top of page
  • Gambar penulisEditor

Merasakan Performa Hyundai Stargazer X Prime dari Suspensi, Pengendalian, Hingga Fitur Yogya-Solo

Menempuh perjalanan sekitar 400 kilometer dengan rute Yogyakarta, Magelang, hingga Solo.

Melintas di jalur lintas selatan Gunung Kidul.


OTOPLUS-ONLINE I PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghelat kegiatan bertajuk “Media Drive Experience: Unleash the X in You with STARGAZER X” pada 31 Agustus–1 September 2023.


Kegiatan yang diikuti 57 jurnalis dan influencer ini bertujuan untuk memberikan pengalaman sesungguhnya bersama Stargazer X. Melalui rute Yogyakarta, Magelang, hingga Solo, para perwakilan media termasuk OTOPLUS ONLINE berkesempatan merasakan performa, karakter suspensi, pengendalian serta kecanggihan fitur dan teknologi yang disodorkan Stargazer X.

OTOPLUS-ONLINE berkesempatan merasakan impresi utuh Stargazer X melewati berbagai kondisi jalan di rute Yogya-Magelang-Solo.


Diawali dari kawasan Temon, Kulon Progo, Stargazer X kami besut menuju Magelang melewati kawasan kota Purworejo, dalam perjalanan menuju Magelang rombongan melewati tanjakan Mergoyoso yang cukup menantang namun mudah ditaklukkan oleh mesin Smartstream G4FIII milik Stargazer X yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 114 DK dengan torsi 141 Nm.


Transmisi IVT tergolong pintar menjaga penyaluran tenaga ke roda depan meski mode berkendara kami posisikan pada posisi Normal.

Jalan menanjak dan berliku dengan permukaan jalan tidak mulus menuju Resto Enam Langit, Plataran-Magelang, membuktikan kekuatan performa, karakter suspensi dan pengendalian LSUV asal Korea ini.


Mendekati area Resto Enam Langit-Plataran Magelang, Stargazer X diajak menaklukkan beberapa titik tanjakan curam tak kesulitan dilaluinya. Keberadaan sebagian jalan yang semi offroad tak membuat kami khawatir lantaran mobil ini memiliki ground clearance 200 mm.


Di restoran Enam Langit rombongan melakukan santap siang sembari beristirahat. Di sini, kami terpukau dengan lingkungan hijau nan asri serta pemandangan ‘negeri di atas awan’ dari Bukit Menoreh.

Santap siang dan rehat sembari menikmati keindahan alam Magelang.


Pengalaman ini diharapkan jadi salah satu inspirasi bagi peserta untuk melakukan perjalanan keluarga bersama Stargazer X. Selain memiliki performa berkendara handal, kabin Stargazer X luas dengan bagasi lapang berkapasitas 585 liter membuatnya jadi kendaraan ideal untuk traveling.


Usai makan siang, para peserta melanjutkan perjalanan dengan rute Magelang–Solo. Rute yang melewati jalur Kopeng ini terkenal karena lika likunya. Jalur yang pas untuk menguji karakter pengendalian dari lingkar roda yang berukuran 17 inci dan kemampuan pengereman Stargazer X yang sudah dibekali rem model cakram di keempat rodanya.

Masuk tol menuju Solo sekaligus mencoba fitur Hyundai Smart Sense.


Puas memainkan lingkar kemudi untuk menaklukkan rute Kopeng, awak media diarahkan masuk ke jalan tol Semarang–Solo lewat Entrance Tol Salatiga yang indah dengan panorama Gunung Merbabu.


Sepanjang perjalanan di tol, OTOPLUS-ONLINE mencoba fitur-fitur berkendara yang dimiliki Stargazer X varian Prime seperti Cruise Control, yang akan menjaga kecepatan secara konstan tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas.



Kehadiran teknologi Hyundai SmartSense juga kami rasa sangat bermanfaat pada perjalanan panjang melintas ruas tol.


Sepanjang perjalanan, pengemudi bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat dengan lebih mudah berkat panduan dari Lane Keeping Assist (LKA). Peserta juga bisa lebih mudah mengawasi titik buta kendaraan dengan memanfaatkan fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) demi memastikan keamanan saat pindah lajur untuk menyalip atau berbelok.



Fitur keselamatan dalam paket Hyundai SmartSense yang kami rasa sangat berguna adalah Forward Collision Avoidance Assist. Fitur ini mampu mengingatkan pengemudi apabila jaraknya terlalu dekat dengan kendaraan di depannya. Keamanan berkendara semakin meyakinkan dengan keberadaan 6 airbag yang memagari kabinnya.


Keunggulan Stargazer X yang tidak dimiliki para pesaingnya adalah Bluelink, fitur ini memungkinkan pemilik mengetahui posisi kendaraan, melakukan panggilan emergency/SOS jika dalam kondisi darurat sampai mengaktifkan/mematikan mesin juga sistem AC.



Sementara urusan kenyamanan, penumpang akan dimanjakan dengan sistem audio kerjasama dengan BOSE Premium Sound.

Berbagai games seru diadakan di landasan pacu aeromodelling di Bantul, Yogyakarta. Salah satunya lomba tebak lagu sekaligus memperdengarkan kualitas sistem audio Bose bawaan Stargazer X Prime.


Oh ya, soal kenyamanan, setelah menempuh perjalanan sekitar 400 kilometer, OTOPLUS-ONLINE menyimpulkan kalau desain jok, tak hanya jok depan, semua jok bahkan didesain dengan mempertimbangkan ergonomi penumpangnya.


Buktinya kami nyaris tidak merasakan capek setelah berlama-lama duduk di atasnya. Hyundai menyediakan pilihan jok model captain seat buat mereka yang menginginkan privacy dan kenyamanan lebih.


Teks : Adi Priyo Sembodo

Editor: Nugroho Sakri Yunarto

Foto : Adi Priyo Sembodo

Comments


bottom of page