• Editor

Mesin 3 Silinder Semakin Diminati Pabrikan Mobil, Kenapa?

Meski mesin bersilinder ganjil hasilkan getaran lebih kuat dan suara lebih kasar dibanding silinder genap, tapi banyak juga kelebihannya.

Mesin 3 silinder 1.199 cc pada Peugeot 2008 menawarkan perpaduan performa, efisiensi, kemudahan perawatan dan rendah emisi


OTOPLUS-ONLINE I Secara alamiah mesin bersilinder ganjil akan menghasilkan getaran lebih kuat dan suara lebih kasar dibandingkan mesin bersilinder genap.


Lalu mengapa semakin banyak pabrikan mobil yang kini justru beralih ke mesin 3 silinder?

Komponen mesin 3 silinder lebih sedikit


Pertama, mesin 3 silinder punya efisiensi 25% lebih baik dibandingkan mesin 4 silinder. Kedua, biaya perawatan lebih rendah karena komponennya lebih sedikit. Ketiga, lebih ringan sehingga dapat memangkas bobot kendaraan secara keseluruhan dan keempat, dengan berkurangnya komponen tentunya berpengaruh pada terpangkasnya harga mobil.


Baca juga: Test Drive New Peugeot 2008 SUV: Tak Disangka Mesin 3 Silindernya Berperforma Hebat!


Lantas bagaimana mengantisipasi kekurangan-kekurangan mesin 3 silinder ini? Berbagai inovasi diterapkan oleh Peugeot.


Untuk mereduksi getaran mesin rata-rata mesin berkonfigurasi 3 silinder segaris telah menerapkan sudut putaran 120 derajat dan menambahkan balancer shaft.

Balancer shaft di mesin Peugeot 2008


“Balancer shaft digerakkan oleh gir pada crankshaft dan akan berputar berlawanan dengan arah putar crankshaft. Getaran umumnya muncul karena rampingnya konfigurasi silinder dan tingkat asiklisme yang tinggi dari 3 silinder,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.


Baca juga: Test Drive Daihatsu Rocky: Tarikan Mesin 1000cc Turbo Terasa di 2.000 Rpm


Untuk mengatasinya Peugeot melakukan tiga langkah optimalisasi yaitu mengurangi acyclism level dari gear pada crankshaft. Lalu melakukan fine tuning damper pulley serta mengoptimalkan desain roda gigi. Sehingga dengan desain yang inovatif dari damped gear pada balancer shaft nilai dynamic torque pada roda gigi dapat dipangkas hingga 50%,” imbuh Samsudin.


Dengan berbagai aplikasi teknologi tersebut mesin 3 silinder di Peugeot 2008 tak hanya mampu berkitir halus tapi juga menyuguhkan performa yang kuat, efisiensi BBM tinggi dan murah serta mudah perawatannya.

Peugeot 2008 bermesin 3 silinder, berkapasitas 1.2 liter Turbo Puretech dipasarkan Rp500 jutaan OTR


Sebagai informasi, awal tahun 2022, Astra Peugeot menghadirkan Peugeot 2008, compact Sport Utility Vehicle (SUV) Premium bermesin 3 silinder, berkapasitas 1.2 liter Turbo Puretech.


Mesin bertenaga maksimal 130 ps/5.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 230 Nm/1.750 rpm ini dipadu transmisi otomatis 6 percepatan.


Baca juga: Uji Performa All New Nissan Magnite, Compact SUV 1.000 cc Turbo Surabaya-Jakarta PP


Mesin 3 silinder berkode EB yang tertanam di Peugeot 2008 telah memenangkan penghargaan Engine of The Year selama 4 tahun berturut-turut (2015, 2016, 2017 dan 2018) karena mampu menyuguhkan perpaduan antara performa, efisiensi dan durabilitas tinggi.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, docflyer