top of page
  • Gambar penulisEditor

MG4 EV, Mobil Listrik Bisa Buat Masak Mulai Dipasarkan ke Surabaya Juli 2023

Pemesanan mobil listrik MG 4 EV ini tembus lebih dari 1.000 unit, atau tepatnya 1.066 unit dalam waktu kurang dari sebulan.

Dari kiri: Zhang Weiwei - Vice Managing Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin - PR & Marketing Director MG Motor Indonesia, dan Thomas Hariyanto - General Manager Mimosa Group pada peluncuran perdana MG4 EV di Hedon Estate Cafe and Space, Jl. Ngagel Timur No.23, Surabaya pada Selasa, 4 April 2023.


OTOPLUS-ONLINE I MG Motor Indonesia berencana mulai memasarkan mobil listriknya, MG4 EV ke Surabaya pada Juli 2023 mendatang.


Menariknya, mobil listrik ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang menyenangkan. Salah satunya adalah teknologi Lifestyle Charger, yang juga dikenal dengan V2L (Vehicle to Load).

Demo membuat kopi panas dan roti panggang dengan V2L.


“Dengan teknologi V2L (Vehicle to Load) tersebut, MG4 EV mampu menghasilkan daya listrik dan membagikannya ke perangkat atau peralatan listrik lain di luar mobil yang bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat seperti saat lampu padam, atau saat camping untuk pengisian daya listrik smartphone, coffee maker, electric scooter, pemanas air, memasak, dan masih banyak lagi. Seperti generator lah ya,” jelas Yuriski Fair Nasution, Head of Aftersales MG Indonesia kepada Otoplus-Online di sela peluncuran perdana MG4 EV di Hedon Estate Cafe and Space, Jl. Ngagel Timur No.23, Surabaya pada Selasa, 4 April 2023.



Caranya cukup mudah, tinggal menancapkan colokan yang telah disiapkan ke sumber daya pada bagian belakang MG4 EV.

Yuriski Fair Nasution atau lebih akrab disapa Ucok selaku Head of Aftersales MG Indonesia.


“Selanjutnya bisa kita setting, berapa banyak daya yang kita perlukan. Kita lihat ke head unit, kita colok, dan nanti ketahuan, misal baterai tinggal 80%. Kita mau pakai hanya sampai 20 persen, maka kita bisa setting. Dan setelah itu, secara otomatis, baterai akan terputus sendiri ketika terpakai 20 persen,” jelas pria asal Medan yang akrab disapa Ucok ini.


Namun demikian, Ucok menambahkan fungsi V2L (Vehicle to Load) ini tidak akan berfungsi jika kapasitas baterai tinggal 20% saja.

“Tujuannya, dengan kapasitas baterai yang tinggal 20% itu, kita bisa segeran melakukan recharging baterai,” lanjut Ucok.


Tentu saja, banyak fitur MG4 EV lain yang diklaim membuatnya unggul dari produk kendaraan listrik lain. Seperti halnya sistem penggerak roda belakang.


“Analoginya sederhana. Mana yang lebih mudah menghasilkan torsi. Menarik atau mendorong?” tanya Ucok.

Nah, karena jawabannya adalah memang mendorong lebih mudah menghasilkan torsi, maka alasan inilah yang dipakai MG4 EV.

MG4 EV saat media test drive di Bukit Jaddih, Bangkalan-Madura.


“Sebab dengan torsi lebih besar yang dihasilkan dengan sistem penggerak roda belakang ini, MG4 EV akan memiliki keunggulan saat digunakan di tanjakan atau medan bergelombang.”


Meski demikian, untuk kendaraan dengan mesin konvensional (berbahan bakar bensin atau solar) saat ini banyak yang meninggalkan sistem penggerak roda belakang.



Menurut Ucok, itu karena pada kendaraan dengan mesin konvensional, sistem penggerak roda belakang ini memiliki kekurangan.


“Pertama untuk mengurangi biaya karena tidak lagi butuh banyak komponen seperti gardan, kedua untuk karena tidak banyak komponen maka bobot bisa dikurangi, dan ketiga, juga space bisa lebih luas,” jelas Ucok.


“Nah untuk mobil listrik di Indonesia, MG4 EV ini adalah satu-satunya yang menggunakan sistem pengerak roda belakang. Hal ini memungkinkan karena baterai MG4 EV ini sangat compact, tipis, dan telah melalui berbagai macam pengujian seperti thermal (panas), impact (goncangan), water resistant, dan banyak tes lain sehinga dipastikan aman, durability dan performa tinggi,” tandas Ucok.



Terkait dengan sosialisasi kelebihan MG4 EV inilah, maka pihak MG Motor Indonesia, selain melakukan peluncuran perdana MG4 EV, juga menggelar kegiatan lain yakni MG4 EV Drive the Happiness yang hadir di Pakuwon City Surabaya sampai tanggal 9 April 2023.


Program ini meng-highlight fitur unggulan dari MG4 EV, salah satunya teknologi Lifestyle Charger atau V2L (Vehicle to Load) yang telah dijelaskan tadi.


Selain itu, MG Motor Indonesia merasa perlu memastikan kesiapan para dealer MG dalam menyambut kedatangan unit MG4 EV tersebut.


MG Motor Indonesia optimis dengan peluncuran perdana MG4 EV ini karena pemerintah kota Surabaya pun telah mengeluarkan kebijakan yang mendukung penggunaan kendaraan listrik.


Dukungan tersebut termasuk untuk pengadaan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik (SPKLU) yang tersebar di Jawa Timur, khususnya kota Surabaya.


“Kami sangat gembira melihat antusiasme yang luar biasa dari konsumen di Indonesia terhadap MG4 EV. Dengan berbagai macam keunggulan dan desain yang berorientasi pada kecanggihan yang futuristik, kami optimis MG4 EV sangat tepat untuk melakukan penetrasi pasar di Surabaya. Kombinasi dari green technology yang hemat energi dan sentuhan modern menjadi faktor utama dalam kesuksesan penjualan kami di kota ini," ujar Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motors Indonesia.

Andy Satrio Mashuri, salah satu konsumen yang sudah memesan unit MG4 EV di Surabaya menerima apresiasi dari MG Motor Indonesia.


Pada kesempatan peluncuran perdana MG4 EV ini turut diundang Andy Satrio Mashuri, salah satu konsumen yang sudah memesan unit MG4 EV di Surabaya.



”Sejak awal saya sudah tertarik dengan line-up mobil EV dari MG yang sudah diperkenalkan di Indonesia. Saat mengetahui MG 4 EV akan segera diluncurkan, saya langsung menghubungi tim sales MG Surabaya dan langsung melakukan booking agar saya menjadi salah satu orang pertama di Surabaya yang bisa mengendarai mobil listrik ini,” ujar Andy Satrio Mashuri.


Sebagai informasi, hanya dalam waktu kurang dari satu bulan sejak peluncuran MG4 EV di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di Jakarta sampai dengan sekarang, pemesanan MG 4 EV ini tembus lebih dari 1.000 unit, atau tepatnya 1.066 unit.


Layanan MG Mudah Mudik

Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motors Indonesia menjelaskan di hadapan media layanan MG Mudah Mudik salah satunya 60 titik inspeksi yang bisa dilakukan secara gratis di dealer MG.


MG pun menjamin kesiapan layanan MG #MudahMudik di Surabaya selama bulan Ramadan ini. Menjelang Lebaran, MG Lovers bisa melakukan pemeriksaan di dealer MG terdekat untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima untuk dibawa mudik, terutama untuk 60 titik inspeksi yang bisa dilakukan secara gratis di dealer MG.


Selain itu para pemilik mobil MG tidak perlu khawatir karena bengkel resmi MG tetap buka selama libur Lebaran dan layanan Call Center yang selalu siaga bisa dihubungi 24 jam di nomor 0800-1-880-990.


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan, MG Motor Indonesia

bottom of page