• Editor

Motor Ternyata Bisa Berubah Jadi 'Celeng' Karena Triple Tree


Saat sesi pemotretan Kawasaki W175 Japstyle ini, Rizky Kurniawan, si pemilik sempat menuturkan kepada OTOPLUS-ONLINE masalah pada motornya, setelah ganti fork depan upside down (USD) variasi lengkap beserta triple tree atau T atas-bawah, radius putar setang kemudi jadi berkurang.

  • Rizky Kurniawan keluhkan motornya jadi seperti celeng karena susah belok gara-gara T atas mentok tangki.

“Sebab T atas nabrak ke tangki waktu setang ditekuk kanan-kiri. Jadi seperti celeng, susah belok," kata Rizki sambil menegaskan permasalahan bukan karena setang model camar yang dipasang, "Jadi misal ganti setang model agak tinggi pun tetap nabrak tangki, karena yang nabrak itu sudah jelas T atas."

  • Radius putar setang kemudi jadi berkurang karena T-atas nabrak tangki

  • T atas model lurus jadi penyebab

Diakuinya, kesalahan ini terjadi karena dia tidak memeriksa dulu model segitiga yang didapatnya satu set dengan fork tersebut. "Sebaiknya kalau mau ganti, periksa dulu, apakah aman pakai T-atas model lurus seperti ini. Kalau ragu sebaiknya pilih model 'V'," wanti Rizky.

  • Teliti dulu sebaiknya pakai T atas model "V" atau lurus

Bagaimana dengan solusinya? Yunus, rekan Rizky yang membantu proses modifikasi W 175 pun mengatakan, bisa dengan mengganti T-atas model lurus itu dengan model V. Tapi biaya lebih mahal. “Alternatif lain yang lebih murah untuk motor ini, tangki bisa dimundurkan dan dibuatkan dudukan tangki yang baru, serta pembatas radius putar T diubah,” tunjuk Yunus.


Baca juga: Gara-Gara Eye Catching, W175 Japstyle Ini Sering Dijadikan Properti Foto


Teks & Foto: Indramawan