• Editor

Motor Injeksi Kelamaan Disimpan Berisiko Alami Kerusakan Fuel Pump


  • Motor jangan hanya disimpan, sesekali perlu dipakai jalan.

Peringatan buat yang suka nyimpan motor, khususnya yang bermesin injeksi. Kebetulan ini dialami awak redaksi OTOPLUS-ONLINE pada Honda New CBR250RR. Lantaran kelamaan disimpan dan tidak pernah dihidupkan, motor sport produksi 2018 ini ngadat.


Gejala awal, instrument cluster tidak menyala, indikasi kalau aki soak. Kondisi aki masih memungkinkan untuk dicharge lalu kembali dipasang, kunci kontak di putar ke ON tidak terdengar bunyi denging dari pompa bahan bakar elektris yang bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.


Di motor bermesin injeksi, bunyi denging akan terdengar menandakan kalau fuel pump siap bekerja. Akibatnya meski tombol electric start ditekan beberapa kali, mesin tetap saja enggan hidup.


  • Foto 1

Motor kesayangan akhirnya didorong ke bengkel resmi Honda terdekat, AHASS Waru Agung, Gedangan, Sidoarjo. Oleh Edi, PIC bengkel AHASS Waru Agung, tangki dicopot dari dudukannya dan fuel pump assy dilepas dari tangki (Foto 1).


  • Foto 2

Baru deh ketahuan kalau masalahnya bersumber dari gum yang menyelimuti fuel filter yang terdapat di intake fuel pump. Gum berwujud lendir kental ini umumnya terbentuk dari bensin yang kelamaan mengendap di tangki bahan bakar (Foto 2).


Pada proses produksi, bentukan sulfur (belerang) dari proses penyaringan atau pipa distribusi sangat mungkin tertinggal dalam bensin. Bentukan tersebut saat lama tidak dipakai dapat mengendap dan bercampur dengan additive diantaranya MTBE (Methyl Tertiary-Butyl Ether) yang meningkatkan kadar oktan, detergent untuk membersihkan saluran bahan bakar, aromatic hydrocarbon penghasil aroma dan fuel dyes (pewarna) memungkinkan terbentuknya gum atau lendir tersebut.


  • Foto 3 & 4

Langkah awal, coba membersihkan selaput gum tersebut (Gambar 3). Pembersihan dilakukan juga dengan menguras tangki bahan bakar (Gambar 4).


  • Foto 5

Fuel pump lantas coba dihidupkan dengan menghubungkan langsung ke sumber arus namun (Foto 5), namun “Fuel pump ternyata sudah rusak jadi harus diganti,” jelas Edi.


  • Fuel pump CBR250RR yang rusak.

Rusaknya fuel pump ditengarai lantaran dipaksa bekerja dengan kondisi intake yang tertutup gum. Akibatnya motor listrik fuel pump terbakar. Solusinya fuel pump harus diganti. AHM menjual fuel pump assy CBR250RR part number 16700K64N01 dengan harga Rp 3,2 juta. Tetapi karena komponen ini termasuk kategori slow moving part, paling cepat 2 minggu part tersebut tersedia.


  • Foto 6

Sebagai alternatif bisa berburu di toko online. Selain lebih cepat mendapatkannya, harganya juga lebih murah dibandingkan dengan harga di AHASS. Sebagai informasi fuel pump assy CBR250RR di toko online ada lho yang ditawarkan dengan harga Rp 2,45 juta (Foto 6).


Mau alternatif lebih murah lagi? Ganti hanya komponen motor listriknya saja. Tapi untuk part ini, Honda tidak menyediakannya. Tapi jangan khawatir, part ini juga bisa ditemukan di toko-toko online. Harganya? Sejuta. Lumayan menghemat kan?


Kondisi ini bisa terjadi di semua motor injeksi lho. Intinya motor jangan kelamaan disimpan, tapi pakailah sesekali.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto