga belum mampu mengoptimalkan laju CRF250R," ungkap Zidan.

Memasuki Moto 2, performa Zidan terus membaik dan berhasil menempati podium ke-2


Kondisi berangsur membaik di Moto 2, sehingga Zidan bisa tampil lebih kompetitif hingga finish ke-2. "Saya semakin dapat beradaptasi di Astra Honda Racing Team. Semoga pada putaran selanjutnya saya bisa semakin baik lagi,” ujar Zidan.


Hingga putaran ketiga IndoMX National Championship, Adel memuncaki posisi pertama dengan raihan total poin 100. Sementara Zidan di posisi kedua dengan total poin 78 pada klasemen sementara pembalap.


Kejurnas motocross ini masih menyisakan 3 putaran lagi yang masing-masing akan digelar di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan NTB.


Teks: Indramawan

Foto: Instagram @astrahondaracingteam