• Editor

Hafizd Fahri Rasydan Pimpin Klasemen Sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Pembalap asal Probolinggo keponakan almarhum Denny Triyugo ini mendominasi dua putaran pertama FIM MiniGP Indonesia Series 2022, pada 3-4 September 2022 di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya.

Hafizd Fahri Rasydan mendominasi FIM MiniGP Indonesia Series 2022 Round 1 & 2 yang digelar Sabtu-Minggu, 3-4 September 2022 di Sirkuit Bukit Peusar di Tasikmalaya, Jawa Barat


OTOPLUS-ONLINE I Hafizd Fahri Rasydan, pembalap muda asal Kota Probolinggo, Jawa Timur yang berusia 14 tahun dan merupakan keponakan dari almarhum Denny Triyugo, pembalap tim Astra Racing, untuk sementara ini berhasil menempati klasemen sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022.


Hasil ini ia dapat setelah mendominasi dua putaran pertama FIM MiniGP Indonesia Series 2022 yang digelar di Sirkuit Bukit Peusar di Tasikmalaya, Jawa Barat, akhir pekan lalu.


Selama dua putaran pertama yang digelar Sabtu-Minggu, 3-4 September 2022, Rasya nama panggilan Hafizd Fahri Rasydan tampil mendominasi dengan selalu naik podium.


Baca juga: MotoGP Misano: Maverick Vinales Kembali Bawa Aprilia Naik Podium


Pada FIM MiniGP Indonesia Series 2022 putaran pertama yang berlangsung Sabtu, 3 September 2022, Rasya berhasil memenangkan Race 1 setelah berhasil meninggalkan lawan-lawannya, yakni Afhil Azhraf asal Sulawesi Selatan yang finis kedua dan Angga Ramadan pebalap asal Bogor, Jawa Barat di posisi ketiga.


Memasuki Race 2, Rasya harus puas di posisi kedua setelah dikalahkan Clevan Lois Valera Oktavianus asal Yogyakarta. Diikuti di urutan ketiga ada Davino Britani asal Banten.


Langkah Rasya seolah tak terbendung lagi pada FIM MiniGP Indonesia Series 2022 putaran kedua yang berlangsung Minggu, 4 September 2022.


Baca juga: Kapolres Nganjuk Cup-Matic Race 2022 Diikuti 370 Starter, Begini Harapan Bupati dan Kapolres


Rasya yang sejak setahun terakhir berlatih di sekolah balap milik pembalap nasional asal Gunung Kidul, Sudarmono, yakni Mons 54 Private Yogyakarta Racing School, berhasil meraih double winner dengan merebut podium pertama pada Race 1 dan Race 2.

Hafizd Fahri Rasydan berada di posisi pertama klasemen sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022


Atas hasil ini, Rasya yang tercatat sebagai siswa kelas 9 di SMP Negeri 10 Kota Probolinggo untuk sementara berada di posisi pertama klasemen FIM MiniGP Indonesia Series 2022 dengan mengantongi 95 poin.


Di posisi kedua klasemen ada Clevan dengan 76 poin, dan disusul Afhil di urutan ketiga dengan 44 poin.

Sementara itu di posisi keempat dan kelima ada Angga Ramadan dan Muhammad Fadhil Musafi yang sama-sama mengemas 43 poin.


Baca juga: Black Drag Race-Drag Bike Night Battle: Manjakan Pembalap dan Penonton


"Ya Alhamdulillah Rasya bisa double winner di FIM MiniGP Indonesia Series 2022 putaran pertama dan kedua kemarin. Yang jelas, kami bangga, dan bersyukur," buka Imron Hamzah, ayah dari Rasya kepada OTOPLUS-ONLINE mengomentari hasil ini.

Rasya mewaspadai pesaing terdekatnya, Clevan Louis Valera


Menurut Imron, pembalap yang jadi lawan terberat bagi Rasya adalah Clevan Louis Valera. "Lawan yang kasih perlawanan berat adalah Valera. Ia punya gaya balap agresif, racing line rapi, dan didukung bobot tubuhnya yang lebih ringan. Jadi Valera juga adalah rider yang hebat yang tidak bisa diremehkan," ungkap Imron.


Untuk itu Imron menekankan kepada putra tercintanya agar benar-benar membuat persiapan yang baik untuk ke depannya. "Terutama fisik harus benar-benar dijaga. Juga ketenangan dan fokus untuk tetap bisa, di depan," tandas Imron.

"Paling penting, saya nggak mau Rasya terlena dengan hasil kemarin. Ia harus terus tingkatkan fisik dan latihan motor," lanjutnya.


Sementara itu, dikutip dari kantor berita Antara, berikut ini klasemen sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022 setelah putaran kedua:

  1. Hafizd Fahri Rasydan - 95 poin

  2. Clevan Louis Valera - 76 poin

  3. Afhil Azhraf - 44 poin

  4. Angga Ramadan - 43 poin

  5. Muhammad Fadhil Musafi - 43 poin

  6. Muhammad Haikal - 36 poin

  7. Lanova Tantra - 35 poin

  8. Alvin Alvaro - 33 poin

  9. Davino Britani - 30 poin

  10. Reonal Anugrah - 27 poin

  11. Kawahara Putra - 27 poin

  12. Mochammad Arkana - 24 poin

  13. Dzaki Sani Pratama - 17 poin

  14. Cyrio Michael Ngelo - 16 poin

  15. Ngo Nguyen Viet Tuan - 4 poin

  16. Vicho Saktyadi - 0 poin


Baca juga: Alrasyid Indo Racing Pasarkan AP10 Indonesian MiniGP Bike untuk Umum


FIM MiniGP Indonesia Series 2022 putaran selanjutnya, yakni ketiga dan keempat akan bergulir pada 24-25 September 2022. Kemudian dilanjutkan putaran kelima dan keenam pada 8-9 Oktober 2022. Seluruh putaran akan digelar di Sentul International Karting Circuit.


Tentang MiniGP

Foto: Motogp.com

Kejuaraan MiniGP diselenggarakan oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP dengan tujuan menjaring pembalap muda berbakat usia 10 hingga 14 tahun dari seluruh dunia untuk bisa melanjutkan karier sebagai pembalap MotoGP.


Selain digelar di Indonesia mulai tahun 2022 ini, setelah tertunda tahun 2021 lalu karena pandemi COVID-19, kejuaraan MiniGP juga dilaksanakan di berbagai negara seperti Malaysia, Jepang, Qatar, Italia, Spanyol dan Amerika Utara.


Baca juga: Monster Road 2022 Putaran 2 Semarang: Makin Diminati, Muncul Wajah-Wajah Baru


Untuk Indonesia, FIM MiniGP Indonesia Series 2022 digelar dalam 6 round (putaran), dengan masing-masing 2 race (balapan) per serinya.


Di akhir kompetisi nanti, 2 pembalap terbaik akan mengikuti babak final. Bertarung dengan wakil dari setiap negara penyelenggara MiniGP, di Valencia, Spanyol pada bulan November mendatang bersamaan dengan putaran terakhir MotoGP 2022.

Rasya juga akan mengikuti Asia Talent Cup 2022 di Malaysia pada Oktober nanti


Terkait dengan hal ini, Imron cukup yakin Rasya akan lolos ke babak final di Valencia. "Ya cukup yakin aja, yang penting terus berusaha. Jangan bangga dulu sebelum semuanya terwujud," senyum Imron.


Sebagai info, selain mengikuti kompetisi MiniGP Indonesia Series 2022, pada Oktober nanti, Rasya juga akan mengikuti Asia Talent Cup di Malaysia.


"Iya. Mungkin event ini yang juga tidak kalah penting. Juga butuh persiapan yang matang, dari mulai fisik, mental, dan skill. Makanya saya sebagai orang tua berusaha menata waktu, bagaimana Rasya bisa membagi waktu untuk sekolah, latihan fisik, dan berlatih," pungkas Imron.

Pada Asia Talent Cup di Malaysia nanti, Rasya menjadi salah satu peserta dari 17 pembalap dari Indonesia, dan 83 pembalap dari 15 negara lainnya.


Teks: Indramawan

Foto: probolinggokota.go.id